KUNJUNGAN ILMIAH KE UNIVERSITAS LAIN

Barangkali memang diperlukan  kunjungan demi kunjungan ke univesitas lain di luar negeri oleh akademisi dengan harapan ilmu yanag  ada para akadmeisi tersebut dapat ditularkan kepada mahasiswa lain di  luar negeri, sekaligus juga  akan didapatkan pengalaman yang berguna untuk menyempurnakan kualitas pembelajaran di univesitas sendiri. Kunjungan tersebut sekaligus juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berdiskusi banyak hal menyangkit persoalan akademik, kurikulum dan juga tantangan masa depan. Tidak kalah penting juga dalam diskusi bersama dnegan para dosen akan dapat diperoleh gambaran dan perencanaan penelitian kolaboratif bersama untuk menghasilkan penelitian yang lebih berbobot dan  nantinya dapat ditulis ulang dalam jurnal yang bereputasi.

Pada saat memberikan kuliah kepada mahasiswa yang berbeda kemungkinan juga akan didapatkan sbeuah pengalaman yang snagat baik untuk ditransformasikan  pada mahasiswa kota terutama dalam hal kreatifitas dan keaktifan mereka dalam perkuliahan. Dengan berbagai pengalaman tersebut  sekaligus juga akan memau diir untuk lebih banyak membaca banyak hal sehingga wawasan kta akan semakin luas, tidak saja dalam bidang yang selama ini kita tekuni, melainkan  juga mengetahui banyak hal di luar bidang kita. Apalagi bidang tersebut sedang digemari oleh masyarakat dan dibtuhkan oleh mereka. Karena itu kunjungan ilmiah tersbeut memang dibutuhkan dan harus direncanakan denagn matang dan persiapan yang mumpuni.

Jalinan kerjasama yang terkait dengan riset juga sangat penting, disamping untuk memajukan institusi juga sekaligus akan mampu memacu diri ungtuk lebih serius dalam penelotian. Obyek penelotian juga menjadi banyak dan bervariasi setelah kita menyaksikan secara langsung beberapa hal  yang sebelumnya tidak kita perhatikan sama sekali. Bukan saja hanya  hasil riset yang akan semakin  berkualotas, akan tetapi juga hasilnya tersbeut akan dapat kita tulis dan ramu kembali untuk dimasukkan dalam jurnal yang bereputasi, sehingga akan memberikan keuntungan ganda bagi kita. Sebagaimana kta tahu bahwa  hasil riset yang kita lakukan biasanya  hanya berhenti di rak buku dan tidak dipublikasikan secara luas. Nah, kini saatnya kita membuka mata untuk mau dan mampu  memberikan pengetahuan yang kita miliki dan hasilkan kepada pijak lain yang lebih luas.

Kunjungan ilmiah tersbeut juga akana memberikan wawsan kepada kita jika kita rajin  mengunjungi perpustakaan  di univesitas tersebut, karena pasti ada yang berbeda dnegan perpustakaan di tempay=t atau universitas kita. Nah, dengan mengetahui hal hal yang ada di lapangan khususnya di perpustakaan tersbeut, kita juga dapat memberikan masukan kepada universitas kta tentang kemungkinan untuk meningkatkan kualitas perpustakaan kita, utamanya dalam hal penampilan dan penyediaan bacaanm ilmiah kepad pemngunjung. Kita memang tahu bahwa saat ini bukan lagi saatnya berbicara mengenai buku yang berwujud fisik, namun buku tetaplah penting disamping jurnal yang  dapat diakses melalui internet, karena saat ini juga sudah banyak e journal yang sudah dipublis dan gratis untuk mendapatkannya.

Berdiskusi dan bertukar pikiran diantara para akademisi tentu semakin mengasyikkan jika  kita fokus kepada pengembangan keilmuan dan juga mungkin  subyek menarik yang perlu diketahui oleh banyak orang, terutama mahasiswa. Sebab perkembangan ilmu itu sangat cepat sedangkan kul]rikulum yang kita tetapkan terkadang belum menjangkau perkembangan tersbeut sehingga diperlukan jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut dan sekaligus pelaksnaannya.  Pendeknya dalam diskusi bersama dnegan akademisi tersebut kita juga dapat mengambil pengalaman bahwa  kta memang tidak boleh berhenti sampai di sini melainkan harus terus bergerak dna menghasilkan karya  yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. Mungkin disamping hasil karya kita  yang kitabterbitkan baik menjadi buku atau dalam jurnal, sekaligus juga dapat dibuat web khusus yang akan memuat karya karya tersebut sehingga akan dapat dibaca oleh masyarakat secara umum.

Saling tukar pengalaman dan sekaligus juga karya yang sudaha dihasilkan jugaa sangat penting dan sekaligus juga murah, karena dengan saling tukar hasil karya tersbeut kita akan dapat mengetahui tulisan dan hasil karya mereka dan mereka juga dapata mengetahui hasil karya kita. Dengan dmeikian pertukaran ilmu akan semakin cepat dan kita juga dapat mengevaluasi diri kita sejauh mana kekurangan kita dan apa yang  dapat kita lakukan untuk menambal kekurangan tersebut. Kecenderungan masing masing orang itu juga beragam sehingga dnegan mengetahuai kev=cenderi=ungan mereka tersbeut kita akan dapat melihat dnegan nyata  apa yang sebaiknya kita lakukaan terkait dnegan keilmuan kita  dan itu juga nantinya akan memberikan manfaat bagi institusi kita.

Kita juga akan mampu mengamati secara langsung bagaimana kegghiatan  belajar mengajar di perguruan tinggi  tersebut, yang mungkin berbeda dnegan  di universitas kita, juga kebiasaan para dosen dalaam memberikan kuliah serta  kebiasan para mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Barangkalai juga ada hal penting lainnyaa yang perlu kita perhatikan, karena kita  berada di kampus Islam, maka waktu shalat tengah hari yakni shalat dhuhur juga perlu kita lihat. Maksudnya apakah  kita menataati waktu shalat juga untuk mahasiswa ataukah tidak. Sebab kita mempunhyai kewajiban juga untuk menjadikan budaya shalat tersebut di dalam kampus kita. Bagaimanapun kta harus mengingat kepada basik kampus kita yang islam dan mewarisi walisongo yang sangat dikenal oleh  masyarakat.

Tentu masih banyak lagi manfaat kunjungan ilmiah yang dapat diperik untuk memajukan kampus kita, ungtuk itu sangat didukung perencaaan dan program kunjungan tersebut bagi para akademisi, walaupun harus bertahap. Artinya  kunjungan yang dilakukan itu tidka bareng melainkan bergangtian sesuai dnegan anggaran yang tersedia. Kunjungan ini sangat berbeda dngena program kementerian pusat yakni sbatical leave yang dimaksudkan justru memberikan pengalaman kepada universitas yang kita kunjungi dan  smaa sekali tyidak ada tujuana kita ingin mendapatkan pengalaman yang dapat ditransfer ke perguruan tinggi kita. Semoga  ke depan kita akan semakin yakin bahwa dengan terus melakukan kunjungan ilmiah ke beberapa kampus yang lebih majaau, kita juga akan semakin terpacu untuk meningkat, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.