RENUNGAN JUMAT

Hari Jumat memang dianggap oleh sebagian besar umat muslim sebagai sayyidul ayyam atau pemimpinannya hari atau dengan kata yang mudah dimengerti ialah bahwa jumat merupan hari yang paling afdlal, karena itu banyak ulama  menyukainya dan bahkan pada saat jumat mereka  memperbanyak bacaan shalawat atau bacaamn alquran dan  kesunnahan lainnya.  Mereka yang sudah berkel;uarga pun biasanya juga akan menyenangkan paangannya  pada jumat, dengannharapan jika nanti Allah memberikan keturunan, akan menjadi anak yang baik.

Tentu masih banyak lagi pendapat orang mengenai malam jumat tersebut, walaupunmasih ada juga yang menganggap jumat itu merupakan hari yang keramat dan angker, sehingga mereka justru akan menghindari hari jumat tersbut, karena kahwatir akan mendapatkan celaka di dalamnya. Mereka semua tentu mempunyai alas an masing masing dan  kalau dianalisa alaan mereka juga masuk diakal, terkecuali yang memang hanya didasarkan kepada mitos yang tidak jelas.

Lain lagi  bagi kehidupan kita  khususnya  yang berada di dalam birokrasi kementerian dan juga lembaga lembaga pemerintah pada umumnya yang menjadikan hari jumat sebagai hari krida dan sebagiannya  melakukan olah raga.  Jumat yang dimaksudkan tersebut kemudian dijadikan sebagai wujud untuk membersihakn lingkungan masing masing.  Bahkan kemudian dinamakan juga dengan jumat bersih, agar lingkungan kita masing masing menjadi nyaman dan asri.

Pada hari jumat tersebut kaum muslim memang akan menjalankan ibadah shalat jumat, sehingga segala sesuatunya memang harus dip[ersiapkan agar pada saat pelaksanaanya menjadi sangat mudah dan nyaman.  Masjid juga dibersihkan dan diberikan wewangian agar siapapun yang nanti mendatangi masjid akan merasakan keharuman dan menyenangkan. Itulah mengapa sebagian besar umat muslim kemudian menyebut hari jumat sebagai hari yang paling bagus.

Namun sesungguhnya  Allah swt menciptakan hari, semuanya bagus dan hanya penyikapan manusialah yang kemudian menjadikan  sebagai hari menjadi lebih bagus dari yang lainnya.  Karena itu jika kita mempunyai hajat dan akan melaksanakannya pada hari tertentu asalkan dengan nita tulus dan penuh kepercayaan kepada Allah swt, insya Allah tidak aka nada halangan.  Demikian juga dengan bulan dan tanggal yang seluruhnya adalah netral dan kemudian manusialah yang menyiapinya secara berbeda.

Jika kita emmang mengikuti madzhab bahwa hari jumat merupakan harui terbaik, maka akan sangat mulia jika pada hari tersebut kita tujukan seluruh jiwa dan raga kita untuk  berbuat yang terbaik dan menuju dan mendekat kepada Allah swt.  Di awal masuknya jumat, yakni malam jumat kita lakukan yang terbaik, semisal mengisinya dengan  membaca yasin dan shalawat bersama dengan masyarakat, lalu dilanjutkan dengan memberikan sedekah kepada mereka yang kurang beruntung, lalu juga ditambah dengan memperbanyak bacaan kitab suci dan lainnya.

Tengah malam juga  lakukan tahajjud bersama keluarga dan dilanjutkan dengan membaca puji pujian kepada Allah serta memperbanyak bacaan tahmid, tasbih, takbir dan juga  bacaan baik lainnya hingga menjelang subuh.  Bahkan  setelah menjalankan shalat subuh pun masih dilanjutkan dengan bacaan alquran, tentu itu semua akan menjadi semakin menambah keindahan  jumat yang  diagungkan terebut.

Dengan begitu keyakinan bahwa jumat merupakan hari terafdlal tersebut lalu ada atsarnya dan bukan hanya sekedar klaim yang sama sekali tidak ada artinya. Kayakinan  keafdlalan hari jumat tersebut tentunya akan memberikan dampak positif baginya serta akan memacu dirinya untuk berbuat yang terbaik untuk memanfaatkan hari terbaik tersebut.  Namunjiika kalim terbaik tersebut hanya berada di lisan semata, maka itu tidak akan berarti apap apa klarena tidak ada ghirah  untuk menjalankan kebajikan di dalamnya.

