SETIAP HARI TIDAK PERNAH LUPUT DARI ISYU

Islam sesungguhnya sudah memperingatkan umatnya unttuk  berkata yang benar dan jujur, tidak  berbohong dan menipu oranglain, namun nyatanya saat ini banyak umat muslim yang suka membuat isyu bohong dan  bahkan membuat sesuatu yang aneh aneh. Apakah merkaa tidak tahu larangan dari Islam atyaukah memang sengaja  melanggarnya. Bahkan orang dnegan seangnya dapat menipu banyak orang. Tentu ini merupakan perilaku yang jauh menyimpang dari tradisi umat muslim yang diajarkan oleh beliau nabi Muhammad saw dan para ulama salaf. Jangankan menipu orang lain, hanya sekedar membuat orang lain kecewa saja itu tidak diperbolehkan karena hal tersebut sudah membuat orang lain  tidak nyaman atau susah. Lantas bagaimana  kalau kemudian saat ini banyak orang yang dengan sengaja mengelabuhi orang lain?

Ketika banyak turun hujan, lalu  orang beramai ramai membuata berita  banjir yang melanda banyak daerah dan bahkan menewaskan menusia dan lainnya, [adahal dalam kenyataannya, gambar ditampilakn adalah gambar masa lalu atau bahkan mengambil gambar dari lain daerah yang seolah terjai di daerah tertantu dan baru saja terjadi. Lalu ketika banyak berita tentang  penculikan anak kecil,  dibuatlah seolah ada kawanan penculik yang mondar mandir di sekitar kita untuk mengincar anak anak kitaa yanag sedang pergi ke sekolahh dan liannya. Jadilajh isyu tersbeut menjadi snagat menakutkan kepada warga yang khawatir anaknya diculik dan lainnya. Semua itu tentu tidak baik unyuk diserap oleh masyarakat dan  sebaiknya masyarakat tidak begitu saja mempecayai berita berita yang berseliweran karena tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Lalu pada saat ini yang marak berita tentang virus corona yang berasal dari Wuah China, lalu dibuatlah pulalah berita tentang viru tersebut yang sudah mewabah di lingkungan kita dan membahayakan semua orang. Padahal senyatanya virus tersebut belum menyebar di wilayah kita dan menurut leporan pemerintah baru ada dua orang yang positif terhjangkit virus corona tersebut, yakni  orang jawa Barat yang sebelumnya mengadakan kontak dnegan orang jepang dan kemudian terdeteksi terjangkit virus corona tersebut. Karena itu sebaiknya pemerintah menjelaskan  dnegan gamlang seperti apa  virus tersebut dapat menyebar dan membay=hayakan masyarakat. Kalau sudah ada yang terdeteksi terna virus tersebut apa tidak sebaiaknya  mereka di isolasi untuk disembuhkan secara khusus?

Hal terpenting bagi kita saat ini ialah mendapatkan rasa aman dan tidka ketakutan apapun sebabnya apakah karena virus ataulah karena bahaya yang mengancam yang datangnya dari sesama manusia atau lainnya. Dengan penjelasan yang memuaskan khususnya dari pihak yang berkepentingan, yakni pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan, maka masyarakat akan dapat lebih tenang dan dapat menjalankan atifitas mereka dnegan tenang pula. Bayangkan kalau kemudian ada sebagian masyarakat kita yang justru menakut nakuti kepada masyarakat lainnya sehingga mereka akhirnya idak melakukan aktifitas pekerjaan yang sudah lazim dilakukannya, maka  akan ada kerugian yang aka ditanggung oleh masyarakt hanya karena isyu hoak yang dibat oleh sebagian masyarakat kita sendiri.

Terkadang kita juga merasa heran  mengapa ada saja pihak yang  tidak puas puasnya membuat  isyu yang meresahkan masyarakat, apakaha mereka tidak mengingat bahwa dnegan membuat masyarakat resah mereka akan mendapatkan keungtungan, justru  mereka nantinya akan mendpatkan perasaan yang was was  yang tidak pernah berakhir. Merek sehrsunya ingat bahwa ada hukum karma bagi mereka yang selalu membuat ulah dan meresahkan masyarakat. Bukankah mereka juga termasuk bagian dari masyarakat yang seharusnya justru  akan enciptakan rasa aman dan nyaman bagi sleuruh masyarakat, bukan malah mengkompori hal hal yangsifatnya hoaks dan lainnya.

Sebagai orang beriman tentunya akita harus melakukan hal terbaik untuk membantu saudara kita, termasuk membeirkan rasa nyaman kepada mereka, bukan malah berusaha untuk menakut nakuti merka dan  juga  membuat mereka resah dan galau. Bukankah kkita terus diingatkan bahwa sesama umat beriman itu adalah keluarga yang seharusnya saling membantu dalam hal kebaikan  bukan malah sebaliknya  menciptakan  ketidak tenangan masyarakat. Juga baukankah kita ingat peringatan nabi Muhammad saw yang menyatakan bahwa sebaik baik manusia ialah yang paling memberikan manfaat bagi masyarakat? Lalu kenapa masih ada diantara umat beriman yang justru membuat  suasana  mencekam dan takut?

Memang kalau orang berniat membuat isyu yang meyakinkan  akan mudah saja dilakukan karena saat ini sudah banyak perangkat yang dapat dijadikan alat bantu untuk membuat isyu tersebut, namun apakah membuat isyu tersebut akan membuat orang menjadi puas> atau bahkan munghkin malah tidak akan pernah puas karena  nafsunya hanya difokuskan unytuk membuat ketidak nyamanan di masyarakat, bahkan snagat mungkin malahan dia akan terus diburu rasa untuk membuat kerusuhan dan ketegangan di dalam masyarakat sampai akhirnya dia mati dnegan sendirinya  dengan membawa rasa penasaran yang selalu dimunculkan dalam nafsunya. Kita berharap bahwa  sebagai seornag mukmin kita akan senantiasa diingatkana kepada sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi kita dan sesama.

Kalaupun sampai saat ini masih banyak diantara umat muslim yang suka membuat isyu mari kita doakan mereka akan diberikan hidayah oleh Allah swt dan menyadari kekeliruannya serta segera bertaubat dan kembalikepada jalan yang benara, sehingga  kondisi umat akan jauh lebih baik dan nyaman. Kita tidak oleh mendoakan buruk kepada mereka yang saat ini sedang tersesat dan salah jalan, karena  sebagai sesama umat kota memang harus mendoakan kepada saudara kita yang terbaik untuk  kenikmatan mereka  juga. Semoga kita akan dijauhkan dari sifat buruk dan  perangai buruk  yang akan membuat  resah dan susah saudara kita sendiri sesama umat muslim dan beriman, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.