BERSIAP UNTUK MEMULAI KULIAH

Mungkin bagi sebagian kita tidak terasa bahwa tibatiba sudah akan memulai kulaih lagi, kafrena unutk smeester ini p[erkuliahan akan dimulai pada awal perbruari yang biasanya dimulai pada bulan maret, sehingga ada pengajuan waktu satu bulan. Sudah barang tentu mungkin ada sebagian yang tergopoh gopoh untuk mempersiapkan segala sesuatunya, seperti sillaby dan RPS yang memang agak njimet dalam pembuatannya. Namun ini hanya pada awal saja, karena kalau nanti sudaha terbiasa akan menjadi biasa kembali dan  nyaman. Barangkali yang belum terbiasa malahan mahasiawa karena biasanya mereka baru akan datang ke kampus pada menjelang akhir bulan perbuari sehingga kalau ini masih tetatp dibiasakan oleh mereka, akan ada kekosongan mahaswa pada awal perkuliahan.

Untuk itu kita smeua, termasuk para dosen harus meberikan informasi yang akurat kepada mereka sehingga mereka akan dapat hadir di kampus pada bulan januari ini untuk melakukan berbagai aktifitas akademik, semacam perwalian, pendaftaran mata kuliah dan lainnya. Sesungguhnya perubathan waktu perkuliahan ini sudah dimjulai sejak akhir semester yang lalu dan  tentunya harus disadari bahwa pada saat itu masih banyak  perkuliahan yang dilakukan kirang banyak, karena ada pengajuan selesainya kuliah satu bulan leboih awal, dan kita masoh menunggu apakah hal tersbeut disesuaikan dnegan penilian kinerja ataukah tidak, karena untyk hal tersbeut smapai sekarang belum dilakukan. Seharusnya penilaian kinerja juga harus disesuaikan dnegan waktu yang tersedia sehingga tidak ada satu [ihak pun yang akan dirugikan.

Sesungguhnya pada semester genap seperti saat ini smeua mahasiwa sudah mengetahui berbagai hal terkait dneganperkuliahan, sebaba meskipun mereka masih baru menjadi mahasiswa, nemaun mereka pada smester yang lalu juga sudha menjalani perkuliahan sehingga tidak smaa sekali baru. Karna itu diharapkan  pada semester ini nanti tidak ada hal yang sulit bagi siapa saja untuk mengikuti perkulianan yang ada karena p[engalaman  sudah didapatkan, termasuk informasi persyaratan untuk dapat mengikuti ujian semester dan lainnya.

Khusus para dosen juga dituntut untuk mempesiapkan diri dnegan lebih baik, khususnya terkait dnnegan rencana pembelajaran di kelas yang harus disesuaikan dnegan perkembangan zaman dan perubahan regulasi yang terjadi. Sebab jika koita masih mengajarkan sesuatu yang sudah usang dan tidak disesuaikan dnegan pekembangan zaman, sangat mungkin bahwa apa yang kita sampaikan ke[ada mahasiwwa itu sudaha harus dimusiumkan dan tinggalkan, namun masih saja kita sampaikan kepada mahasiswa zaman sekarang. Sudah barang tentu pengayaan materi yang terkait dnegan materi perkuliahan juga harus terus dilakukan karena itulah sesungguhnya yang harus kita lakukan agar para mahasiwa kita tidak tertinggal dalam hal pengetahuan.

Apalagi kalau kita ingat dan lihat bahwa dalam semester ini kita akan berbenturan dnegan bulan suci ramadlan yang itu harus disikapi dnegan arif, sebab kalau kita mengikuti keinginan banyakmkalangan, tentu kita akan kehilangan banyak kesempatan untuk meemnuhi target perkliahan, semisal adanya libur idul fitri dan lainnya. Karena itu kita memang harus menghitung secara cerma mengenai kesempatan waktu yang tersedia sehingga kita akan dapat memanfaatkannya sedmeikain rupa mencapai target yang kita tentukan. Kta memang boleh menambah perkuliahan di luar jam yanag telah ditentukan, akan tetapi karena perkuliahan itu terkait dnegan banyak pihak, maka jika menginginkan penambahan perl=kuliahan, harus dilakukan pada saat libur, semacam pada hari sabtu atau minggu atau hari libur lainnya, namun itu juga masih tergantung kepada mahasiswanya.

Mungkin ada sebagian diantara kta yang santai santai saja karena tidak akan berpikir bagaimana memenuhi  kebutuhan perkulianan untyuk mahassiwa zaman ini, karena toh dengan materi kuliah zaman dahulu, masih dapat disampaikan meskipun sudah tidka menarik sama sekali. Namun jika kita berorientasi kepada bagaimana menjadikan mahasiwa kota mampu untuk meguasai ilmu pengetahuan yang sesuai dnegan perkembangan zaman dan agaimana mereka dapat menyikapi kondisi pada saat ini, maka kita wajib mengantarkan kepada mereka  mengenai sebuah pengetahuan yang  disesuaikan dnegan kondisi zaman ini dan  dibeirkan kesempatan untuk menganalisa keadaan memakai ilmu yang sudah kita sampaikan.

Kita waajib menjadi pendidik yang profesional karena kota sudah dilabeli demikian dan telah pula diberikan tunjangan untuk tujuan tersebut. Lalu bagaimana kalau kita mau menerima tunjangan namun mash tetap mempertahankan kondisi lama yang sama sekali tidak sesuai dnegan kondisi saat ini. Keprofesionalan kta harus kita tunjukkan [ada saat kita memerankan diri sebagai dosen yang disampaing memperikan trnasformasi ilmu pengetahuan, juga membaimbing dan mengarahkan kepada mahasiswa sehingga mereka akan menjadi nyaman saat berhadapan dnegan kita dan tentu akan haus  akan ilmu pengetahuan  serta selalu saja bertanya kepada kita tentang berbagai hal terkait dnegan ilmu.

Saat ini dalam menghadapi perkuliahan, yang terpenting bagi kita ialah bagaimana kita menyiapkan diri mengenai rencamna pembelajaran dan sekaligus juga up dateterhadap materi perkuliahan.  Kalaupunmaterinya masih tetap, namuan penjelasan dan penafsurannya harus ditambah dnegan pengetahuan yang lebih luas sehingga ada nuansa perbedaannya dnegan tahun lalu. Tentu kita menyadari bahwa perkembangan ilmu pengetahuan  yang terkait dnegan disiplin keilmuan kita sangat banyak, baik yang melalui penelotian maupun munculnya berbagai jurnal dan tulisan ilmiah yang  dapat kta manfaatkan untuk menambah khazanah materi perkuliahan kita.

Hanya orang yang sudah tidak mampu berkembang saja lah yang akan enggan untuk mencari tambahan materi perkuliana  karena mencukupkan diri dnegan apa yang sudah dikuasainya dan dnegan refernci nuku buku kuno yang sudah tertinggal analisanya. Mungkin memang ada  pemikiran kuno yang masih relevan dan masih kita gunakan, namun penyesuaia dnegan ilmu baru juga harus kita lakukan sehingga akan terjadi kombinasi antara  warisan ilmu masa lalu yang  masih relevan dnegan perkembangan ilmu baru yang akan menambah mantap kajian ilmu yang kita hadapi, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.