HUJAN TERUS MENERUS

Kemarin, kamis tanggal 2- pebruari merupakan hari  yang penuh dnegan  kekhawatiran, terutama bagi warga yang terbiasa  terkena banjir. Mengapa? Ya karena seharia bahkan di tambah dnegan semalaman suntuk hujan sama sekali tidak reda dan terus menerus bahkan  semakin lama semakin deras saja. Bagi orang yang tidak terbiasa terkena banjir saja  dapat was wasw, apalagai bagi yang sudah langganan banjir, tentu akan merasa  takut akan  terkena banjir. Namun ada  hal yang membuat masyarakat tidak takut berlebihan, karena hujan deras tersebut sepertinya tenang karena tidak disertai dengan angin, sehingga masyarakat masih tetap tenang.

Alhamdulillahnya juga  meskipun hujan terus menerus, ternyata lingkungan yang biasa mudaj terkena banjir, nyatanya tidak banjir, padahal daahulu ketika hujan tidak terlalu lama seperti saat ini namun malah banjir. Jadi sesungguhnya kita harus tetap waspda a dengan semua kemungkinan dan kita harus terus berbaik sangka kepada Allah swt serta kita selalu berusaha untuk menghindarkan diri dari kemungkinan terjadinya banjir, semacam membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan dan juga sungai.  Jika hujan deras dan selokan tersumbat, sudah barang tentu air akan  macet dan akhirnya akan meluap dan terjadilan banjir yang tidak kita inginkan.

Rupanya hujan kematin itu merata di sleuruh daerah, namun kita juga tahu bahwa meskipun hujan terus menerus dan rata di smeua daerah namun yang sedikit membuat tenang kita ialah tidak menimbulkan banjir yang selama ini selalu ditakutkan oleh masyarakat. Sudah barang tentu kita harus bersyukur kepada Allah swt karena tidak diberikan  musibah banjir. Hujan itu merupakan rahmat bagi umat yang mau mensyukurinya, karena bagaimanapun juga denganhujan tersebut, tanah menajdi subir dan berbagai tanaman akan tumbuh dan akhirnya mampu memberikan kemanfaatkan bagi manusia.

Memang  kalau menuruti keinginan manusia, maka tidak ada yang baik bagi mereka, karena pada saat musim panas, manusia biasanya meminta hujan, dan pada saat hujan, mereka meminta untuk tidak hujan dan begitu seterusnya. Allah swt tentu lebih tahu tentang apa yang dijalankan Nya, yakni hujan maupun panas, semua itu  adalah diberikan kepada manusia untuk dilakukan hal hal yang dapat memberikan manfata bagi mereka sendiri. Manusia harus pandai untuk menyesuaikan diri dnegan kondisi yang diberikan oleh Allah swt, bukan manusia yang  meminta  semuanya harus sesuai dnegan keinginan mereka. Manusia itu lemah dan  aseharusnya mengikiuti apapun yang telah diputuskan dan diberikan kepada manusia dalam hal apapun.

Sungguh beruntung banget kita yang diberikan tanah di indonesia yang  mendapatkan  kondisi yanag sangat nyaman, tidak seperti mereka yang berada di dekat kutub. Namun kenyataannya kta masih belum mampu untuk mensyukuri nikmat yang diberikana tersebut. Kita masih selalu tidak puas dnegan ko kondisi kita yang mempunyai musim yang sangat nyaman untyuk dinikmati. Dengan kondisi cuaca yang dmeikian  akhirnya kkta dapat merasakan betapa bumi kita begitu subur untuk ditanami apapun dan menghasilkan  banuak tumbuhan yang dapat kita manfaatkan untuk kehidupan kita. Lalu apa lagi yang harus kita dustakan dengan kondisi dmeikian?

Semua tetumbuhan di dunia  dapat ditanam dan berbuah di negeri kota tercinta ini, bahkan segala macam buah buahan juga ada di negeri kota ini, segala rempah rempah yang dapat dijadikan sebagai obat obatan juga ada di negeri ini, serta apapun yang di dunia lain ada , maka di dunia indonesia juga mestinya ada. Setidaknya kalau belum ada,  akan dengan mudah untuk diadakan, yakni dnegan ditanam sesuatu tersebut. Bumi negeri kita ini memang sangat subur dan makmur sehingga tanaman apapun insyaallah akan dapat tumbuh  sebagaimana diharapkan oleh penanamnya. Dengan begitu sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk selalu mensyukurinya tanpa harus  memberikan pengecualian.

Kembali kepada hujan yang terus menerus dan tidaka henti dalam satu hari semalam, sudah barang tentu kita semua berharap tidak akan terjadi musibah apapun di lingkungan kita, melainkan jusgtru  akan lebih bertambah berkah dan semua tanaman yang kita harapkan  tumbuh dan menghasilkan  sesuatu akan  dapat lebih memberikan nilai tambah. Jika akemudian karena  sesuatu hal kemudian  tempat kita kena banjir, mudah mudahan tidak akan parah sehingga  sampai harus merugikan banyak kepada kita.  Kita yakin bahwa smeua orang berharap bahwa hujan kali ini tidak akan membawa banjir dan sama sekali juga tidak membawa masalah bagi kemanusiaan.

Memang  kalau pas hujan begini dan kemudian diantara kta ada keluarga yang sakit atau meninggal dunia, maka kita akana menjadi repot, namun kalau itu sudah taqdir Allah, maka smeua harus diterima secara ikhlas, dan dijalani sebagimana mestinya.  Memang akan d=sedikit mengalami kesulitan, semacam ketika menggali kubur juga harus dengan berhujan hujanan serta glaiannya tanahnya juga  mengendong air sehingga harus dikuras terlebih dahlu sebelaum janazah akan dikebumikan. Bagi masyarakat, sesungguhnya meskipun terasakan sulit, namun berkat kegotong royongan diantara sleuruh warga masyarakat, maka smeuanya akan menjadi etrasakan ringan dan pihak yang sedang terkena musibah tidka akan akan  kesulitan dalam  memakamkan jenazahnya.

Bagi yang saat hujan tersebut kebetulan terkana sakit yang berat dan harus dibawa ke rumah sakit, juga tentu tidak terlalu susah karena saat ini sudah banyak mobi; ambulance yang siap untuk mengantarkan kemanapun. Jadi dengan dmeikian hujan yang tidka henti tersbeut bukan menjadi masalah besar bagi kita asalkan koita memang berbaik snagka kepada Allah dan juga kepada  orang lain. Dengan begitu pula  kota akan  dengan senang hati dan rasa puas menghadapi apapun yang terjadi di hadapan kita, termasuk hujan lebit yang terus menerus, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.