Jika kita memang meyakini bahwa jumat tersebut adalah hari yang sangat bagus, maka sebaiknya kita juga tertarik untuk memanfaatkannya  bagi kepentingan diri kita dan juga masyarakat kita, terutama dalam kehidupan   duniawi.  Untuk itu mari kita niatklan  untuk menjalani hari jumat ini dengan penuh harapan agar apapun yang kita kerjakan pada hari ini akan mendapatkan perkenan dari Tuhan dan menghasilkan  manfaat yang maksimal.

Mari siapkan  keperluan jumat agar pada saatnya nanti kita  akan mampu berbuat yang terbaik, termasuk mengisi kotak masjid  dan keperluan lainnya. Tentu termasuk kelengkapan jumat, seperti pakaian yang bwersih dan bahkan mungkin wewangian dan lainnya. Barangkali juga berkarya dalam setiap jumat, karena  kalau kita sudah sangat yakin dengan keutamaan jumat, maka  akibat dari keyakinan tersebut ialah dengan menggunakannya  untuk keperluan yang baik dan bahkan yang terbaik.

Kalau orang dahulu ketika menamanakan jumat sebagai hari yang terbaik, lalu merweka secara konsekwen akan mengikutinya dengan memperlakukannya dengan bagitu baik, yakni dengan menjalankan ibadah secara khusus dan juga memperbaiki  diri mereka dengan melakukan berbagai amalan yang mampu mengangkat derjat merweka di sisi Allah swt. Apapun yang ada dalam pkkirannya  kalau itu bagus maka akan langsung dijalankannya, dan sebaliknya apapun yang dirasakan buruk, maka akan langsung dijauhinya.

Bahkan konon ceritanya ada sebagian orang yang sangat yakin dengan keutamaan jumat tersebut yang kebetulan  bukanlah orang yang kaya, melainkan hanya biasa biasa saja, namun kegandrungannya terhadap jumat tersebut lalu dia melakukan sesuatu yang laur biasa, yakni menggratiskan dagangannya sebagai penjual makanan di warunganya yang sederhana kepada semua orang yang mengunjunginya.  Sungguh luar biasa keikuatan jumat tersebut untuk menggugah hati orang untuk berbuat yang terbaik.

Masih banyak cerita tentang jumat yang dimanfaatkan oleh mereka yang mempercayainya sebagai  hari terbaik dengan melakukan sesuatu yang luar biasa.  Kita pernah menyaksikan betapa ada orang yang setiap jumat pasti  akan menyediaakan minuman segar di depan rumahnya yang diperuntukkan bagi siapapun yang menghendakinya.  Bahkan terkadang disertai dengan makanan kecil yang lezat.

Sebagiannya juga juga mengetahui dengan selalu menydiakan  kopi dan susu hangat setiap habis subuh jumat yang diperuntukkan bagi smeua orang terutama yang habis menjalankan shalat subuh berjamaah di masjid.  Untuk itu minuman tersebut biasanya disediakan di halaman masjid lengkap dengan cangkir dan penyeduhnya, lalu air panas beserta kopi, teh, gula dan juga susu.  Semua diperuntukkna bagi semua yang telah menjalankan ibadah shalat subuh.

Alangkah indahnya hidip ini jika banyak orang yang muncul kesadarannya seperti itu dan dilakukan bukan hanya di hari jumat.  Atau kalaupun  khusus pada hari jumat yang dianggap sebagai hari terbaik dan  hal tersebut ada di mana mana, tentu juga akan semakin membuat kita sangat bangga dengan  perbuatan umat muslim yang ternyata  sangat peduli kepada sesamanya.  Kita memang sedang merindukan adanya  saling mengasihi diantara umat dan sekaligus juga saling membantu dan menolong, khususnya bagi mereka yang berkecukupan kepada mereka yang kebetulan kurang beruntung secara ekonomi.

Mudah mudahan dengan renungan jumat  baik tersebut akan muncul banyak orang yang tertarik untuk berbuat kebajikan kepada sesama, tentu bukan hanya sekedar menyediakan minuman gratis, melainkan juga  menyediakan kebutuhan  masyarakat miskin dan kebutuhan umat secara umum.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.