MARI BERIKAN HARAPAN YANG BAGUS KEPADA MAHASISWA

Kita disadarkan oleh kenyataan bahwa  untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus ternyata ada banyak factor, disamping factor masing masing orang, ternyata ada factor yang diberikan oleh perguruan tinggi.  Ambil contoh saat ini para pengusaha dan instansi p[emerintah dan BUMN sudha menerapkan kualitas pelamarnya dengan melihat  nilai akteditasi program studi dan institusinya.  Bahkan sebagiannya sudha menrapkan  akreditasi institusi harus A dan mereka tidak akan menerima dari perguruan tinggi yanag bukan A.

Dahulu persoalan akreditasi memang kurang duiperhatikan, karena dianggap tidak ada efeknya, namun saat ini baru teras dan mungkin bberapa tahun ke depan akan semakin terasa, kartena itu sudah satnyalah para pimpinan universitas memikirkan hal tersebut bersama sama dengan selurh dosen dan karyawan  dan berusah sekuat tenaga untuk meraih nilai A.  Jika raihan A tersbeut didapatkan maka itu hakekatnya bukan untuk para pimpinan, bukan untuk para dosen ataupun karyawan, melainkan semuanya untuk para mahasiwa dan para alumninya.

Atas dasar pemikiran tersebut  kiranya tidak tepat jika ada sebagian  komponen kampus yang tidak mendukung akreditasi tersebut, apalagi malah menjegal dengan memberikan  tanggapa dan mungkin pendapat yang miring terhadap kampusnya.  Justru seharusnya  mendukung dengan memberikan  penilain yang bagus terhadap usaha yang dilakukan untuk tujuan mulia tersebut, dan jika ada kekurangannya, dicoba lakukan pembenahan dan bukan malah selalu berpikiran negative terhadap yang dilakukan oleh kampus.

Terkadang kita tidak dapat mengerti bahwa ada orang yang mencari rizki  di sebuah tempat, namun selalu saja berusaha untukmenggagalkan  yang dilakukan tempatnya beekrja tersebut, bukan malah melakukan usaha  yang sama untuk memajukan dan mengembangkannya.  Mungkin sama halnya dengan kalau  ada pihak yang tidak suka  kepada seseorang, meskipun dia itu seorang presiden mislanya, pasti semua pernyatannya akan dinilai miring, semua kebijakannya akan disalahkan dan semua kebaikannya akan dinilai sebagai pencitraan.

Jika kita menyadari hidup di lingkungan kampus yang  membina mahasswa, tentu kita juga harus menyadarti bahwa mereka membutuhkan kondisi yang nyaman, aman, dan sekaligus mudah mengembangkan kebaikan di dalamnya.  Mahasiswa sangat haus informasi  mengenai kebenaran, bimbingan dan keteladanan dari semua penghuni kampus, termasuk dalam hal berpakaian, dalam hal berbicara dan sikap. Dengan menyadari hal tersebut sudah barang pasti kita akan melakukan sesuatu yang terbaik, bukan saja untuk diri kita, melainkan juga untuk para mahasiswa kita.

Kalau kita saat ini menyadari bahwa  nilai akreditas institusi sangat menentukan  mudah dan tidaknya para alumni nantinya  mendapatkan pekerjaan, maka sejak saat ini kita harus mempersiapkannya untuk mereka, setidaknya kita harus berusaha untuk meraih nilai tersbeut.  Tentu tim yang  dipercaya untuk memeprsiapkannya sudah sedemikian kerja keras untuk melakukan yang terbaik, lalu apa tugas selain tim tersbeut? Tentu masih banyak yang dapat dilakukan, seperti memelihara kebersihan, ketertiban  termasuk dalam parkir kendaraan dan menjawab pertanyaan  para asesor nantinya dengan jawaban yang positif.

Demikian juga ketika kita sata ini menyadari bahwa  kebutuhan mahasiswa, yakni pada sat mereka menjadi alumni nanti adalah ketrampilan tertentu dan atau  ketrampilan dalam berwirausaha, maka sejak saat ini kita harus mengantarkan mereka untuk memeproleh pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan mereka, sehingga pada saatnya merka tidak akan mendaptakn kesulitan yang menjerat mereka.

