HIKMAH PUASA RAMADLAN

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله,  الحمد لله الذى كتب علينا الصيام والذى جعل الحكم الكثيرة فى شهر رمضان  أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة للأنام اللهم صل  وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وأصحا به الكرام, وسلم تسليما كثيرا, أما بعد: فيا عبادالله او صيكم وإياي بتقوى الله . اتقوا الله فى السر والعلا نية, عليكم يالصيام وبادروا بالأعمال الصالحات ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون . قال الله تعالى : يا أيها الذين امنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تمو تن إلا وانتم مسلمون.

 

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah swt.

Pertama  tama mari kita panjatkan rasa syukur kepada Allah swt atas karunia yang telah dicurahkan kepada kita sehingga sampai detik ini kita masih diberikan  kekuatan iman, dan kita dapat menjalani ibadah puasa Ramadlan dengan penuh keyakinan dan ketulusan. 

Kedua, shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, yang telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk memikirkan dan mendoakan umatnya, demi keselamatan dan kesejahteraan mereka.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sangat mulia ini, marilah kita selalu berusaha meningkatkan  kualitas taqwa yang telah kita miliki dalam arti senantiasa berusaha  menambah semangat untuk menjalani semua perintah Allah swt dengan ketulusan dan sekaligus juga berusaha menghindari semua larangan-Nya dengan kesadaran yang penuh.  Dengan  begitu kita berharap keberadaan kita di dunia ini akan berarti dan bernilai, baik untuk diri sendiri maupun untuk makhluk Tuhan lainnya. Amin.

 

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah swt.

Saat ini kita sedang berada di bulan suci dan sekaligus kita  sedang menjalani ibadah puasa di dalamnya.  Tentu harapan kita bahwa puasa yang kita jalankan ini akan dapat membawa perubahan dalam hidup kita, terutama dalam hal kebajikan.  Bukankah Tuhan  sendiri telah  berfirman bahwa perintah puasa tersebut memang diharapkan agar mereka yang menjalaninya dapat menjadi taqwa sebagaimana difirmankan-Nya:

يا أيها الذين ا منوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Wahai orang orang yang beriman, telah diwajibkan berpuasa kepada kalian sebagaimana juga diwajibkan kepada umat sebelum kalian, agar kelian semua bertaqwa.

Tujuan taqwa tersebut tentu sangat urgen untuk diketahui dan sekaligus diraih oleh semua umat muslim yang menjalankan puasa.  Namun sayangnya  masih banyak diantara umat yang saat ini menjalni ibadah tersebut kurang perhatian dan bahkan mungkin tidak tahu tujuan puasa tersebut, sehingga mereka tidak berusaha meraihnya dengan sungguh sungguh.

Untuk itu kiranya menjadi kewajiban kita untuk memberikan pencerahan kepada mereka agar dapat focus dan menargetkan peraihan kondisi taqwa tersebut dengan berbagai cara yang memungkinkan.

 

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah swt.

Namun disamping  tujuan utama berpuasa tersebut, yakni meraih ketaqwaan yang  mantap, puasa juga mempunyai makna lainnya yang sangat penting untuk diketahui dan sekaligus  untuk diraih demi meningkatkan kualitas kita secara umum. Makna lain tersebut dalam bahasa lain biasa disebut sebagai hikmah, yang berarti manfaat yang sangat perlu dipetik oleh kita untuk kesuksesan  puasa dan hidup kita.

Para ulama  sudah merumuskan  hikmah  hikmah puasa tersebut dimana masing masing saling melengkapi.  Salah seorang ulama yang  berusaha mengumpulkan hikmah hikmah tersebut ialah al-Ustadz al-Syaikh Muhammad al-Jurjawi dalam kitabnya Hikmatut tasyri’ wa Falsafatuhu.

 

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah swt.

Sesungguhnya hikmah disyariatkannya puasa itu sangat banyak dan mungkin sulit untuk dihitung, karena semua orang  yang mau merenungkannya, baik dari kalangan ulama, kalangan filusuf, kalangan pendidik, kalangan dokter dan lainnya, akan mampu memunculkan hikmah puasa  tersebut. Hanya saja dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa saja yang saya anggap penting untuk memberikan kesadaran yang  penuh agar menjadi lebih baik dan bijak.

1.     Bahwa dengan diwajibkannya puasa Ramadlan, kita harus bersyukur kepada Tuhan, karena puasa itu merupakan salah satu bentuk ibadah.  Dan sebagaimana kita ketahui bahwa ibadah itu merupakan bentuk kesyukuran seorang hamba kepada Tuhannya, karena telah diberikan banyak nikmat dan karunia yang tidak terbilang sebagaimana  firman Tuhan :

وإن تعدوا نعمة الله لا تحصوها

2.    Jika kalian mencoba menghitung nikmat Tuhan, niscaya  kalian tidak akan mampu melakukannya. Jadi bentuk syukur kepada Tuhan yang kongkrit ialah  kesediaan menjalankan ibadah dengan penuh ketaatan dan ketulusan. Demikian juga  puasa tersebut sekaligus dapat memberikan pembelajaran kepada kita bagaimana  seharusnya menunaikan amanah dan tidak mengkhianatinya.  Ketika kita sedang berpuasa sesungguhnya kita sedang menjaga dan menjalankan amanah, karena dapat saja kita melakukan makan dan minum di siang hari pada saat kita berada di kamar sendirian, atau melakukan hal hal yang membatalkan puasa, tetapi itu kita tidak lakukan, karena amanah puasa memang harus kita tunaikan, yakni meninggalkan makan, minum dan semua yang membatalkan puasa. Nah, latihan yang terus menerus selama satu bulan seharusnya dapat mengantarkan orang yang berpuasa untuk menjadi pemelihara amanah.

