TETAP WASPADA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله,  الحمد لله الذى خلق الانسان علمه البيان  أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة للأنام اللهم صل  وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وأصحا به الكرام, وسلم تسليما كثيرا, أما بعد: فيا عبادالله او صيكم وإياي بتقوى الله . اتقوا الله فى السر والعلا نية وبادروا بالأعمال الصالحات ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون . قال الله تعالى : يا أيها الذين امنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تمو تن إلا وانتم مسلمون.

Jamaah Jumat rahimakumullah

Dalam kesempatan akhir Ramadlan yang sangat mulia ini, marilah kita senantiasa mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. atas segala limpahan karunia yang telah diberikan kepada kita dengan cara memperbaiki kinerja dan prilaku, serta pengabdian kita sehari-hari sebagai makhluk dan hamba-Nya.  Shalawat dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW., para keluarga dan sahabatnya, serta seluruh umatnya hingga hari akhir nanti.  Amin.

Jamaah Jumat rahimakumullah

Meskipun dalam suasana Ramadlan yang dipenuhi dengan suasana  kondusif dan kebaikan serta ampunan, namun ijinkanlah saya tetap  mengajak kepada hadirin semua untuk berusaha meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. dalam arti yang sebenarnya, yaitu berusaha maksimal dengan mengerahkan seluruh kemampuan kita untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya, dan sekaligus menjauhkan diri dari larangan-larangan-Nya.  Dengan usaha nyata yang kita lakukan seperti itu, maka insya Allah kita akan senantinasa diberikan bimbingan, taufiq, hidayah dan inayah dari-Nya.  Amin.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Saat saat ini kita sudah berada diambang akhir bulan suci Ramadlan, tentu sudah banyak pengalaman yang kita dapatkan selama berpuasa ini, baik pengalaman yang yang bersifat rohani maupun berupa pengalaman hidup keseharian.  Semua pengalaman tersebut sesungguhnya sangat baik untuk kita renungkan dan  kita jadikan sebagai hikmah tersendiri.

          Sangat mungkin pengalaman yang kita dapatkan tersebut berupa sesuatu yang menyenangkan, tetapi boleh jadi justru sebaliknya, yakni pengelaman yang menyedihkan.  Tetapi sebagai sebuah pengalaman, tentu akan dapat kita jadikan bahan untuk evaluasi diri, sehingga kedepan kita akan dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat.

          Pengalaman pahit, seperti sakit, kehilangan benda atau bahkan kehilangan  keluarga merupakan sesuatu yang dapat kita jadikan pelajaran berharga, terutama dalam menatap masa depan kita yang masih cukup panjang.  Karena sesungguhnya kita sangat menyadari bahwa Allah SWT senantiasa akan menguji kepada kita orang-orang beriman

Dalam salah sebuah ayat di dalam al-Quran, Allah SWT. akan menguji dan menyeleksi kepada manusia untuk dapat menjadi yang benar-benar beriman dan tangguh dalam menghadapi segala masalah.  Dalam hal ini Allah SWT. berfirman:

أحسب النا س أن يتركوا أن  يقو لواا منا وهم لا يفتنون ولقد فتناالذين  من قبلهم فليعلمن الله  الذ ين صدقوا   وليعلمن الكا Ø° بين  (  العنكبوت : 2 – 3 )

          Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan kami telah beriman Sedang mereka tidak diuji.   Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang  yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sungguh Dia juga mengetahui orang-orang yang  dusta.

          Pada ayat lain Allah memberikan isyarat dimensi-dimensi tantangan dan cobaan yang akan dihadapi oleh manusia, yakni :

Ùˆ لنبلونكم  بشيء من الخو ف والجو ع  ونقص من الأ مو ال Ùˆ الأ نفس والثمرا ت وبشر الصا  بر ين الذين  اذا Ø£ صا بتهم مصيبة   قا لوا  انا لله وانا اليه را جعون  (  البقرة  :  155-156 )

          Dan sungguh Kami akan memberikan cobaan kepada kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan,  dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar;  yaitu orang-orang yang apabila tertimpa musibah ( cobaan ) mereka mengucapkan  Inna Lillahi wa inna ilaihi Raji’un

       Dengan menyimak ayat-ayat tersebut, sesungguhnya kita daspat menyimpulkan bahwa dalam menjalani kehidupan ini kita harus siap diuji oleh Tuhan, meskipun kita sudah berusaha untuk menjadi orang yang patuh dengan syariat Islam.  Ujian tersebut justru tetap akan diberikan kepada kita untuk mengetahui sejauh mana ketulusan  dalam mengabdikan dirinya kepada Tuhan.  Karena pada kenyataanya masih banyak orang yang tampak dari luar sangat baik dan beriman, namun  setelah diuji, ternyata keimanannya tersebut hanya sebuah kebohongan belaka.  Itulah sebabnya Tuhan mengatakan bahwa ujian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui mana orang yang benar-benar iman dan mana yang hanya bohong belaka.

