SELAMAT UNTUK SAHABAT MUSAHADI

Mungkin  saat ini merupakan haru bersejarah dan membanggakan bagi sahabat kita musahadi, karena hari ini  dia dikukuhkan sebagai guru besar Uin Walisongo. Sebuah  pencapaian yang luar biasa dan membanggakan karena jabatan guru besar atau profesor adalah jabtaan prestisius dan membanggakan  terutama bagi para akademisi yang berada di kampus. Tentu banyak harapan  kepadanya bahwa setelah dikukuhkan tersebut nantinya akan semakin produktif dalam menghasilkan karya ilmiah yang akan memenuhi jagat perguruan tinggi dan sekaligus mencerahkan kepada umat. Kita smeua percaya kapasitas nya  snagat mumpuni dalam menjalankan  dan memerankan diri sebagai profesor, hanya saja kalau tidak kita tagih, kemungkinan bisa lupa dan tidak menghasilkan karya.

Untuk itu kita smeua harus saling  mengingatkan agar sebagai akademisi semua orang  mampu berkarya dalam bidang  yang digeluti dan bahkan mungkin mampu melintas ke batsa lainnya yang masih terkait. Profesor Musahadi masih muda  dan juga energik sehingga kalau kita berharap banyak kepadanya untuk  memberikan kontribusinya yang lebih terhadap institusi ini, pastinya akan dapat dijalankan dan kta juga yakin bahwa dukungan untuk itu pasti akan muncul dari banyuak pihak, sehingga akan lebih meringankan  bebannya menuju  pada keinginan banyak orang tersebut. Namun terkadang justru terlalu banyak harapan seperti itu malahan justru menjadi beban tersendiri baginya.

Namun kita berharap bahwa  banyaknya dukungan tersbeut justru semakin membuatnya terdorong untuk mewujudkannya dan tidak akan menjadi beban yang menghambatnya. Tahun ini setidaknya akan ada dua profesor yang dikukuhkan, salah satunya ialah prof Musahadi, karena itu kita ucapkan selamat kepadanya dnegan harapan ke depannya akan lebih  memberikan kontribusi nayat bagi pengembangan akademik di Uin Walisongo dan sekaligus juga akan banyak menghasilkan karya ilmiah. Oh ya  karena dia juga sekaligus  seorang yang pinter menyanyi, mungkin akan jauh lebih bagus jika ada karya  lagu yang dihasilkan sekaligus dinyanyikan sendiri meskipun itu bukan  bidangnya yang resmi, namun kalau mampu kenapa tidak.

Kebiasan selama ini jika pengukuhan seorang prfesor, terutama pada saat  yang bersangkutan sedang menyampaikan pidato pengukuhannya, para hadirin malah sama sekali idak konsebtrasi mendengarkan, bahkan saat ini malah lebih asyik melihat HP masing masing, dan dengan demkkian biasnaya juga hadirin tyidak mengerti apa yang disampaikan oleh profesor tersebut. Tentu kebiasaan tersebut kirang bagus karena kalau  pidatonya dicwrna, mungkin saja ada sesuatu yang dapat ditangkap dan kembangkan sehingga akan memberikan manfaat yang besar. Bahkan kalau pidatonya sedikit panjang, kebanyakan hadirin malah mengeluh seolah acara pidato tersebut bukan acara intinya.

Kita sangat berharap bahwa  dalam pengukuhan prof Musa hadi tersebut  akan muncul sesuatu yang barus dan  pada hadirin dapat menagkapnya sehingga ada kesan mendalam dalam acara resmi semacam itu. Hal tersbeut sekaligus juga diharapkan pula akan memacu kepada dosen lainnya yang belum mencapai  jabatan profesor untyuk segara mengurusnya dan menulis. Saat ini doktro di Uin Walisongo sungguh sudah sangat banyak, namun mereka belum tertarik untuk menggapai profesor, entah kenapa mereka belum tertarik untuk meraihnya apakah sayaratya yang dianggap terlalu berat, ataukahlainnya. Menurut saya  untuk mencapai profesor sesungguhnya tidak terlalu berat, bahkan masih berat meraih doktornya, karena itu jika sudah mantap, segralah mengurus, insyaallah akan dapat segera turun.

Jika dikaitkan dnegan  akreditasi universitas, maka pada tahun 2024 deimana kita harus reakreditasi maka jumlah profesor kita  harus bertambah banyak setidaknya sudah harus ada sekitar 40 an progesor, itu kalau kita ingin tetap mempertahjankan status  akreditasi kita yang mencapai A. Dalam bayangan siapapun sesungguhnya kita mampu mencapai jumlah profesor yang 40 orang tersebut karena jumlah doktro yang sudah begitu banyak dan kepangkatan mereka juga sudah memenuhi, sehingga jika mereka serius, apalagi sudah dibantu dnegan  dilakukannya  klinik jurnal internasional yang sudah berjalan beberapa kali, pastinya semuanya akan lebih mudah dan mungkin.

Kembali kepada  pengukuhan  sahabat kita prof Musahadi, kita tentu percaya bahwa   dalam waktu  tidak terlalu lama ke depannya prof Musah sudah akan banyak menghasilkan karya ilmiah dan kalau itu  menjadi kenyataan , tentu akan semakin membahagiakan kita smeua  warga kampus Uin Walisongo. Keyakina tersbeut muncul sehubungan kondisinya yang masih cukup muda dan energik  serta  banyak  pemikirannya yang orisinil serta lebih mementingkan kepentingan banyak orang. Dengan begitu ilmunya pasti akan banyak didedikasikanuntuk kepentingan banyak orang.  Kita tidak berharap setelah pengukuhan justru malah mandeg dan sama sekali tidak berkarya, karena ternian bobokkan oleh jabatan profesoranya.

Namun kita yakin prof Musa snagat menyadari bahwa profesor itu mengandung makna tanggung jawab dan   fungsi untuk meberikaan pencerahan kepada umat melalui ilmunya.  Kita semua para sahabat akan selalu memberikan dukungan positif kepada prof Musahadi  dan  sekaligus juga apresiasi apapun yang bakal dilakukannya dalam mengarungi kehidupan di masa mendatang. Karean itu tidak salah kalau saat ini, saat pengukuhan kali ini kita smeua selalu mengucapkan selamat dna selamat, semoga ke dpan akan lebih membrikan manfaat bagi  banyak orang dan  sekligus  mampu mewujudkan banyak harapan dari sahabat sahabat yang  sampai saat ini masih selalu mendoakan.

Selamat tersebut bukan Cuma untuk sahabat prof Musahadi semata, melainkan juga kepada keluarganya, isterinya, anak anaknya, saudara saudaranya dana orang orang terdekatnya, karena kita yakin  bahwa berkat  merkalah prof Musahadi mampu meraih profesornya dan  atas doa mereka pulalah dia akan selaluu tegar dalam menghadapi dunia, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.