SIFAT ALLAH ALWAHHAB

Salah satu  nama yang indah bagi Allah ialah alwahhab atau  kalau diterjemahkan menjadi yang Maha Pemberi. Hanya Allah lah yang Maha  memberikan apa saja yang diinginkan oleh manusia. Sesungguhnya Allah itu mah tahu tentang apa saja yang dibutuhkan oleh manusia, meskipun manusia sendiri tidak memintanya, karena itu Allah akan senantiasa mencukupi keutuhan manusia. Kalaupun manusia meminta sesuatu yang diinginkan, belum pasti itu yang dibutuhkan oleh manusia, sehingga terkadang permintaan manusia tersebut tidak dipenuhi oleh Allah swt, bukana berarti Allah itu pelit atau tidak menyukainya, justru terkadang tanpa disadari oleh manusia sendiri permintaan yang tidak segera dipenuhi itu merupakan hal yangbterbaik bagi manusia, hanya sayangnya manusia itu seringkali tidak mengerti dan  berburuk sangka.

Alwahhab adalah sifat Allah yang mutlak hanya dimiliki Nya  sedanagkan makhluk terkadang hanya sedikit saja mempunyai sifat tersbeut dan terbatas wakatunya. Tidak mungkin ada manusia yang terus menerus memberikan sesuatu yang diminta oleh orang lain tanpa bosan, bahkan mungkin hanya satu dua kali saja sudah tidak suka dnegan sikap meminta orang lain tersebut, sedangkan Allah tidak akan pernah bosa memberikan apapun yang diminta oleh makhluk Nya, bahkan kalaupun secarateus menerus ityu justru akan semakin membuat Allah menyukainya. Itulah sifat alwahhab Allah swt yang tidak mungkin akan dimiliki oleh makhluk termasuk manusia yang terbaik sekalipun. Seluruh makhluk pasti akan diberikan apa yang terbaik bagi mereka, karena Allah maha Pemberi dan maha kaya.

Sifat alwahhab Allah itu pasti diberikan kepada siapapun makhluk Nyayang dikehendaki dan Allah dengan sifat alwahhab tersebut tidak akan meminta balasan balik kepada makhluk Nya, karena itu sebagai bentuk kasih sayang Nya kepada seluruh makhluk Nya. Karena itu  seharusnya makhluk nya sajalah yang harus mengerti bahwa  Allah telah begitu mengasihi kita sebagai makhluk Nya dnegan memberikan apapun yang menjadi kebutuhan kita meskipun tanpa kita minta sekalipun. Allah memberikan kesehatan yang prima kepada kita walaupun terkadang kita lupa memintanya dan bahkan mungkin juga lupa mengusahakannya. Allah juga memberikan kesempatan kepada kita  mengenai berbagai hal untuk kita kerjakan, termasuk menjalankan ibadah dan berbagai kepada sesama makhluk lainnya, smeuanya itu merupakan pemberiana Allah yang tidak ternilai.

Semua rizki yang kita dapatkan juga pemberian Allah swt, bukan saja rizki yang berupa harta benda, melainkan juga rizki usia yang panjang, sehat, kesempatan untuk berbuat kebajikan, mampu bersilaturrahim kepada saudara, mampu memberikan santunan kepada orang orang miskin dan anak anak yatim, mampu berziarah ke beberapa ulama, mampu menjalankan tugas pekerjaan, dna juga mampu memberikan nafkah kepada keluarga serta mampu  menjalankan apapun yang selama ini  kita realisasikan.  Kita yakin bahwa semua yang kita alami  adalah sebuah rizki, meskipun terkadang  sebagian manusia hanya menganggap harta sajalah yang bernama rizki. Beruntunmg kita diberikan pengetahuan oleh Allah swt sehingga kita mampu menyikapinya dnegan baik dan berbaik snagka kepada semua pihak tanpa terkecuali.

Allah telah memberikan hati kita yang lapang yang mudah untuk memaafkan sesama yang salah dan tidak suka menyimpan dendam. Demikian juga Allah lah yang telah memberikan semua  hal yang terkait dnegan kesejahteraan kita, baik secara materi maupun secara psichis, karena itu menjadi wajib bagi kita untuk senantiasa mensyukuri nikmat Nya setiap saat dan bahkan harus selalu  menciptakan  sebuah aktifitas yang mampu memberikan mafaat bagi diri, pihak lain dan juga alam semsta. Pendeknya  sebagai makhluk yang snagat lemah, kita beruntung karena kita telah diberian hidayah oleh Allah untuk beriman dan berada di dalam agama islam yang nantinya akan mendapatkan sesuatu yang santat baik, khususnya di akhirat dan saat di dunia ini juga kita telah didorong untuk selalu berbuat baik karena  kebaikan itu merupakan sebuah nilai yang memang harus diperjuangkan.

Sebagai makhluk kita seharusnya juga  meniru sifat alwahhab Allah swt meskipun tidak dapat sempurna, namun jika kita berusaha untuk selalu memberi kepada sesama  dan juga makhluk Tuhan yang lain, tentu itu akan baik akibatnya bagi kita. Karena tidak ada  keburukan dalam pemberian, terkecuali jika dibarengi dnegan sesuatu yang buruk, semacam, mengharapkan sesuatu yang menguntungkan dirinya, semacam memberikan sesuatu namun meminta imbalan untuk memilihnya dalam sebuah kontektasi pilkada atau pileg dan sejenisnya atau  mungkin dengan memberikan sesuatu tersebut ada terkandung niat agar dinilai sebagai orang baik dan dermawan oleh manusia. Nah, pemberian yang tidak tulus tersebut dapat membuat nilai pemberiannya menjadi buruk.

Banyak perintah alquran maupun hadis mengenai  anjuran untuk memberi dan meniolong sesama karena dnegan memberi sesuatu tersebut  sesungguhnya kita sudah menjalankan fungsi kita sebagai manusia yang bersaudara yang mempunyai tanggung jawab untuk saling menolong. Mungkin memang adaa pihak yang suka menolong disebabkan dengan menolong tersebut hidupnya akan semakin tenang dan tenteram. Demikian juga ada yang menolong dnegan tujuan agar dihindarkan dari malapetakan yang sewaktu waktu dapat menimpanya, dan dia berkeyakinan bahwa sedekah dana menolong pihak lain itu akan mampu menghindarkan diri dari malapetaka tersebut. Jenis pemberian yang ini meskipun ada maunya, namun masih lebih baik ketimbang  keinginan untuk mendapatkan balasan langsung erupa memilihnya  dalam kontestasi tertentu.

Sebagai manusia kita memang terus menerus memohon kepada Allah swt sebagai Dzat yang maha memberi agar kita selalu dibrikan kesehatan, kelapangan dan harta dan panjang usia yang berkah serta diberikan rizki berupaanak anak yang shalih dan shalihah serta selalu berada dalam lindungan Allah swt. Kita tidak akan bosan untuk terus memkintanya, sebagaimana Allah swt tidak akan bosan untuk terus memberikan kepada seluruh makhluk Nya tentang apapun yang menjadi kebutuhan mereka. Semoga Allah senantiasa akan memberikan  yangterbaik bagi kita, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.