KESUCIAN ANAK MANUSIA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله,  الحمد لله الذى خلق الانسان علمه البيان  أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة للأنام اللهم صل  وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وأصحا به الكرام, وسلم تسليما كثيرا, أما بعد: فيا عبادالله او صيكم وإياي بتقوى الله . اتقوا الله فى السر والعلا نية وبادروا بالأعمال الصالحات ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون . قال الله تعالى : يا أيها الذين امنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تمو تن إلا وانتم مسلمون.

Jamaah Jumat rahimakumullah

Marilah dalam kesempatan yang mulia dan tempat yang mulia ini, kita senantiyasa  memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang selama ini diberikan kepada kita, sehingga  sampai detik ini kita  masih diberi kesempatan untuk menikmati indahnya dunia dan mengabdikan diri secara tulus kepada Nya.  Shalawat serta salam mudah-mudahan diberikan kepada baginda Rasulillah SAW. yang telah menyampaikan risalah kepada kita  dengan konsisten dan bertanggung jawab, sehingga kita dapat meyikini dan melaksanakan syari`at yang dibawanya tersebut secara mantap.  Amin.

Untuk itu mari saya ajak para hadirin untuk memperbarui komitmen kita dalam upaya  mewujudkan dan sekaligus meningkatkan taqwa kepada Allah SWT dalam dataran realitas; yakni berupaya dengan segenap kemampuan yang ada untuk melaksanakan perintah-perintah Allah secara sadar dan ikhlas, serta menjauhkan diri dari setiap larangan-larangan Nya.  Karena hanya dengan pelaksanaan taqwa seperti itulah kita bisa berharap agar kiranya dalam mengarungi kehidupan yang penuh problem ini,  senantiasa mendapatkan bimbingan dari Allah SWT  untuk mencapai  kebahagiaan hakiki, lahir dan batin serta mendapatkan ridlo Nya.  Amin

Jamaah Jumat rahimakumullah

Meskipun diantara umat manusia yang hidup di dunia ini ada yang dapat dikatakan berlepotan dengan dosa, karena melakukan serangkaian perbuatan maksiat dan merugikan pihak lain, namun sesunguhnya ketika dilahirkan oleh ibunya, ia dalam keadaan yang suci bersih dan tidak membawa ataupun menanggung dosa.  Hanya perjalanan hiduplah yang mengubah arah dari kesucian kepada maksiat dan dosa.

Kita tentu yakin bahwa lingkungan akan dapat mengubah seseorang yang baik menjadi bejat, demikian juga sebaliknya, lingkungan juga akan dapat membuat seseorang yang jahat menjadi santun.  Semua itu tergantung kepada pergaulan, lingkungan, dan pengalaman hidup dan informasi yang masuk kedalam pikiran dan hatinya.

Dalam persoalan ini, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW sendiri telah mengingatkan kepada kita semua bahwa kedua orang tua sangat berperan dalam pendidikan anak, apakah ia akan tetap dalam keadaan suci bersih, atau akan menjadi orang Nasrani, Yahudi, Majusi ataupun lainnya, semuanya tergantung kepada  pendidikan dasar  dan awal mula yang diberikan oleh orang tua dan kemudian lingkungan yang mengantarkan pertumbuhannya.

Sabda Nabi tersebut  berbunyi:

ما من مولود إلا يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه رواه البخاري ومسلم وغيرهما

"Tidak ada satupun  anak yang dilahirkan, keculai dalam keadaan fitrah (atau suci tanpa membwa noda dan dosa), hanya saja kedua orang tuanya akan dapat menjadikannya sebagai yahudi atau nasrani ataupun majusi."  Hadis ini diriwayatkan oleh imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya.

Jamaah Jumat rahimakumullah

Menyadari hal itu, kita semua  tentunya dapat mengrahkan keinginan kita untuk menjadikan anak-anak dan keluarga kita agar kelak menjadi manusia yang baik dan bermanfaat bagi umat, dengan memberikan pengalaman dan pendidikan serta lingkungan yang memungkinkan untuk itu.  Artinya, sebagai orang tua, kita bertenggung jawab atas perkembangan anak-anak kita, termasuk pendidikan dan akidahnya.  Jadi ketika kita membiarkan anak-anak kita bergaul dan berada dalam lingkungan yang memungkinkan mereka berubah haluan dan akidahnya, maka tanggng jawab sepenuhnya berada di tangan orang tua.

Tetapi manakala kita telah berusaha memberikan pendidikan yang baik dan benar, menempatkan mereka pada lingkungan yang benar sampai dewasa, dan pada suatu waktu karena mereka kemudian bergaul dengan banyak manusia yang memungkinnya berubah iman, maka hal itu sepenuhnya sudah menjadi tanggung jawab mereka sendiri.

