MANFAAT BUAH BUAHAN

Mungkin kalau dalam dunia kedokteran sudah dilakukan semacam penelitian terhadap semua jenis buaah buahan dan manfaatnya bagi manusia, namun secara kasat mata dan  pengalaman merasakan,  kita juga dapat berkesimpulan bahwa  bauh buahan itu sangat bermanfaat bagiu tubuh manusia, setidaknya untuk membuat badan menjadi lebih bugar. Memang  sebagaimana makanan lainnya, ada saja buah yang tidak cocok unguk penderita penyakit tertentu karena justru akan menambah beban penyakit yang sudah ada, semacam buha buhan yang kandungan gulanya cukup tinggi seperti buah nagka, maka dia akan tidak terlalu baik untuk para penderita deabetes, atau bahkan buhaa durian yang bagi orang normaal akan dirasakan sangat nikmat, namun bagi pendrita penyakit tertengtu sebagaimana nangka tersbeut juga tidak akan menjadi baik.

Namun  para ahli kesehatan akan selalu menyarankan kepada semua orang untuk mengkonsumsi buah buahan karena itu snagat baik untuk kesehatan manusia secara umum. Ada saran daari ahli kesehatan bahwa memakan buah buahan itu sebaiknya pada saat perut masih kosong, sehingga buah tersbeut akan dapat dicerna lebih baik oleh tubuh, bahkan ada yang berani  betaruh juga jika orang memakan buah durian dan dilakukan sebelum makan atau dalam bahasa lainnya pada saat perut sedang kosong, maka tidak akan ada efek apapun, bahkan malah akan terasa nikmatnya. Pengetahuan tersebut saat ini  sudah diketahui oleh banyak masyarakat sehingga ada yang sudah menyesuaikan diri dengan pengalaman dan pengetahuan tersbeut, namun masih ada saja yang memakan buah itu setelah makan.

Kalau kita mengikuti aoa yang biasa dilakukan oleh nabi Muhammad saw sesungguhnya tidak ada makanan dan juga buah buahan yang berbahaya untuk dikonsumsi, asalkan  tidak kebanyakan. Artinya makan dan minumlah kalian smeua  dengan baik. Artinya  boleh makan makanan apa saja asalkan secukupnya saja dan tidak berlebihan, atau dalam bahasa lainnya makanlah selagi sudah lapar dan berhentilah makan sebelum kamu kenyang. Jika ini ditaati, maka  tidak ada makanan ataupun minuman yang akan membahayakan tubuh manusia. Biasanya yang menimbulkan penyakit ialah ketika manusia makan makanan terlalu banyak, karena dianggap sangat lezat sehingga lupa untuk berhenti.

Padahal dalam sebuah hadis juga, nabi Muhammad saw pernah menyatakan bahwa isi perut itu dibagi tiga, sepetinyanya untuk makanan, sepertinya lagi untuk minuman dan seperti tiga terakhir unyuk nafas. Dengan dmeikian keu=tika kita memakan terlalu banyak, akan dapat mendesak  pada tempat minuman dan nafas. Karena itu kita sering menyaksikan betapa ada orang yang makan terlalu banyak, lalu seolah dia kesulitan untuk bernafas karena tempat nafas di dalam perutnya sudah diisi dnegan makanan. Itulah yang kemudian dapat menjadi penyakit yang namanya dapat bermacam macam. Dengan dmeikian sesungguhnya yang mampu mengendalikan penyakit kita ialah kita sendiri, karaena itu sebelum penyakt tersebut datang dan menghinggapi tubuh kita, sebaiknya kita mengikuti apa yang disarankan oleh baginda Nabi saw.

Setiap hari kita akan menjadi semakin baik dan sehat jika kita mau mengkonsumsi buah buahan segar dan tidak terlalu banyak, sebab apapun makanan atau minuman yangterlalu banyak tentu akan menjadi tidak baik bagi kesehatan, bahkan minum vitamin sekalipun kalau terlalu banyak pasti juga akan berakibat buruk bagi tubuh kita. Karena itu semua harus  dijalankan dengan cara sedang sedang saja karena itulah yang terbaik. Cuma persoalannnya ialah mampukah kita membiasakan diri dengan hal hal yang tengah tengah dan tidak terlalu kebanyakan atau kekurangan. Bahkan dalam  pernyataan  Arab kita mengenal bahwa khairul umur awsatuha, yakni sebaik baik sesuatu ialah yang tengah tengah, tidak cenderung ke kanan ataupu kekiri.

Untuk beragama saja saat ini kota mengenal modersi yang berarto juga tidak terlalu condong ke kanan dan juga tidak terlalu ke kiri. Tidak terlalu harfiyah dan juga tidak terlalu liberal, sehingga di tengah tengah itulah yang akan mampu menjadikan kita mampu berkomunikasi dnegan semua pihak dan menjalankan peran yang baik untuk smeua kalangan. Moderasi beragam itu berada di dalam sebuah agama, yakni dalam mengamalkan ajaran agama tertentu itu harus dilakukan dnegan  moderat, bukan  moderasi beragam itu kemudian diartikan sebagai beragama dan memandang semua agama itu sama, yang dapat berakibat bahwa  pengetahuan tersebut akan mengandung makna bahwa  oranag nantinya akan  tidak mempunyai keyakinan terhadap agamanya sendiri yang kuat, karena  harus moderat dalam memandang agama lain.

Moderasi beragama itu lain sama sekali dengan tolerasni beragama, sebab kalau toleransi beragam memang  dalam kehidupan  di luar keyakinan agamanya  kita harus saling memahami dan tidka memaksakan kehendak serta harus saling menghormati, serta dapat bekerjasma dalam bidang keduniwian. Sedangkan kalau moderasi beragam itu ialah pengamalan ajaran sebuah agama tertentu dnegan  tidak mengikuti satu mazhab yanag terlalu harfiya dan jiga tidak mengikuti aliran yang terlalu longgar atau liberal, melainkan di tengah tengah sehingga mampu memahami smeua  pandangan dalam semua aliran, meskipun tidak harus mengikutinya.

Jadi menjadi semakin jelas bahwa moderasi baragama itu sebuah pengamalan ajaran agama tertentu dnegan cara  memahami dan mengamalkan  ajarannya yang tidak terlalu condong kepada satu pendapat yang ekstrim. Dengan dmeikian bersikap dan bertindak yang tidak ektrim terhadap semua hal adalah merupakan sikap yang sangat dianjurkan. Jika kita kembali kepada  buah buahan yang saat ini marak di pasaran, maka kita dapat menyimpulkan bahwa  meskipun  sedang musim buah tertentu dan buah tersbeut dapat didapatkan secara mrah, namun kkita tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya, sama dnegan ketika buah menjadi mahal karena tidak sedang musim, maka kita tidka boleh menghentikannya sama sekali.

Kita berharap bahwa sikap dna tindakan kita yang y=tengah tengah tersebut memang harus dapat kita pertahankan dalam smeua hal, karena hanya dnegan sikap dan tindakan yang dmeikian, kita akan mampu menjalani hidup ini dnegan snagat nyman dan tidak akan muncul persoalan, khususnya terkait dnegan pihak lain. Semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.