3.    Manusia itu sesungguhnya  hampir sama dengan hewan, yang butuh makan, minum, tidur dan menyalurkan nafsu biologisnya.  Nah,  dengan puasa, manusia dapat berbeda dengan binatang, karena  ada pengendalian diri dari makan, minum dan lainnya demi kebajikan yang ingin diraih.  Sementara hewan sama sekali hanya dapat menuruti naluri dan nafsunya belaka. Para ulama dan hukamak telah menjelaskan bahwa siapapun yang ingin meningkatkan kualitasnya, terutama dalam beribadah, maka haruslah mengosongkan perutnya, atau  tidak makan banyak banyak, alias mengurangi makan.  Nah, puasa dengan sendirinya akan mampu membentuk jiwa yang  diharapkan seperti itu.

4.    Para ahli kedokteran sepakat bahwa agar tetap sehat, seharusnya manusia makan dan minum tidak terlalu banyak, karena makanan tersebut akan  dapat menjadi sarang penyakit dalam perut.  Selaras dengan pernyataan tersebut, para hukamak juga menyatakan bahwa barang siapa yang banyak makan, maka ia juga akan banyak minum, dan siapapun yang melakukan demikian, maka dia akan banyak tidur dan bagi mereka yang banyak tidur berarti banyak menyia nyiakan hidupnya. Bahkan juga ada sebuah riwayat yang meyatakan bahwa  perut itu sarang penyakit, dan  pengosongan  perut itu merupakan obat. Nah dengan berpuasa  orang  akan menjadi sehat dan sekaligus dapat memberikan warna hidupnya dengan lebih baik serta manfaat.  

5.    Pada dasarnya manusia itu dilengkapi dengan nafsu, termasuk nafsu syahwati, yang  relative sama besarnya dengan nafsu  yang diberikan kepada hewan.  Kalau nafsu tersebut tidak dikendalikan, maka  akan dapat sangat berbahaya dan menabrak aturan yang ada. Nah, puasa itu dapat menjadi  obat atau penawar  atau pencegah meluapnya nafsu tersebut, sehingga dapat terkendali dengan baik.  Orang yang lapar biasanya akan melemah syahwatnya, disamping  kita juga menemukan sebuah riwayat hadis shahih yang berkaitan dengan hal tersebut, yakni sabda Rasul saw.:

 

يا معشر الشباب من استطاع منكم البأة فليتزوج فإنه أغض للبصر وأحصن للفرج ومن لم يستطع فعليه بالصوم فإنه له وجاء

Wahai para pemuda barang siapa diantara kalian yang sudah mampu untuk menafkahi, hendaklah segera menikah, karena dengan begitu kalian akan  dapat meredakan pandangan dan menjadi kemaluan.  Tetapi bagi yang belum mampu, hendaklah berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penawar

6.    Dapat menumbuhkan rasa kasih dan sayang kepada sesama, terutama mereka yang fakir dan miskin. Hal tersebut dikarenakan  ketika seseorang merasakan betapa rasanya lapar pada saat berpuasa, maka dia akan dapat membayangkan betapa menderitanya mereka yang  harus lapar setiap hari dan setiap saat. Perasaan kasih dan sayang tersebut akan muncul manakala puasa tersebut dilakukan dengan penuh keimanan dan ketulusan. Dalam kaitannya dengan ini, diceritakan bahwa nabi Yusuf AS tidak akan makan atau minum hingga perutnya memang sangat membutuhkan makan dan minum, atau beliau  akan makan atau minum saat sudah sangat lapar atau sangat haus.

7.    Meningkatkan daya nalar dan kecerdasan, karena dengan  lapar tersebut, hati dan pikiran seseorang dapat terbuka dan menerima banyak inspirasi.  Perut yang kosong atau tidak terlalu banyak makanan di dalamnya, akan sangat membantu pikiran untuk dapat berfungsi secara maksimal dan sebaliknya bila perut penuh dengan makanan, maka pikiran akan melemah. Lukman Hakim dalam nasehatnya kepada putranya pernah mengatakan bahwa “wahai anakku, pada saat perutmu penuh dengan makanan maka pikiranmu akan tertidur, hikmah juga tidak akan muncul dari dirimu serta badanmu akan berat untuk menjalani ibadah”.

 

Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah swt.

          Tentu masih banyak lagi hikmah puasa yang dapat digali dari berbagai sisi disiplin keilmuan yang ada.  Namun yang terpenting bagi kita ialah bahwa  ada manfaat lain yang jelas dapat kita petik pada saat kita menjalani kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh tersebut.

          Kita berharap bahwa manfaat dan hikmah yang banyak tersebut akan mampu kita raih dan manfaatkan secara maksimal untuk kemaslahatan kita dan sekaligus juga untuk umat.  Kita juga berharap bahwa semua umat yang saat ini menjalankan puasa dapat memetik hakmah sebagaimana  tersebut, sehingga  setelah usai puasa nanti mereka memang akan menjadi sosok yang berbeda dengan sebelumnya, terutama dalam hal semangat dan kebajikannya.

          Pada akhirnya kita  hanya dapat berdoa, semoga Tuhan senantiasa memberikan kekuataan dan kesehatan kepada kita sehingga kita dapat menyempurnakan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadlan tahun ini dan dapat pula meningkatkan kualitas kita pada bulan bulan setelah Ramdalan, sebagai bentuk kongkrit dari pengamalan hikmah puasa yang telah kita raih.  Amin ya Rabbal alamin.

بارك الله لي ولكم فى القران العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم  وتقبل مني ومنكم تلا وته إنه هو الغفور الرحيم  ÙˆÙ‚Ù„ رب اغفروارحم وأنت خير الرا حمين

 

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.