MENINGKATKAN KUALITAS MAHASISWA

Sesungguhnya semua pihak mengetahui bahwa tidak ada satu pengelola pendidikan, termasuk pendidikan tinggi yang tidak sepakat untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan juga lulusannya, hanya saja  kemudian ada yang berusaha secara sunguh sungguh untuk mewujudkan kualias tersebut, namun tidak dipungkri, ada sebagiannya yang mengusahakan secara santai dan apa adanya, dan bahkan ada yang sama sekali tidak melakukan usaha apapun.  Yang lebih celakan lagi ialah tidak melakuan sesuatu yang megarah kepada terwujudnya kualitas tersebut melainkan hanya  memfokuskan diri kepada persoalan bisnis semata.

Semuanya itu entunya dapa dilihat dari semenjak perekrutan calon mahasiswa, hinga proses pembelajaran serta ujian akhir.  Artinya ada sebagian pengella yang sama sekali tidak mempertimbangkan input calon mahasiswa, apakah calon tersebut layak menjadi mahasiswa ataukah tidak, proses pembelajaran yang dialkukan juga sama sekali tidak standar, serta fasilitas pendukung pembelajaran juga tidak diupayakan.  Memang ada semacam dilema dalam persoalan ini.  Maksudnya  ada perguruan tinggi yang  tidak diminati oleh mahasiswa yang idealis, karena kualias yang ada sama sekali tidak menjanjikan, sehngga yang memasukinya hanyalah para calon yang tersisa dari perguruan tinggi lainnya.

Nah, dengan jumlah mahasiswa yang sedanya tersebut, sangat tidak memungkinkan bagi perguruan tinggiersebut untukmemenuhi segala kebutuhan proses pembelajaran di sebuah perguruan tinggi.  Jangankan untuk memikirkan  pelengkapan fasilitas pendukung pembelajaran, hanya untuk sekedar menghidupi  kelangsungan perguruan tinggi tersebut saja sudah hampir tidak mencukupi.  Dalam posisi yang sepeerti itu seharusnya perguruan tinggi tersebut , khususnya para pengelolanya  menyadari dan kemudian berusaha untuk mencari pihak yang mau mengelolanya agar kelaqngsungan pendidikan tinggi tersebut tetap berjalan.

Sayangnya  tidak ada yang melakukannya, karena berbagai pertimbangan, seperti pertimbangan ekonomi dan bisnis atau untung rugi dan juga pertimbangan gengsi.  Kita sesungguhnya sangat menyayangkan hal yang demikian, karena  dengan sikap mereka itu, dunia pendidikan kita akan semakin terpuruk dan sama sekali tidak akan dapat bersaing dengan negara lain.  Kalau para pengelola pendidikan, termasuk pendidikan tinggi mempunyai kepekaan terhadap pendidikan itu sendiri, kiranya tidak akan sampai membiarkan pendidikan yang dikelolanya  statis dan terus mengalami kemunduruan dan kemerosotan, teruama dari aspek kualitas.

Kita masih yakin kalau seuah lembaga pendidikan dikelola dengan baik, dan dipenuhi standar yang ditetapkan ole peraturan yang ada, tenu tidak akan ditinggalkan oleh masyarakat dan peminat.  Maqsyarakat tentu akan melihat perguruaan tingi yang akan dimasukinya, apakah  dapat m,enjanjikan masa depannya ataukah sama sekali tidak.  Artinya meskipun sebuah perguruan tinggi swasta dan berada di sebuah tempat yang cukup terpencil, nan kalau berkualitas bagus dan kemudian dikenal oleh masyarakat, tentu akan tetap diburu dan dicari, tidak saja oleh mereka yang berada di sekitar kampus, melainkan juga yang berada di tempat yang  jauh.

Khusus bagi perguruan tinggi negeri, saat ini sudah dimuali pendaftaran calon mahasiswa baru, dan sebagaimana perguruan tinggi pada umumnya, PTN tentunya ditunut lebih terutama dalam hal kualitas dibandingkan dengan PTS, karena bagaimanapun PTN diberikan fasilitas yang lebiholeh pemerintah dibandingkan dengan PTS.  Untuk sangat wajar manakala PTN dituntut untuk lebih berkualitas dan lebih produktif.

Namun demikian  kita juga tetap ingat bahwa meskipun PTN, tetapi kalau tidak dikelola dengan baik, masyarakat juga tetap akn menjauhinya dan tidak memberikan kepercayaan.  Sudah banyak contoh di negeri kita ini, ada PTN, baik yang dilingkngan kemendikbud maupun di kemenag, yang pertumbuhannya sangat lamban dan bahkan terkesan tidak dilakukan upaya pengembangan.  Bahkan peminat untuk memasukinyapun juga rendah.  Ini tenu harus menjadi worning bagi kita, para pengelola perguruan tinggi agar seris dalam melakukan upaya upaya peningkatan kualitas tersebut.

