RAMAI RAMAI MEMBENTUK ORGANISASI

Boleh jadi  semakin banyaknya wadah bagi masyarakat untuk meyalurkan keinyinannya, akan menjadi lebih baik dan leluasa, namun mungkin juga dnegan banyaknya organisasietrsebut justru akan semakin mengaburkan makna tujuan masing masing organisasi etrsebut. Saat ini sudah terlau banyak organisasi dalam bidang yang berbeda dan masing masing mengklaim bahwa organisasinyalah yang terbaik atau mungkin yanag yterbesar anggotanya. Terkait dnegan kalim tesebut terkadang kemudiaan pada saatnya dimanfaatkan oleh para pengurus dan pimpinanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok, padahal organisasi etrsebut dibentuk tidak dengan tjuan etrsebut.

Sudah sejak lama ormas di negeri ini juga marak dan juga kemudian disusul oleh organisasi yang menhjimpun  keinginan yang dama, semacam para pminat ilmutertenyu,lalu sarja dalam komunitas tertentu atau pengusaha tertentu ataupun dalam bentuk lainnya. Bahkana kesenanngan dalam berolah raga kemudian juga dibuat organisasinya. Lalu  sekelompok mahasiswa dari daerah tertentu juga tidak kalah untuk membentuk organisasi sehingga saat ini  organisasi yang resmi dicatat oleh kemenkumham aja sudah sangat banyak, apalagi kalau ditambah dnegan perkumpulan perkumpulan yang tidak didaftarkan di kementerian tersebut, tentu akan semakin banyak jumlahnya.

Alumni dari sebuah sekolah atyau peantrean saat ini juga tidak mau ketinggalan untuk membentuk sebuah komunitas tersendri dnegan dalih akan memudahkan berkomunikasi dan berkumpil untuk membicarakan hal hal yang terkait dnegan kepentingan bersama. Lalu lama kelamnaan beberapa kelompok tersbeut memang kemudian emmpunyai  anggota yang cukup banyak. Nah, itulah yang kemudian menatik untuk dijadika  sebagai kekuatan tersendiri  untuk membuat sebuah penawaran kepada pihak tertentu bahwa dirinya mempunyai kekuatan suara, khsusunya yang dikaitkan dnegan sebuah kontestasi tertentu. Tentu untuk ukuiran di negara kita hal itu sangat lazim dan yidak berdosa, karena  tidak ada larangan untuk itu, hanya saja rasanya memang kirang etis karena tidak sesuai dnegan tujuan utama kelompok tersebut.

Kita tentu tahu bahwa saat ini sesuatu yang sangat menarik bagi umat adalah dunia p[olityik karena di situlah sebuah kekuasaan akan didapatkan. Saat ini smeuanya pasti dihubungkan dnegan politik meskipun sesungguhnya tidak smeua hal dapat dikaitkan dnegan politik.  Kita dapat menyaksikan betapa  banyak orang berani untuk mempertaruhkan segalanya demi mencapai sesuatu yang sifatnya politik atau bahkan untuk mendapatkan kedudukan di sebuah partai p[olitik tertentu. Seolah kalau tidak melalui politik lalu hidup akan terpinggirkan. Bahkan orang orang yang menjadi pengusaha saja  kemudian dapat tertarik untuk memasuki dunia politik padahal sudah lebih nyaman di pengusaha kalau dia mau berpikir lebih jernih.

Nah, saat ini rupanya banyak masyarakat yang mengendus bahwa dnegan memiliki kekuatan suara masyarakat, seseoranag akan mampu meraih keinginannya untuk memasuki dunia politik. Karena itu  bilamana ada kesempatan untuk membentuk sebuah organisasi yang menghimpun banyak orang dan dianggapnya mempunyai prospek masa depan yang gemilang, maka segeralah dibentuk organisasi tertentu dengan nama apapun yang penting berdiri secara sah dan tercatat sebagai organisasi resmi dan diakui oleh pemerintah yang sah. Walapun karena tujuannya tidak murni ingin mengembangkan sesuatu di dalam organisasi etrsebut, maka dia tidak mau bekerja kesar untuk melkukan sesuatu yang akan mampu mengangkat ruh organisasi etsrebut.

Jadilah organisasi tersebut hanya sebagai nama belaka, namun tyidak sedikot yang kemudian mau mengurusi organia=sasi etrsebut karena memang ada keinginan kuat untuk membesarkannya dan pada saatnya nanti akan dapat dijadikan sebagai modal untyuk meraih keinginannya yang lebih besar. Biasanya organisasi yang skalanya nasional karena anggotanya  berasal dari sleuruh daerah, akan jauh lebih  mungkin untuk dikembangkan ketimbang yang sifatnya lokal. Kita mengenal organisasi persuadaraan haji indonesia, yang meskipun kenaggotaannya sterbatas hanay mereka yang sudah berhaji saja, namun  kalau diingat  di Indonesia orang yang sudah haji sungguh liar biasa, bahkan yang masih antri untuk mendapatkan tempat diberangkatpun masih sangat banyk, maka organisasi ini potensial untuk dikembanhkan.

Hanya saja kalau IPHI ini akan sangat sulit untuk dijadikan sebagai kendraana oleh para pengurusnya, karena  memnag wataknya yang berbeda. Akan tetapi manusia biasanya tidak kurang akal, dan  sangat mungkin ke depan kalau ini tidak dijaga dan dikomandoi oleh mereka yang mempunyai komitmen tinggi dalam menjalankan rda organisasi,  IPHI ini juga dapat dimanfaatkan oleh oknum yang memang menginginkannya. Namuns ekali lagi kita snagat ebrharap bahwa organisasi ini akana selamat dan tetap berkomitmen untuk memberikan  pencerahan kepada anggotanya akan menjadi lebih baik dan hajinya dapat mabrur sungguhan. Kita harus terus memohon kepada Allah swt agar IPHI ini diselamatkan untuk tyidak terseret kepada kepentingan polityik tertentu.

Biarlah banyak organisasi yang  akhirnya bertujuan untuk meraih kekuatan yang dihubungkan dnegan persoalan politik, namun beberapa ormas yang sejak lahirnya memang  dimaksudkan untuk membina dana mendidik umat, akan teruis konsisten dnegan tujuan tersebut dan tidak tertarik untuk memasuki dunia lain. Walaupun dahulu pernah terseret ke dunia politik namun sudhankembali kepafda asalnya. Kita berharap ormas besar seperti nahdlatul ualam, Muhammadiyah, al Washliyah, dan lainnya tidak akana terjerumus memasuki lubang dunia polityik, karena pasti akan lupa mengurusi umat yang menjadi tujuan utamanya.

Kita berharap  bahwa  meskipun sudah banyak organisasi yang beralih atau setidaknya berafiliasi kepada partai politik, amun ada banyak ormas yang tetap solid untuk menggarap dan mengurusi  serta emndidik umat. Dengan begitu kita masih dapat ebrharap umat tidak ditinggalkan dalam kebingungan karena tidak ada lagi yang mengurusi. Mungkin  salah satunya yang diharapkan akan tetap konsisten untuk membina umat ialah IPHI yang khusus bertugas untuk mengarahkan umat agar tetap berkomitmen menjalankan kebajikan sesuai dnegan  syariat Islam yang sudah dikuasainya.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.