WAKTU

Mungkin salah satu diantara hal terpenting dalam hidup kita ialah  mengetahui waktu, sebab tanpa mengetahui waktu kita tidak dapat berbuat apa apa, apalagi kalau dikaitkan dnegan kewjiban kota untuk menjalankan shalat lima waktu, menjalankan puasa dan lainnya, bahkan dalam utusan pekerjaan juga sangat erat kaitannya dnegan waktu. Mungkin suatu saat ada pihak yang mengatakan tidak memerlukan waktu karena mungkin dia sedang tidak berhadapan dan terkait dnegan kepentingan waktu, namun kita yakin ahhwha pada saat lainnya, pasti dia akan memerlukan waktu. Sebagai salah satu contohnya ialah jika sseorang sedang terbuaia oleh kondisi keesenangan semisal di  tempat maksiat atau di tempat karaoke dan swdang bersenang seang, maka seolah dia malah harus menjauh dari waktu supaya tidak teringat dengan  banyak hal yang seharusnya dikerjakannya.

Memang manusia ituterkadang aneh, pada saat seharusnya memerlukan pengingat waktu, malah dnegan sengaja menjauhinya  biar tidak diingatkan oleh waktu, sementara  pada saat lainnya malah sebalinya. Padahal sesungguhnya setiap saat manusia itu seharusnya ingat dnegan waktu dalam kondisi apapun karena itu sebagai pengingat yang akan memberi tahukan kepada kita tentang hal hal yang seharusnya kita lakukan. Pada saat kota sedang tidur pun sesungguhnyankita memerlukan watu untuk mengukur sejauh mana kualitas  tidur kita dari sisi  panjangnya waktu, sehingga tidak akan dapat mempergunakan waktu tersbeut dnegan baik sesuai dnegan kebutuhan manfaat bagi kita, apalagi pada saat kita sedang menjalani aktifitas kerja misalnya maka waktu itu mutlak untuk dapat kita ketahui.

Pada saat kita duiundanag untuk menghadiri acara apapun, apakah ituresmi maupun tidak resmi kita juga memerlukan waktu untuk mengatahuinya, sebab jika kita buta waktu maka  yang akan terjadi ialah kekacauan, karena kota mungkin tidak akan bertemu dnegan orang yang mengundang kita atau bahkan mungkin malah kta akan mendapatkan kemarahan dati pihak pengundang atau lainnya. Jika kiota bekerja di sebuah kantor, kita pun memerlukan pengetahuan tentang waktu, khussnya mengenai kapan kota harus masiuk dan memulai kerja dan kapan pula kita boleh beristirahat serta kapan kiota mengakhiri kerja dan lainnya. Namun dmeikian kita tidka boleh mendewakan waktu sehingga akan menjadikannya sebagai sesuatu yangh tidak dapat digantikan, bahkan kemudian menganggapnya smeuanya itu adalah uang.

Orang barat selalu mengaitkan waktu dnegan uang, karena bagi mereka kesempatan dan waktu itu harus digunakan untuk bekerja dan menghasilkan uang. Jdi kalu tidak bekrja dan tidak memanfaatkan waktu untuk bekerja, maka koita akan kehilangan uang.  Konon orang Arab yang dahulu gemar berperang, malah mengartikan waktu itu bagaikan pedang karena kalau kiota tidak memanfaatkannya justru waktu itu akan memotong dan mematikan kita sendiri. Kita memang menganggap penting eaktu dana menjadikannya sebagai pedoman dalam menjalankan apapun yangbernmnfaata bagi kita. Untuk beribadah kita juga butuh waktu, untuk menjalankan pekrjaan kita juga btuh waktu bahkan unguk makan kita juga membutuhkannya dan juga untuk beristirahat dan tidur. Karena itu waktu memang menjadi  hal yang vital bagi kita meskipun kita tidak harus menjadikannya sebagai tuhan baru.

Kita tidak dapat membayangkan kalau kita kehilangan dan sama sekali tidak mengetahui waktu, semacam sedang berada di sebuah tempat yang tidak ada pen=yunjuk waktu, baik siang maupun malam. Pati kita akan kesulitan luar biasa karena  untuk melakukan segala sesuatu kita sudha terbiasa dnegan melihat waktu dan menjadikannya sebagai ukuran dan batasan. Bhakan untuk menjalankan ibadahj shalat saja kita harus tahu waktu, setidaknya masuknya waktu menjalankan shalat, semacam waktu dhuhur, asar, maghrib, isya’ daan subuh.  Lalu bagaimana kalau kita tidka mengetahui waktu tersebut. Demkian juga untuk emnjalankan puasa wajib kita juga memerlukan pengetahuan mengenai waktu, semacam untuk memulai puasa dan mengakhirinya, dan tentu masih banyak hal lagi yang kita tidak mampu menjalaninya ketika kta tidak mengetahui waktu.

Pendeknya manusia itu mungkin tidak akan mampu bertahan hidup kalau tidak  mengetahui waktu, karena semua hal yang dijalani oleh manusia pasti memerlukan pengetahuan tentang waktu. Untuk itu kita harus menghargai waktu yang ada, setidaknya  dimanfaatkan untuk kepentingan kebaikan dan  menghindari keburukan. Kalau kita dalam kondisi normal, meskipun kita tidak membawa jam sebagai penunjuk waktu, kita masih akan mengatahui kondisi waktu dnegan melihat kondisi alam apakah siang ataupun malam, atau mungkin kalau siang apakah itu masih pagi ataukah sudah sore dan lainnya. Ketika kita mengadakan perjanjian untuk bertemu demi kepentinagn bisnis misalnya kita juga memerlukan waktu untuk menentukan kapan prtemuan tersebut dilaksanakan. Lalu bagaimana kta akan menentukan waktu pertemuana kalau kota tidak mengetahui waktu?

Kaitannya dnegan kehidupan kita di dunia ini  dan  kehidupan di akhifrat nani, kita juga memerlukan waktu sebab kalau kita tidak memanfaatkan waktu saat masih diberikan kesempatan di dunia, maka kita akan menjadi snagat rugi ketika nanti kita sudah berada di alam akhirat. Aalam dunia ini merupakan tempat kita untuk berinvestasi  pahala untyik kehidupan akhirat, dan kalau kita membiarkannya berlalu begitu saja, sudah pssti kita akan tidak mendapatkan apapun dan naninya kta akan menjadi pihak yang paling menderita. Unyuk itu banyakpihak yang sudah mengingatkan kepada kita agar kita mampu memanfaatkan waktu yang ada untuk kepentingan koita sendiri, baik saat kita masih di dunia ini, yakni dnegan menjalankan usaha  yang mampu menghasilkan nilai ekonomi dan sekaligus menjalankan ibadah untuk kepentingan koita di akhirat nanti.

Semoga kita menjadi pihak yang tidak mengecewakan kepada siapapun dan justru kiy=ta akan menjai pihak yang mampu memberikan manfaat bagi siapapun, sehingga hidup kita ini meang memberikan manfaat kepada banyak orang, tidak memandang apakha orang tersebut memperlaukan kita dnegan baim  atua sebaliknya memushi kita.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.