KEWAJIBAN

Memenuhi kewajiban itu merupakan sebuah keharusan dan bahkan itu akan menjadikan diri kita menjadi lega ketika sudah selesai menjalankannya. Banyak jenis kewajiban manusia, baik yang terkait dnegan  Tuhan, dengan manusia lainnyaa, dengan lingkungan dan juga dnegan makhluk Tuhan yang lain. Sudah barang tentu kalau dirinci akan semakin banyak sesuai dengan kemampuan manusia sendiri dalam menjalani kehidupan. Orang tentu  akan mengakui bahwa dirinya mempunyai kewajiban terhadap Allah swt, yakni perintah untuk mangabdi dan jga untuk berbuat baik. Nah, jika kta mengakui hal tersebut, maka kewajiban akan semakin menjadi banyak bukan saja kewajiban menjalankan perintah Nya, melainkan juga kewajiban yang didapatkan saat kita  ingin menjalani hidup dnegan nyaman dan aman.

Kewajiban manusia yang terkait dnegan menjalankan syariat atau perintah Allah semisal menjalankan shalat lima wqktu, menjalankan puas bulan Ramadalan, berzakat dan juga menunaikan ibadah haji, dan tentu masih ada yang lainnya, sedangkan kewajiban yang terkait dengan sesama manusia itu  tergantung kepada posisi manusia itu sendiri. Artinya jika dia sebagai kepala rumah tangga yang mempunyai isteri dan anak, maka kewajibannya ialah memberikan nafkah kepada mereka, melindungi mereka dari kemungkinan yang tidak baik, memberikan jaminan pendidikan, kesehatan dan juga kesejahteraan dan lainnya. Jiks  manusia tersebut sebagai pimpinan dalam sebuah komunitas, maka dia juga harus memnberikan  rasa waman kepada  bawahannya dan memberikan hak haknya dengan baik tanpa mencurangi mereka.

Sedangkan kewajiban manusia terhadap alam lingkungan ialah harus terus memelihara agar tetap terjaga baik dan memberikan manfaat yang besar bagi makhluk ;lainnya. Jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh kejadian alam atau lainnya, kita juga wajib memperbaikinya sedemikian rupa dan tidak membiarkannya tetap rusak apalagi kalau kemudian kita sendiri yanag justru menyebabkan kerusakan tersebut. Untuk kewajibab manusia terhadap makhluka Tuhan lainnya juga disesuaikan dnegan kondisi masing masing orang. Artinya jika kta memelihara hewan, maka kewajiban kta ialah memberikan makan dan jaminan perlindungan dari berbagai ancaman, memberikan tempat yang layak dan sekaligus juga tidak menyakitinya. Jika kkta menanam tanaman kita juga wajib untuk menjaganya dan memberikan pupuk agar tumbuhan tersebut dapat tumbuh subur dan tidak layu kemudian mati.

Jadi sebuah kewajiban antara satu manusia dnegan lainnya itu berbeda sesuai dnegan keberadaannya dan fungsinya masing masing. Jika kita sebagai guru,  maka kewajiban kita ialah mendidik anak anak sedmeikian rupa sehingga mereka akan menjadi tahu tentang apa yang seharusnya mereka ketahui serta juga kita harus memberikana keteladanan dalam kebaikan, sebab kalau murid kita hanya diberikan teori semata, maka kemungkinan  mereka tidak akan mengerti bagaimana cara memprekatekkannya  dalam kehidupan nyata. Jdi kewajiba  guru bukan hanya menyampaikan ilmu saja kepada para murid, melainkan juga  mendidik kepada mereka bagaimana  berakhlak yang baik, berkomunikasi dnegan sesama meeka dnegan baik, saling mengharga dan menghirmati diantara sesama dan juga saling menolong diantara mereka.

Jika kita  adalaha pegawai di sebuah instansi, maka kewajiban kta ialah masuk kerja sesuai dnegan jam kerja yang sdah ditentukan, lalu mengerjakan opekerjaan yang menjadi tanggung jawab dan diberikan kepada kita, mengikuti setiap kegiatan yang diwajibkan  seperti  berkumpul untuk rapat atau upacara dan lainnya. Hal terpemnting bagi setiap pegawai ialah mengetahui apa sesungguhnya target yang dicanangkan untuk diselesaikan pada hari itu atau setidaknya dalam waktu satu minggu. Jika ada perintah untuk menjalankan sesuatu, maka sebagai pegawai juga harus mengerjakannya sesuai dnegan  perintah serta tidak mengabaikan tugas dengan alasan apapun. Memang jika ada sesuatu yang di luar kemampunnya, maka harus ada penjelasan sehingga tidak menimbulkan persoalan di belakang hari.

Demikian juga jiia kita adalah mahasiswa, maka kewajiban kita ialah  meniktui kuliah dnegan baik  dan belajar dnegan tekun, menjalankan tugas yang diberikan oleh dosen dan mematuhi seluruh kode etik sebagai mahasiwa. Pada saat tertengtu juga harus memenuhi kewajibab membayar uang kuliah atau  jenis lainnya yang memang diperintahkan. {ada saat kuliah juga harus menjaga ketertiban dan tidak membuat kegaduhan yang akan mengganggu  mahasiswa lainnya. Sudah barang tentu masih banyak kewajiban lainnya yang tidak boleh diabaikan  dengan  berbagai alasan yang dibuat buat. Jika ada tugas yang harus dikerjakan, maka juga harus dibuat  dngan penuh kesungguhan.

Bahkan jika kita sebagai anggota masyarakat biasa saja pun kita tetap mempunyai kewajiban, yakni menjaga ketenteraman dan keamanan lingkungan. Jika ada iuran yang diwajibkan oleh  pimpinan di  lingkungan tersebut kita juga wajib membayarnya dnegan baik. Se,ua itu dilakukan demi kebersamaan dan kenyamanan hidup dalam sebuah komunitas tertentu. Jadi di manapun kita berada dana dalam posisi apapun kedudukan kita, maka pasti di sana ada kewajiban yang harus ditunaikan sesuai dnegan  kondisi dan keberadaan kita masing masing.

Biasanya  keyika ada kewajiban  di san  akan ada hak yang dapat kita perolehkarena itu memang merupakan kombinasi yang  terus langgeng keberadaannya. Jika kita  berkedjiban membayar sebuah iuran di manapun, maka kita juga akan mendapatkan hak tertentu yang dapat kita nikmati, bagitu pula jia kita sebagai mahaasiswa yang harus membayar uang kuliah, maka kita akan mempunyai hal untuk mendapatkan pelayanan perkuliahan dan  pelayanan lainnya di kampus. Deikian pula jika kita berkewajiban untuk menafkahi isteri dan anak anak, maka koyta juga mempunyai hak untuk dihargai dan diperlakukan dnegan baik dan lainnya. Begitulah setiap kewajiban itu kemudian akan memunculkan hak, namun  sebaiknya memang yang harus didahulukan ialah kewajibannya terlebih dahulu baru kemudian akan muncul hak, bukan sebaliknya, semoga.

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.