APA KABAR KPK?

Banyak masyarakat yaang menyoroti tentang kelemahan KPK saat ini, baik disebabkan oleh aturan perundangan yang sudah dilemahkan maupun para pimpinannya yang dianggap tidak tegas dan tidak berani, seolah mereka justru takut kepada penguasa. Kalau asumsi ini benar maka sudah tamatlah riwayat KPK yang dahuly begitu hebat dan menjadi idola seluruh masyarakat. Sejak mula  penjaringan dan  panitia seleksi untuk menentukan para pimpinan KPK sudah banyak kritik yang seolah  tidak digubris. Pada saat itu kita memang tidak begitu memperhatikan kritik tersebut, karena masih proses dan pada saat sudah ditentukan siapa siapa pimpinan KPK tersebut juga kita masih berharaap banyak mereka akan  lebih baik ketimbang sebelumnya.

Namun nyatanya setelah berjalan beberapa bulan ini, kita menjadi paham kenapa dahulu banyak yang mengkritik dan meragukan mereka, ternyata beberapa kasus telah memberikan kepahaman kepada kita bahwa memang ada masalah di KPK, sehingga hanya untuk menangkap seorang Harun Masiku saja sampai saat ini belum bisa, bahkan seolah  KPK  menjadi tidak kuat, karena untuk pernyataan saja  berubah ubah, semisal KPK pernah menyatalan bahwa hatrun masiku berada di sekitar PTIK, namuan belakangan  pernyataan tersebut  dikaburkan yakni  tidak jelas apakah  harun masiku di sekitar PTIK atau tidak. Kita sebagai orang awam tentu snagat  kecewa dengan kinerja KPK saat ini yang seolah tidak mempunyai nyali, khususnya terhadap penguasa.

Ini tentu belum kalau dihadapkan kepada korupsi besar semacam Jiwa sraya, Asabri dan lainnya yang konon ada keitannya dnegan persoalan krusial di negeri ini, sudah barang tentu kita hanya  akan menonto saja pertunjukan yang tidak lucu. Namun sebagai rakyat yang menginginkan negaranya  menjadi lebih baik tentu kita masih berharap kepada KPK dan lembaga penegak hukum lainnya untuk mampu memberikan  kepuasan kepada masyarakat dalam hal penegakan hukum. Hukum yang dianggap sebagainpanglima tersbeut harus tidak boleh tebang pilih dan tidaka boleh hanya tajam ke bawah, melainkan juga hatus bisa tajam ke atas. Menurut saya KPK saat ini masih mempunyai kesempatan untuk membuktikan diri sebagai lembaga anyi ruswah yang mampu menjawab permasalahan umat dan memberikan rasa sejuk lepada masyarakat melalui kinerja yang lebih baik, lebih berani dan tegas.

Beberapa hal yang dapat memancing komentar buruk terhadap KPK janganlah dimunculkan dan jangan dilakukan, seperti beberapa waktu yang lalu dimana ada penyelidik dan penyidik darai KPK yang ikut menangani  OTT kasus  PAW anggota DPR lalu  dikembalikan kepada institusi asalnya padaha; belum waktunya, bahkan ironisnya lagi institusi aalnya sesungguhnya tidak merasa menatrik yang bersangkuitan, namun untuk  memberikan kejelasan pada akhirnya yang bersangkutan ditarik juga. Beberapa hal semacam itu, ke depan jangan lagi dilakukan, karena pasti akan memunculkan spekulasi dari masyarakat  dan yang terpenting  akan menggerus kepercayaan masyarakat kepada lemnbaga KPK.

Jika ada persoalan yang  tidak bisa dipahami oleh masyarakat secara mudah, sebaiknya KPK juga menjelaskannya dnegan gamblang sehingga mereka tidak berpikiran negatf terhadap KPK, semacam berita tentang gagalnya  menggeledah kantor DPP PDIP beberapa aktu yang lalu,  padahal kalau sejak awal langsung dijelaskna kepada masyarakat tentang kondisi yang sebenarnya, maka tidak aan muncul kritik dan  penadangan yang miring tentang KPK. Intinya KPK sebagai lembaga yang sampai saat ini masih diharapkan oelh masyarakat akan memerantyas korupsi harus dijaga dnegan baik   dan  diposisikan  sebagai  lembaga yang memng berwibawa dan mampu serta berani menangani perkara sebesar apapun.

Kita ingat sekali bahwa kenapa di negera kita dibentuk lembaga KPK, karena saat itu lembaga penegakan hukum yang ada, yakni kejaksaan dan kepolisian  sepertinya tidka mampu untuk memberantas korupsi yang begitu menggurita, kafrena terus terang saja lembaga penegak hukum itu sendiri  juga tidak bebas dari korupsi dan bahkan malah menjadi sarang  dan biang korupsi. Walaupun kita juga yakin di kedua lembaga tersebut masih ada  yang baik, namun  kekuatan yang buruk menjadi lebih dominan. Karena kehadiran KPK menjadi solusi untuk menangani persoalan korupsi tersebut. Pada awalnya kita snagat bangga karena keberanian KPK untuk memproses siapapun yang ketahuan korupsi, bahkan hingga para pejabat teras.

Namun pada sata itu kekuatan penguasa sangat kuat sehingga masih banyak diantara kasus korupsi yang akhirnya juga mangkrak dan orang orang KPK banyak dikriminalisasi oleh pihak dan oknum yang tidak suka dnegan sepak terjangnya. Namun seiring dnegan berjalannya waktu kemudian masyarakat menjadi sadar bahwa KPK memang snagat dibutuhkan perananya, sehingga masyarakat kemudian membelanya dengan sungguh sungguh sehingga keberadaan KPK menjadi semakin kuat dan keberaniannya semakin  hebat. Pada saat itu banyak diantara pengusasa yang dijerat oleh KPK  karena memang melakukan tindak pidan akorupsi baik secara perorangan maupun secara berjamaah. Banyak siantara para pejabat dan anggota dewan yang terpaksa harus mendekam di penjara karena korupsi yang diproses oleh KPK.

Namun dmeikian bukan berarti KPK kemudian didukung oleh sleuruh masyarakat, karena ternyata banyak diantara para anggota dewan yang justru ingin memperlemah posisinya. Usaha yang dilakukannnya tersebut selalu mendapat penentangan dari masyarakat sehingga upaya untuk mempreteli kewenangannya  melalui revisi undang undnag selalu kandas. Merka pada umumnya ingin bahwa KPK tidak berwenang untuk menyadap, sebab dengan penyadapan itulah banyak pejabat dapat diketahui boroknya dan lalu dilakukan OTT. Namun sekali lagi pada akhirnya, konon ceritanya tanpa mengundang pihak KPK  dan pada akhir periode DPR lalu revisi undang undang KPK disahkan  dnegan  kucing kucingan, dan pada akhirnya disahkan juga oleh presiden, neskipun sudah banyak pihak yang memberikan masukan kepada presiden untuk tidak mengesahkan,  dan juga banyak yang kemudian mengusulkan agar presiden membentuk  PP pengganti undnag undang, namun sampai saat ini masih belum terealisir. Wallau a’lam.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.