Penegakan disiplin, baik  para dosen, karyawan maupun mahasiswanya menjadi hal yang mulak untuk dilakukan, karena kita yakin bahwa disiplin merupakan kunci kemajuan dan kesuksesan.  Artinya kita tidak boleh bermain main dengan persoalan kedisiplinan, baik dalam hal waktu maupun dalam hal melaksanakan berbagai ketentuan, di dalam maupun di luar kampus.  Kiranya kita juga harus mempelajari sejarah orang orang sukses dan juga lembaga pendidikan yang sukses.  Semuanya tentu menjalankan kedispinan dengan ketat.  Tidak ada pihak manapun yang dapat meraih kesuksesan tanpa dibarengi dengan kedisiplinan.

Kemudian  penekanan kepada proses pembelajaran juga  sangat perlu dilakukan dengan berbagai cara, mulai usaha peningkatan tenaga dosen  maupun pemenuhan fasiltas pendukung,  seperti perpustakaan, laboratorium, dan lainnya.  Profesionalitas para dosen dan tenaga kependidikan juga  sanat diperlukan, agar perjalanan proses pembejaran dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas.  Pembinaan rutin kepada mereka tenu utlak diperlkan, termasuk terus menerus megingatkan tugas dan fungsi mereka masing masing.  Dengan melakukan upaya upaya seperti itulah kiranya ada cukup harapan untuk meningkatnya kualitas.

Tidak kalah pentingnya ialah kepedulian semua pihak terutama para pengelola pendidikan erhadap kemajuan lembaga dengan melakukan berbagai terobosan dan penyesuaian dengan perkemangan yang ada.  Artinya agar pembelajaran di perguruan tinggi tersebut tidak tertinggal dan terasing, sangat dibutuhkan adanya  penyesuaian kuruikulum dengan berbagai perkembangan yang ada, baik di dalam maupun di luar negeri.  Kita sangat paham bahwa perkembangan informasi melalui berbagai kemajuan teknologi begitu cepat, dan kalau kita tidak dapat mengikutina, tentu kita akan ditingalkan.

Penyesuaian tersebut menjadi mutlak ketika berhubungan dengan dunia keilmuan dan kemajuan teknologi, karena bagaimana kita akan dapat memproduksi mahasiswa dan alumni yang berkualitas kalau dalam pembelajarannya saja sudah tidak relevan dengaqn dunia kekinian yang erus maju dan berkembang.  Sementara itu untuk penyesuaian dengan perkembangan perundangan yang ada di dalam negeri, kiranya cukup dilaukan oleh dosen dengan mengubah silabi yang ada, sehinga lebih praktis dan muda dilakukan.  Yang terpenting iala bagaimana seluruh komponen pendidikan, mulai pegelola  sampai para dosennya harus mempnyai keinginan yang besar untuk  memajukan pendidikan tersebut.

Seorang dosen memang harus mencurahkan seluruh konsentrasinya untuk pendidika dengan cara melaukan berbagai penelitian, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah yang diampu dan mendorong kepada seua pihak, terutama para mahasiswa dan yuniornya untuk selalu aktif melakukan berbagai inovasi di berbagai bidang yang berkaitan dengan pendidikan.  Kita tentu tidak akan mentoleransi lagi kalau ada dosen  ataupun tenaga kependidikan yang  sama sekali tidak mempunyai concern  terhadap pendidikan, atau dengan kata lain mereka hidup dan mencari nafkah di dunia pendidikan tetapi pikiannya sama sekali tidak terkait dengan pendidikan.

Hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh para pengelola pendidikan ialah usaha untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, terutama dalam hal pengembangan dan pelaksanaan tugas pokok perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.  Karena menjadi mutlak dilakukan kerjasama dengan sesama perguruan tingi, baik di dalam mapun luar egeri, dengan pemerintah daerah, propinsi dan kebupaten/ kota serta berbagai instansi yang memungkinkan dilakukan  kerjasama dalam mewujudkan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Perkembangan dan kemajuan serta raihan kualitas tidak akan  dapat dicapai dengan sendirian saja , melainkan juga harus dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak, karena betapapun besar dan kuatnya sebuah institusi pendidikan, namun tidak akan mampu melaukan semua hal yang ideal untuk dilaukan.  Karena itu memang mutlak dilakukan pengembangan tersebut melalui kerjasama yang saling menguntungkan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.