KOPI

Banyak diantara umat manusia yang tidak menyukai minuman kopi, tetapi banyak pula yang menyukainya.  Ada yang mempertimbangkan dari sisi kesehatan, dan  kemudian mengatakan kopi itu tidak bagus untuk kesehatan.  Jadi kalau ingin tetap sehat maka jauhilah minuman kopi.  Namun  di sisi lain banyak juga diantara orang, termasuk para  dokter yang mengatakan bahwa kopi itu tidak berbahaya buat kesehatan, bahkan ada pula yang menyatakan justru kopi itu  sangat sehat jika diminum tanpa gula.

Lantas bagaimana sesungguhnya kopi itu? Apakah memang berbahaya buat kesehatan orang ataukah justru menyehatkan.  Kalau dilihat dari pendekatan keuayinan, semua minuman dan makanan itu akan bereaksi sesuai dengan yang diniatkan orang.  Artinya kopi  itu merupakan minuman yang bisa menjadi obat, yakni menyehatkan dan bisa juga akan menjadi penyakit.  Tergantung siapa dan apa motyivasi meminumnya.  Jika dengan meminum kopi tanpa gula misalnya lalu orang menjadi sangat sehat dan menjauhkan beberapa penyakit yang biasanya hinggap pada dirinya, maka itu kopi cocok untuk terus dipertahakan.

Namun sebaliknya jika dengan meminum kopi tersebut orang mengalami masalah dengan kesehatannya, maka kopi tersebut tidak cocok untuk dikonsumsinya.  Mungkin kopinya sama, tetapi badan orang itu berbeda, sehingga tingkat penerimaannya terhadap kopi juga pasti berbeda.  Hanya saja secara umum sesungguhnya dapat dinilai dan berdasarkan penelitian terhadap orang yang berbeda. Mungkin hasilnya akan berbeda pula, yakni mungkin kopi akan menjadi minuman yang menyehatkan atau sebaliknya akan menjadi minuman yang buruk bagi kesehatan.

Bagi mereka yang sangat percaya kepada Tuhan dan  kemudian minumkopi dengan keyakinan bahwa kopi itu akan dapat membantunya tidak mengantuk sehingga akan dapat menjalankan ibadah malam dengan baik dan nyaman, maka kemungkinan hal etrsebut memang akan menjadi baik baginya, tetapi kalau misalnya ada orang yang mencoba meminumnya dengan ragu ragu, apakah  akan mengganggu kesehatannya ataukah tidak, sangat boleh jadi Tuhan akan mengujinya dengan rasa sakit setelah meminum kopi.

Bagi orang yang sudah mengkonsumsi kopi dengan baik  dengan durasi waktu cukup lama sehingga  seolah kopi itu merupakan bagian dari hidupnya, maka  meminum kopi akan menjadi  sebuah hal yang dianjurkan, karena akan memberikan efek baik kepada orang tersebut, semisal akan semakin bertambah gairahnya, tidak mengantuk saat bekerja dan menjalanka tugasnya, akan menyegarkan seluruh tubuhnya dan mencegah berbagai penyakit yang  bakal timbul. Jadi tidak ada  pihak manapun yang dapat melarang meminum kopi, apalagi mengharamkannya.

Pada saat ini kita  dapat menyaksikan betapa banyak produk kopi yang ditawarkan di pasaran, ada yang murni kopi tetapi ada yang dicampur dengan bahan lainnya sehingga menjadi lebih nikmat dan lainnya.  Namun sesungguhnya  rasa yang dianggap nikmat tersebut pastinya tidak bagi seluruh orang, karena  masing masing orang akan mendapatkan kenikmatannya berdasarkan kebiasaan saja.  Artinya kalaup[un menurut sebagian orang kopi tertentu rasanya sangat nikmat, namun bagi lainnya belum pasti menjadi nikmat.

Namun tentu ada ukuran umumnya, sehingga jika kebanyakan orang menganggapnya sebagai terasa nikmat, maka itu sudah cukup untuk disimpulkan bahwa kopi tersebut memang nikmat. Namun jika hnya beberapa orang saja yang mengatakan bahwa kopi tersebut mengganggu kesehatan, maka disamping harus ada peneltyioan laboratorium, juga  belum dapat disimpulkan bahwa kopi itu menyebabkan  penyakit.

