WASPADA TERHADAP MODUS PENIPUAN

Sesungguhnya kalau kita  cermat dalam setiapmelangkahkan kaki atau membuat keputusan, maka  setidaknya kita akan terhindar daari kemungkinan ditipu oleh phak pihak tertentu. Para penjahat biasanya juga akan terus  melakukan perubahan terhadap modusnya dan mencari cara yang lebih canggih untuk mengelabuhi calon mangasanya. Namun jika kita cermat dan penuh perhitungan dalam mengambil sebuah tindakan, insya allah akan dapat terhindar dari tipu daya mereka. Cara cara lama yang saat ini sudah mulaia dikenal oleh masyarakat luas tentu akan ditinggalkan oleh para pnjahat tersebut, seperti menelpon seolah ada keluarganya yang sedang kecelakaan dan saat itu berada di rumah sakit serta harus segera ditangani. Lalu ujungnya meminta ditransfer uang untuk biaya penanganan korban dan sejenisnya.

Lalu melalui  sebuah kegiatan semacam seminar atau pelatihan tertentu yang dikatakan seluruh pembiayaan, termasuk transportasi akan ditanggng oleh panitia dan diminta untuk ke ATM untuk keperluan transfer, namun nyatanya kemudian malahan uang di ATM yang bersangkutan yang dikuras, atau dnegan  cara seolah dari kawan lama yang membutuhkan uang segera mungkin karena salah satu keluarganya sedang  sekarat di rumah sakit dan membutuhkan biaya yang tidkaa sedikt, lalu meminta pinjam uang ditransfer ke rekening saudaranya dan lainnya. Namun sekali lagi cara cara tersebut saat ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat sehingga biasnaya mereka akan meninggalkannya dan mencarai cara baru yang lebih meyakinkan calon mangsanya.

Ada yang menggunakan cara  megik dengan mempengaruhi kornbannya serta  dalam beberapa saat korfbannya tidak mampu berbuat apap apa lalu smeua dijarah. Cara uni sesungguhnya juga sudah diketahui oleh sebagian masyarakat, meskipun belum banyak yang mengetahuinya. Ada pula cara dnegan mendatangi rumah yang ditinggal pergi kerja oleh orangnya, lalu penjahat tersbeut mengakui diminta oleh oarng yang punya rumah untuk membetulkan elektronik, semacam AC atau kulkas dan lainnya, lalu dipersilahkan oleh  asisten rumah tangga dan kemudian dalam kondisi  lengah penjahat tersbeut menguras semua  barang berharga  yang ada di rumah tersebut. Bahkan saat ini sudah ada  penjahat yang terlalu berani dnegan masuk dalam rumah meskipun ada orangnya, namun  penjahat tersebut mengaku sebagai  adik dari tuan rumah dan dia langsung masukm kamar serta vber[ura pura tidur, lalu  dalam saat yang tepat dia menguras barang berharga di rumah tersebut.

Karena oitu sebaiknya jika  keluarga  bekerja, harus ada pesan khusus kepada para asisten rumah tangga untuk was[ada dan tidak emmpercayuai siapapun yang datang yang sama sekali belum dikenalnya, dan sebaiknya langsung memberitahukan hal tersbeut kepada  yang puntya rumah melalui  telpon  atau lannya. Lalu jika  kemudian diketahui memang yang datang tersebut adalah familinya yang sudah emmberi tahukan terlebih dahulu kepada pemilik rumah, barulah diijinkan untuk masuk, meskipun tetap harus diwaspadai. Saat ini dan yang akan datang sangat mungkin modus untuk melakukan kejahatan akan semakin canggih dan  tidak diketahui keburukannya sebelum mereka beraksi mengambil harta, karena itu sekali lagi siapapun kita, haruslah  semakin waspada dan  mungkin sedikit curiga terhadap orang orang yang tampak mencurigakan.

Memamg mencurigai atau berburuk sangka itu dilarang oleh agama kita, namun jika ada indikasi tertentu, yang meyakinkan kita bahwa ada kemungkinan  orang yang kita curigai tersbeut berniat jahat, maka tentu tidak dilarang. Atau dnegan bahasa yang lebih halus biasanya kita akan menyebutnya dnegan istilah waspada terhadap segala kemungkinan kepada siapapun. Sudah barang tentu disamping kita menjaga  harta kita dnegan kewaspadaan yang penuh, kita juga tentunharus bertawakkal kepada Allah dengan memasrahkan seluruh harta kita kepada Nya, sekaligus juga berusaha untuk mengamankannya. Bahkan kalau kita kemudian juga  memperkuat dengan memperbanyak sedkah kepada pihak lain, maka  Allah pasti juga akan  ikut menjaga harta kita dari kemungkinan dijarah atau ditilep oleh orang lain.

Salah satu kewaspadaan terhadap harta kita ialah dnegan  mengunci seluruh pintu dan jendela bila malam hari kita tidur, atau  dengan membiasakan mebgunci  kenadaraan di manapun kita, termasuk ketika di rumah, kafena saat ini para pencuri terkadang juga nekat mencuri kenaraan di dalam rumah atau halaman jika tampak  tidak terjaga. Bahkan kita sudha ering mendengar ada sepeda motor yang dicuri di halaman rumah saat ditinggal masuk rumah atau hilang di tempat pasrkir umum yang tidak terjaga dan lainnya. Seolah dunia ini sudah tidak aman dna nyaman untuk barang milik kita. Untuk itu diantara masyarakat juga harus saling  mewaspadai kemungkinan kemungkinan  adanya oencuri tersebut di sekitar kita. Artinya kita harus lebih waspada terhadap kemungkinan yang tidak kita inginkan, baik milik kita maupun milik orang lain.

Bahkan di kantor kantor pun saat ini mulai  tidak aman karena biasnya  ada pihka yang mudah untuk keluar masuk  dalam kantor yang sama sekali tidak kita curigai, padahal terkadang itu adalah orang luar yang sengaja memanfaatkan kondisi tersebut. Sangat mungkin kemudian ke depan akan dimanfaatkan juga  kesempatan pada saat  sedang shalat jumat, maka dari itu smeua kantor yang kebetulan tidak ada yang berada di dalamnya seperrti karyawan perempuan yang tidak jumatan, sebaiknya  smeua pintu dikunci untuk keamanan, karena biasnaya di kantyor itu banuak barang berharga semacam lap top, HP dan barang elsktronik lainnya yang dnegan mudah untuk diambil.

Tentu ini semua sebagai upaya untuk waspada terhadap segala kemungkinan yang akan merugikan kita. Intinya kita saat ini memang harus  super waspada baik terhadap kemungkinan penipuan maupunpencurian terhadap harta koita. Jika ada siapapn yang muaranya ialah meminta uang baik untuk  keperluan pengobatan keluarga atau untuk sekdsr meminjam, sebaiknya berhati hati dan meyakini banar bahwa apa yang diminta tersbeut benar benar tidak ada upaya penipuan dan  memang ebnar benar  nyta dan kita mengetahuinya dengan sadar, semoga kita tidak akan tertipu oleh  modus yang selalu dikembangkan oleh para penjahat, amin,

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.