MENCARI PERLINDUNGAN

Saat ini cukup banyak orang menem[uh perjalanan jauh hanya sekedar untuk mendapatkan perlindungan dari pihak yang dianggap akan mampu memberikannya. Biasanya pencarian perlindungan tersebut terkait dnegan persoalan politik, seperti misalnya ada  orang yang kalah dalam perebutan kekuasaan di sebuha negara tertentu dan  pemenangnya justru selalu saja memburu pihak yang kalah dan karena itulah pihak yang kalah tersebut lalu pergi ke luar negaranya dan mencari perlindungan kepada negara lain. Ada juga pihak tertentu yang membongkar sebuah komplotan tertentu dan komplotan tersebut mempunyai cukup pengaruh di dalam kawasan tertentu dan lalu pihak yang membongkar klompotan tersbeut merasa terancam  dan kemudian mencari perlindungan kepada pihak tertentu, semacam kepolisian dan lainnya.

Tentu masih banyak lagi pihak pihak yang mencari perlindungan karena merasa dirinya terancam oleh pihak ttertentu, semacam ada orang yang bersalah karena melanggar atuarn lalu lintas dan menabrak seseorang hingga meninggal, lalu dia sendiri tentu akan merasa  terancam dan kemudian mencari perlindungan. Mungkin juga  dapat terjadi dalam persoalan  lainnya semacam konsumen yang merasa harus mencari perlindungan karena kerugian yang diderita dan lainnya.  Namun smeua itu  bermula dari keinginan pihak tertentu untuk mendapatkan kenyamanan hidup karena  merasa terancam oleh pihak tertentu. Rupanya memang  banyak orang yang  lupa bahwa yang mampu memberikan perlindungan pari purna ialah hanya Allah swt karena  Dialah yang maha Kuasa atas segala sesuatunya. Namun memang perlindungan dari Allah swt tersebut tidak sebagaimana perlindungan manusia  atau pihak tertengtu yang tampak langsung oleh mata manusia.

Sebagai seorang yang beriman tentu kita harus yakin bahwa perlindungan Allah swt tersebut mestinya  secara terus menerus dimohonkan sehingga  diri kita akan merasa aman dan terlindungi oleh Dazat yang Maha segalanya. Kita memang tidak salah jika mendapatkan ancaman fisik di dunia ini ke,udian kita meminta perlindungan kepada pihak berwajiba semacam kepolisian, karena tugas mereka memng melindungi masyarakat, namun secara  bersamaan kita juga harus memohon perlindungan juga kepada Allah swt agar kita  menjadi nyaman dan tenteeram hati dna pikiran kita.  Ada bentuk pelindungan lainnya yang memag tidka kasat mata, dan kita yakin bahwa  ada pihak tertentu yang selalu akan mengganggu kita, yakni makhluk Allah swt yang bernama setan agtau iblis. Karena itu kita akan selalu meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari godaan dan ancaman setan tersebut.

Secara tidak terasa terkadang kita juga sering memberikan perlindungan kepada keluarga kita, terutama isteri dan anak anak kita saat berada di luar rumah misalnya. Saat kita sedang berjalan di jalanan, lalu kita terkadang secara reflek menarik badan atau tangan anak kita agar terhindar dari kendaraan yang sedang melaju, dan indakan kita tersbeut adalah bentuk pemberian perlindungan kepada anak agar selamat dari bahaya yang  berpotensi mengancamnya.  Sebaliknya terkadang juga anak anak kita encari perlindungan kepada kita pada saat mereka sednag dikejar pihak lain yanag ingin menyakitinya atau sekedar untuk mendapatkan  perlindungan karena merasa tidak nyaman atas perlakuan pihak lain kepadanya dan lainnya.

Suatu ketika mungkin juga  ada seoarng pencuri yang  ketahuan lalu lari dan masyarakat mencarinya untuk ditangkap dan biasanya lalu digebukin smapai mereka puas. Lalu jika kita memang  kasihan kepada pencuri tersebut dan kita ingin agar pencuri tersebut tidak disakiti, melainkan cukup diproses di jalur hukum saja, maka  kita dapat melindunginya  meskipun dnegan jalan yang tidak diketahui oleh masyarakat. Lalu pada saat sudah kondisinya aman, lalu kita bawa pencuri tersebut ke [olisi untyk mendapatkan keadilan, atau cukup kita mengontak pihak kepolisian untuk menjemput pencuri yang kita lingdungi tersebut. Tentu itu smeua harus dipikirkan tentang keamanan diri kita dan pencuri tersebut, sebab boleh jadi kalau tidak beruntung justru kita sendiri yang akan mendapatkan kerugian dan masyarakat malah menuduh balik kepada kita dan lainnya.

Atau kalau ada pihak tertentu melakukan pelanggaran terhadap sebuah aturan dan hanya kita yanag megtahinya, mungkin akan jauh lebih baik jika kita memaafkannya dana membiarkannya serta tidka memproses hukum kepadanya. Hanya saja mungkin akan jauh lebih baik jika kemudian emmberikan nasehat kepadanya untuk tidak mengulanginya lagi. Tentu sekali lagi itu jika memungkinkan. Artinya kesalahan dan pelanggaran tersebut tidak berakibat merembet kepada pihak lain, karena kalau kesalahan etrsebut dapat menyebabkan kerugian pihak lain, tentu  membiarkannya begitu saja  adalah sebuah kejahatan juga dan itu berarti kita tidak bertanggung jawab atas kemaslahatan yang ingin dicapai bersama.

Memberikan perlindungan memang baik  secara umum, namun harus dilihat siapa  dan dalam kasus apa kita emmberikan perlindungan tersbeut. Jika memberikan perlindungan untik sebuah kejahatn yang besar dan membahayakan banyakmpihak tentu itu sebuah kejahatan juga. Ksrens itu siapapun yang mengetahui persoalan dan kemudian  menyembunyiakn  dan tidak memberitahukan kepada pohak tertentu yang berkompeten, maka kita dapat masuk dalam kategori membantu pihak yang melakukan kejahatan. Namun jika pemberian perlindungan tersbeut hanya sekdaar untuk menyelamatkannya dari amuk masaa yang kemungkinan akan  menjadi lebih buruk akibatnya bagi  seseornag etrsbeut, maka tindakn kita tersebut dapat dimengerti asalkan kemudian kita  melakukan tindakan yang benar dan melaporkan kejahatan etrsebut kepada pihak berwajib.

Belum pasti tindakan emmberikan perlindungan tersbeut berakibat baik bagi kita, namun  jiak kita mau bertindak bijak dan tidak membantu sebuah kejahatan, tentu itu menjadi baik bagi banyakmorang. Orang jahat bagaimanapun itu manusia, karena itunjika dalam situasi tertengtu kita melihat ada peluang untuk menyelamatkannya dari kemungkinan yang lebih buruk, maka kita harus berusah menolongnya sebagai tindakan kemanusiaan semata. Sekali lagi tindakan terbaik bagi kita ialah bagaimana kita selalu  berusaha untuk melakukan yang terbaik sehingga kita akan secara otomatis terlindungi dari berbagai kejahatan yang miuncul atau yang ada.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.