Nyatanya banyak orang tua  zaman dahulu yang selalu menjadikan kopi sebagai minuman wajib setiap pagi dan secara umum bahkan  dapat meningkatkan gairah kerja dan  membantu untuk berkonsentrasi.  Bahkan pada zaman dahulu juga banyak orang yang meminum kopi dengan tujuan agar kuat untuk tidak mengantuk sehingga akan mampu menjalankan  ibadah malam, sehingga minuman kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang  dapat digunakan untuk mendukung peribadatan.

Bagaimanapun pengaruh minuman kopi terhadap seseorang itu pasti ada, apakah itu untuk membantu berkonsentrasi ataukah untuk membantu agar tidak mengantuk ataukah justru malah terlalu berengaruh sehingga menjadikan seseorang sulit untuk tidur.  Semua itu tentu kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan.  Sudah barang tentu masing masing orang tentu berbeda kondisinya sehingga dengan begitu kita kita dapat menyimpulkan yang general, melainkan akan  dapat mengatakan bahwa pengaruh minuman kopi bagi orang itu akan berbeda sesuai dengan kondisi masing masing orang tersebut.

Dengan dmeikian sesungguhnya  minuman kopi itu sama seperti minuman lainnya yang pada dasarnya tidak dilarang, sehingga bagi setiap orang akan mempunyai pengaruh dan efak masing masing,  Mungkin bagi orang akan jauh memberikan efek membantu berkonsentrasi jika meminum the misalnya, atau meminum susu atau minuman lainnya.  Karena itu tidak perlu dipertentangkan mengenai efeknya karena secara umum semua orang juga sudah tahu tentang pengaruh secara umum tersebut.

Saat ini kopi sudah diproduksi besar besaran oleh perusahaan tertentu dan terkadang kemudian dikombinasikan dengan bahan lainnya sehingga dianggap memberikan aroma yang luar biasa menggoda dan  sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang, terutama yang aktif dalam bekerja.  Itu smeua sah sah saja karena siapapun boleh untuk meracik dan meramu sedemikian rupa sehingga menjadi minuman yang menarik, asalkan tidak dicampur dengan bahan yang haram sehingga akan menjadikan pengaruh tertentu.

Barangkali kopi merupakan minuman  warisan nenek moyang kita yang sudah relative tua usianya dan terus menerus dipertahankan oleh  masyarakat, sehingga ketrtarikan kepada kopi itu menjadi menjalar sedemikian rupa  hingga memunculkan ide untuk memproduksinya besar besaran untuk mendapatkan keuntungan yang besar pula. Semua orang yang mempunyai kepekaan terhadap bisnis, pastinya akan memanfaatkan semua peluang yang ada untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Sama dengan  produk lainnya, kopi juga menjadi incaran banyak orang sehingga  semua orang akhirnya berlomba untuk memproduksi kopi yang terbaik agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan nyaman dan nikmat.  Bahkan  kalau kemudian  dibandingkan dengan rokok, kopi ini relative lebih netral, karena kalau rokok sudah diteliti dan hasilnya menunjukkan bahwa rokok itu sangat membahayakan karena dapat mengancam penyakit jantung, kangker dan lainnya.

Sementara kopi sampai saat ini belum ada yang menyimp[ulkan akan menyebabkan penyakit tertentu dan tidak ada pula pihak yang mengharamkan, sedangkan kalau rokok sudah ada pihak yang mengharamkannya. Jadi kopi sekaoli lagi sangat menarik karena  rasanya yang menggoda setiap[ orang dan tidak akan memberikan efek negative bagi yang meminumnya.  Setidaknya jika diminum secara wajar.

Memang kalau kopi dicampur dengan bahan lainnya terkadang akan dapat menyebabkan reaksi lain sepeti kalau dicampur dengan jahe maka efeknya akan semakin kuat untuk tidak membuat ngantuk bahkan untuk beberap orang justru akan kesulitan untuk tidur.  Kalau dicampur dengan bahan rempah lainnya seperti kapulaga, maka akan semakin menambah gairah untuk melakukan pekerjaan dismping menimbulkan  aroma yang harum  serta tentu akan memberiokan efek kesehatan juga.

Pendeknya kopi itu merupakan minuman yang biasa biasa saja, namun akan menadi luar biasa jika dicampur dengan bahan lainnya.  Sudan barang tentu siapapun yang meminumnya akan merasakan  efek kesegaran dan kenikmatan yang  sangat luar biasa. Untuk itu jangan sampai kita membuat statmen bahwa kopi itu merupakan minuman berbahaya dan haram, karena itu hanya akan merugikan banyak orang, khususnya pencinta kopi.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.