SIFAT ALLAH AL-SALAM

Salah satu sifat Allah swt ialah al-salam, yang dapat berarti Yang maha sejahtera, tenang, menyelamatkan dan juga damai sesuai makna  asli dari salam itu sendiri. Sifat tersebut memberikan makna bahwa hanya Allahlah yang  Maha  sejahtera dan memberikan keselamatan serta kedamaian  kepada umat manusia. Dengan sifat itulah kemudian manusia  memohon keselamatan dan kesejahteraan serta kedamaian, kesentosaan dan kenyamanan kepada Allah swt, karena memang hanya Allah lah yang  mempunyai siafat etrsebut. Kalaupun ada sebagian manusia atau makhluk yang dapat membuat damai dan sejahtera kepada pihak lainnya, namun itu hanya terbatas semata dan jika ada sesuatu yang datang dan bertentangan dnegan kondisi yang diinginkannya,maka manusia tidak akan mampu mengelakkannya dan membendungnya.

Karena itu benar bahwa meminta keselamatan dan kesejahteraan itu hanyalah kepada Allah swt karena  Dialah yang mempunyai keselamatan dna kesejahteraan serta kedamaiaan etrsebut, sedangkan selain Nya hanyalah mendapatkannya dari Allah swt  sehingga apa yang dipunyai oleh selainnya hanyalah terbatas dan tidak langgeng.  Karena sifat al-salam milik Allah tersebutlah, maka sebagai makhluk Nya manusia kemudian berusaha untuk mendapatkan sebagian sifat tersebut ahgarkehidupannya menjadi nyamana dan  selamat. Manusia sebagai makhluk Nya lalu melakukan berbagai hal untuk mendapatkan sebagian sifat etrsebut melalui kegiatan yang memang dimaksudkan untuk mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan tersebut.

Banyak manusia melakukan  aktifitas dnegan penih hati hati dan  perkiraan serta persiapan matang, karena  dia ingin sekali apa yang dilakukannya akan berakibat kepada pencapaian sebagaimana dimaksudkan dan sekaligus juga  aman, serta selamat dalama prosesnya. Orang jugaa menjalani hidup dengan berupaya mendapatkan karunia Allah swt yang digelar di dunia ini  karena  ingin mendapatkan kesejahteraan hidup dan kenyamanan serta kedamaian. Manusia kemudian menyimpulkan bahwa kenyamanan hidup dan kedamaian serta keselamatan itulah yaang menjadi bagian terpenting darai tujuan hidup di dunia sehingga  mereka selalu mengharapkan mendapatkannya dari Dzat yang Maha  mutlak mempunyai keselamatan dan kesejahteraan serta kedamaian etrsebut.

Sudah cukup banyak petunjuk untuk menuju kepada kesejahteraan tersbeut, termasuk kesejahteraan badan, yajkni kesehatan yang prima. Apa yang sudah diberikan teladan oleh Rasulullah saw dalam jal mengkonsumsi makanan misalnay tengtu akan dapat membawa kita kepada kesejahteraan  kesehatan badan tersebut. Jadi siapapun yang mau mengikuti sunnah nabi dalam hal makanan tersbeut tentu akanmendapatkan hasilnya dnegan baik, semisal anjuran Nabi agar tidaka makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelu kenyang. Demikian juga  pernyataan nabi yang  menginfomasikan bahwa isi perit itu dibagi tiga yakni untuk mekanan, untuk minuman dan juga untuk nafas. Karena itu ktiganya memang harus diberikan tempatnya masing masing, sehingga jika ini dijalankan, maka tidak akan ada orang yang makan hingga kekenyangan atau minum terlalu banyak dan lainnya.

Demikian juga dengan  kelau ingin mendapatkan kesehatan dan keselamatan badan, juga sudah ada beberapa cara yang dapat dijalankan, yang salah satunya ialah dnegan  menjaga makanan  dan juga kondisi tubuh dengan selalu berolah raga. Tentu banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan semua itu dengan berbagai cara yang snagat banyak sekali. Kita smeua  meyakini bahwa hanya Allahlah yang Maha menyelamatkan dana  memberikan kedamaian serta rasa puas dalam diri manusia. Karena itu tidak ada pihak manapun yang dapat mengklaim bahwa dirinyalah yang akan memberikan keselamatan kepada pihak lain, karena sesungguhnya kalau dia punya alat untuk keselamatan, maka itu hanya sangat terbatas sekali dan tidak mampu menjamin keselamatan secara mutlak. Tentu berbda dnegan keselamatan milik Allah yang meman hakiki dan memberikan jaminan keselamatan kepada siapapun.

Untuk meraih kesejahteraan dan dan juga ketenangan jiwa, seseorang dapat melakukan banyak aktifitas yang mengarah ke sana, seperti  menjalankan ibadah dnegan khusyuk dan tulus semata mata karena Allah, lalu banyak berdzikir kepada Nya, banyak merasa bersyukur atas semua karunia yang telah dinikmatkan oleh Allah swt kepadanya dan lainnya. Pendeknya seluruh aktifitas yang dapat menenangkan hati dan pikiran ityulah seharusnya yang dijalankan tanpa  memperhatikan kegiatan lainnya yang jsutru akan semakin menambah pikiran dan ketidak tenangan. Tentu berdoa adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan karena hanya itulah yang akan membuat Allah nantinya  memberikan ketenangan, keselamatan, dan kesejahteraan dan kedamaian kepada kita.

Kalau dahulu ada banyak makhluk Tuhan, yakni manusia yang sangat sombong dan menyatakan dirinyalah yang dapat menentukan seseorang itu selamat atau tidak karena hanya kekuasaan yang terbatas saja, maka kita saat ini dapat menilainya bahwa  semua pengakuan dan kalim oleh makhluk manusia  hanyalah klaim kebohongan belakan, karena  mereka itu tidak mutlak memiliki kekuatan yang mampu menyelamatkan dirinya sendiri apalagi menyelatkan pihak lain. Pengalaman tersbeut tentu  dapat kita jadikan sebagai sebuah  perenungan bahwa  hanya Allah lah yang mempunyai  apapun secara mutlak dan hakiki adanya, bahkan tidak ada satu kekuatan  apapun yang mampu menumbangkannya karena memang  apa yang dimiliki oleh Allah itu hal adanya.

Sekali lagi sifat sifat Allah yang terhimpun dalam asmaul husna, yang salah satunya ialah sifat al-salam memang hanya milik Allah swt secara mitlak, walaupun ada makhluk Nya yang  mempunyai sedikit sifat al-salam tersebut, namun kebaradaannya sangat terbatas dan tidak menentukan, apalagai kalau dipastikan. Paling paling makhluk itu hanya dapat mendapatkan  sifat salam tersbeut jika dia memang memintanyakepada Allah swt melalui berbagai usaha yang dijalankannya, bukan tanoa upaya. Kewajibab manusia ialah hanya meminta kepada Allah untuk kesejahteraan dan keselamatan serta ketenangannya untuk mengarungi hidup di dunia sehingga apa yang  diinginakna yakni ketenangan jiwanya akan benar benar mendapatkan wujdunya atas pertolongan Allah swt.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.