Tentu sebagai orang tua, kita idak mengharapkan hal itu terjadi.  Kita harus selalu memberikan pencerahan, nasehat dan bimbingan kepada mereka secara terus menerus dengan berbagai cara yang tentunya bervariasi dan tidak membosankan.  Dan yang terpenting lagi ialah doa kita kepada Tuhan agar seluruh keluarga kita selalu diberikan taufiq dan hidayah serta selalu ditunjukkan kepada jalan yang benar dan diridloi-Nya.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Kita semua mengetahui bahwa pada zaman akhir seperti saat ini godaan, termasuk godaan iman akan selalu muncul.  Untuk itu kita harus sepenuhnya menyadari bahwa meskipun awalnya kita semua ini suci bersih dan terbebas dari segala noda, tetapi lingkungan dan keadaan, termasuk kondisi ekonomi, akan dapat membuat segalanya bisa berubah.

          Saat ini yang terpenting ialah menjaga iman kita dan juga keluarga kita agar tidak akan terpengaruh oleh kondisi apapun yang mengitari kehidupan kita, meskipun himpitan ekonomi terus melilit kita, atau meskipun ibaratnya langit akan runtuh, hati dan pikiran harus tetap teguh berpegang kepada agama Allah.

          Kita sangat menyadari bahwa usaha mempengaruhi keimanan kita akan selalu diupayakan oleh pihak pihak tertentu melalui berbagai macam cara, dan terkadang kita tidak menyadarinya, karena usaha tersebut dilakukan dengan bungkus kemanusiaan, yang dapat melalui pergaulan, bisa melalui tekanan ekonomi, bisa melalui aksi-aksi social dan lain sebagianya.

          Walaupun kita tidak harus curiga kepada setiap usaha social yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, asalkan kita harus menyadari dan tetap yakin bahwa iman kita tidak akan bisa dipengaruhi oleh apapun.  Tetapi kita harus tetap mengingatkan kepada sesame kita, terutama bagi mereka yang masih lemah dalam hal iman mereka untuk selalu waspada  terhadap kemungkinan adanya misi terselubung dalam aksi social yang dilakukan oleh pihak terentutersebut.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Artinya kita harus tetap berdakwah dan memberikan pencerahan kepada umat agar mereka mempertebal iman mereka, agar mereka semakin mengetahui fungsi dan manfaat ibdah yang selama ini mereka lakukan, sehingga pada satnya mereka tidak akan muda tergoda oleh rayuan apapun.  Dan ini sesungguhnya menjadi tugas mulia kita dalam berdakwah dan berjihad mempertahankan syariat Islam.

          Mempertahankan kesucian diri yang kita bawa semenjak lahir, merupakan perbuatan mulia dan harus senantiasa dilakukan.  Memang kita menyadari bahwa setiap manusia pasti melakukan dosa dan tidak mungkin akan terlepas dari maksiat dan dosa, tetapi yang harus kita ingat ialah jangan sampai iman yang ada keluar dari diri kita, sebab  kalau hal itu sampa terjadi, maka kerugian dan kehancuranlah yang akan kita dapatkan.

          Cara terbaik untuk mempertahankan kesucian diri kita ialah dengan membiasakan melaksanakan perbuatan baik dan bermanfaat bagi diri, keluarga dan lingkungan serta masyarakat.  Ibadah wajib harus terus dipelihara, disamping amalan sunnah dan kebaikan lainnya.  Demikian pula bergaul dengan orang baik juga merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mempertahankan kesucian tersebut.  Tentu menambah ilmupengetahuan juga sangat baik untk mempertahankan kesucian diri tersebut.

          Jadi dengan melaksankan amalanpositif dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, merupakan  cara terbaik untuk memperthankan kesucian diri tersebut.  Untuk itu sekali lagi saya mengajak kepada seluruh umat Islam, mari kita pertahankan kesucian kita dengan melaksanakan ibadah fardlu dan sunnah serta perbuatan baik lainnya.  Kita yakin bahwa Tuhan akan senantiasa menolong kepada para hamba-Nya yang selalu taat menjalankan ibadah dan kebaikan.

Jamaah Jumat rahimakumullah

          Mengakhiri khotbah ini, marilah kita renungkan kembali firman Allah dalam surat al-Ashr dengan cermat, dengan harapan kita akan dapat berloma dalam melaksanakan kebaikan dan saling mengingatkan atau berdakwah dengan kebenaran dan sabar.

بسم الله الرحمن الرحيم والعصر إن الإنسان لفى خسر إلا الذين امنو ا وعملواالصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر

بارك الله لي ولكم فى القران العظيم ونفعنى وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم وتقبل مني ومنكم تلا وته إنه هو السميع العليم وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الرا حمين

         

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.