Setidaknya saat ini kita mengetahui bahwa rata rata  kelemahan para alumni ialah tentang mentalitas mereka yang hanya ingin menjadi sosok priyayi dan tidak mau berusaha dengan tangannya sendiri, karena itu  persoalan inilah yang harus kita sadarkan kepada mereka  dan berikan informais yang benar kepada mereka sehingga mereka nantinya akan dapat melakukan sesuatu yang memberikan manfaat bagi dirinya dan juga kepada pihak lain.  Pendeknya apapun yang sekiranya dibutuhkan oleh mereka, berikanlah dengan cara yang baik.

Secara umum kita juga menyadari bahwa masa depan para alumni kita nantinya tetap akan mampu menjalankan perannya masing masing, karena itu bekal utama yang harus kita berikan kepada mereka ialah ilmu pengetahuan sesuai dengan  sudah kita desain melalui berbagai mata kulaih yang diikuti mereka. Nah, untuk memebrikan yang terbaik bagi mereka tidak ada jalan lain terkecuali kita juga harus mampu memberikan  pengajaran dan pendidikan yang terbaik bagi mereka.  Artinya persiapan untuk menghadapi mereka dan menyampaikan materi kuliah harus dipersiapkan dengan baik pula.

Jangan sampai kita masuk dalam kelas tanpa persiapan sama sekali yang nantinya hanya bercerita tentang hal hal yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan mata kuliah dan atau mungkin hanya  membicarakan persoaan politimk yang sedang hangat, padahal mata kuliahnya bukan politik.  Di samping itu pembekalan menganai akhlak  kepada mahasiswa juga tidak boleh dianggap enteng, karena  pada akhirnya yang sangat menentukan mereka adalah akhlaknya, termasuk akhlak untuk selalu jujur dan tidak membuat berita hoaks dan lainnya.

Sudah barang tentu  tidak semua yang kita punya di kampus akan memenuhi keinginan mereka, namun jika kita mampu menyampaikan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka, meskipun srana prasarana sedikit kurang, tetaplah kita akan dikenang sebagai para dosen yang baik untuk mereka.  Kita sudah maksimal untuk mengusahakan sarpras yang tyerbaik, namun keterbatsan anggaran yang ada kita harus melakukan hal hal yang sebenarnya sedrhana  namun dapat bermanfaat maksimal untuk para mahasiswa.

Beruntung bagi kita, saat ini kita sudha berporse untuk memenuhi sarana tersebut dengan dibangunnya kampus  dengan bantuan Islamic Development Bank yang dip[erkirakan akan selesai pada tahun 2019 nanti.  Namun sebelum pembangunan kampus etrsebut terwujud, tentunya kita dapat memanfaatkan kampsu yang ada untuk dijadikan sebagai surge  yang menyenangkan untuk dihuni.  Mari kita tetap rawat kampus kita dan  uri uri sehingga akan tetap nyaman untuk ditinggali.

Bahkan kalaupun nantinya kampus dengan bangunan baru sudah terwujud, kita juga tetap berharao bahwa kampus yang saat ini sudah ada akan tetap dipelihara dnegan baik dan bahkan diperbaiki sehingga akan semakin menambah keindahan kampus kita.  Kiota juga berharap kepada sleuuh mahasiwa   nantinya akan tetap dapat belajar dengan nayman di kampus tercinta, karena seluruh dosen dan karyawan juga mendukung belajar mereka dalam memberikan pelayanan dan bimbingan.

Intinya mari kita berikan yang terbaik yang dapat kita lakukan untuk para mahasisqwa kita utamanya  untuk bekal mereka setelah mereka menyelesaikan studi di kampus kita.  Karena itu  untuk mendukung hal tersebut kita harus berusaha  dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan nilai akrefitasi prodi dan institusi  dnegan nilai unggul, yakni A.  Jika belum mendapatkan nilai maksimal etrsebut hartus terus diupauyakan dengan swerius  hingga  nilai maksimal etrsebut kita dapatkan.

Demikian juga kita harus memberikan pelayanan yang prima terhadap mereka  dalam hal apapun, sehingga mereka akan berkean dengan layanan kita dan sekaligus bimbingan yang kita berikan. Insya Allah jika kita tulus dalam memebrian pelayanan tersebut, maka akan membekas dalam hati dan itu akan selalu dikenangnya  bahkan setelah mereka terjun di masyarakat sekalipun.  Semoga kita mampu memberikan yang terbaik tersebut. Amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.