          Ujian yang diberikan oleh Tuhan memang tidak selalu sama  diantara seluruh umat manusia, melainkan  disesuaikan dengan tingkat keimanan yang kondisi orang yang diuji.  Bisa jadi ada orang yang diuji dengan ujian yang tampak sangat berat, tetapi terkadang ada yang duji dengan ujian yang sangat ringan.  Semua tergantung pada orang yang diuji, dan Tuhan  maha Mengetahui terhadap kemampuan dan kesanggupan hamba-Nya.

Berdasarkan petunjuk Allah SWT. sebagaimana dalam ayat-ayat tersebut,  terutama  dengan dirincinya beberapa bentuk cobaan, kita umat Islam  dapat  mengambil  manfaat darinya  untuk dibuat pegangan  dan pedoman yang kokoh  dalam rangka menghadapi segala ujian dan cobaan yang menghadang dihadapan kita serta upaya penyelesaiannya.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Cobaan memang selalu akan diberikan oleh Tuhan kepada umat-Nya yang disayangi, lebih-lebih pada bulan suci Ramadlan seperti saat ini.  Namun demikian kita juga masih tetap harus berusaha agar Allah SWT dalam memberikan cobaan kepada kita tidak sampai akan menggoyahkan  diri kita, terutama dalam upaya terus menjalankan berbagai aktifitas ibadah menuju ketaqwaan yang sejati.

          Pada saat menjelang berakhirnya Ramadlan seperti ini, cobaan akan selalu muncul, mulai dari rasa malas, capek, sakit, sampai kesibukan mempersiapkan lebaran yang terkadang menyita banyak waktu dan perhatian  yang mulai menghinggapi kita.  Namun dengan semangat yang tinggi untuk mendapatkan predikat taqwa serta ditunjang dengan motivasi peningkatan pahala oleh Tuhan, tentunya kita akan tetap  dalam kondisi prima untuk terus menjalankan berbagai amalan baik sesuai dengan tuntunan dan anjuran Islam.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Kebutuhan umat manusia menjelang lebaran idul fitri seperti saat ini menjadi meningkat,  sementara penghasilan yang didapatkan selalu pas-pasan, bahkan sering kali malahan berkurang.  Nah, dalam kondisi seperti itu terkadang sebagian diantara umat manusia kemudian tidak kuat imannya dan  melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma yang berlaku, seperti mencuri, menipu, mencopet dan bahkan merampok.

          Untuk itulah semua umat Islam disarankan untuk tetap hati-hati, baik pada saat bepergian dengan menumpang kendaan umum, maupun pada saat ramai bersama orang banyak.  Bahkan ketika di rumahpun juga sangat dianjurkan agar tetap waspada dengan mengunci pintu dan jendela.  Memang kita tidak ber su’udhdhann, tetapi hanya sekedar berjaga-jaga  agar tidak  terkena musibah yang akan dapat merugikan kita.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Pada akhirnya kita harus menyadari bahwa kewaspadaan yang kita tunjukkan tersebut adalah merupakan ikhtiyar yang memang dianjurkan oleh Islam itu sendiri.  Karena dengan ikhtiyar seperti itu dan kemudian disusul dengan tawakkal dan penyerahan diri secara total kepada Allah, insya Allah kita akan termasuk orang-orang yang berada dalam jalur yang benar dan mendapatkan ridlo dari Allah SWT.

          Semoga Allah SWT senamntiasa menjaga diri kita, keluarga kita beserta harta yang dititipan kepada kita dan     masyarakat secara umum, sehingga dalam merayakan idul fitri nanti kita akan  benar-benar dalam kondisi senang, baik lahir maupun batin, karena telah dapat menjalankan ibadah dengan sepurna dan tentu  mendapatkan ampunan dari Allah SWT.  Dan selanjutnya kita berharap semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufiq, hidayah dan inayah-Nya kepada kita dalam mengarungi kehidupan setelah Ramadlan.  Amin.

بارك الله لي ولكم فى القر اّن العطيم  ونفعنى واياكم بما قيه من الاّيا ت Ùˆ الذكر الحكيم  وتقبل منى  ومنكم تلا وته انه هو السميع العليم Ùˆ قل رب اغفر وارحم وانت خير الر احمين

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.