KORPRI PERANMU

Korpri pernah menjadi sebuah fenomena tersendiri yakni pada saat orde baru dimana  semua PNS pasti akan mentaati apapunnyang diatur oleh korpr, meskipun dalam kenyataannya apa yang menjadi komitmen korpri tidak dijalankan, semisal jujur dalam bekerja dan juga memenuhi jam kerja dan lainnya. Pada saat itu umumnya para pegawai dan anggota korpri dnegan santainya memakai seragam korpri dan pada jam kerja sudah keluyuran di pasar dan lainnya, tetapi untuk urusan semacam upacara, maka mereka seolah menjadikannya sebagai barang wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Pada saat itu kalau kita  measuk ke dalam sebuah kantor sebuah instansi, maka kebanyakan kursi pada kosong, karena penghuninya sudah pada pergi setelah  menandatangai daftar hadir.

Padahal sejak dulu rumusan peran dan kewajiban korp[ri sangat jelas dan sangat menjanjikan sebuah kondisi yang snagat bagus dan kinerja yang optimal. Persoalannnya ialah terletak kepada komitmen anggota korpri untuk menjalankannya, meskipun tanpa pengawasan yang ketat. Baru kemudian setelah ada gerakan pengawasan yang lebih ketat, mereka  menjadi lebih baik, apalagi  setelah refirmasi dan diciptakannya berbagai sistem yang membuat dan memaksa mereka berada di dalam kantro r serta ,engerjakan kinerjanya hingga target yang ditentukan tercapai, maka mereka menjadi lebih bagu, terleps apakah hal tersebut disertai dnegan sikap keterpaksaan atau ketulusan, sebab yang terpenting ialah bagaimana mereka dapat bekerja dengan optimal, waktu dan hasil.

Memamg setelah orde reformasi bergulir sepetrinya smeua aturan menjadi diabaikan dan  kita menyaksikan betapa berbagai upacara yang sebelumnya rutin dijalankan, menjadi sepi dan sama sekali tidak dilaksanakan. Seragam korpri saja yang sebelumhya setiap senin dipakai, lalu menjadi hilang bahkan pada saat tanggal 17 setiap bulannya yang juga memakai seragam korpri menjadi sirna meskipun masih ada sebagian yanag tetap memakainya. Jadi sepeetinya orde reformasi justru malah mengurangi banyak hal yang sebeluamnya sudah rutin dijalankan, padahal kegiatan tersebut bagus.

Beruntunglah kemudian pelan tetapi p[asti akhirnya  banyak pimpinan instansi yang menyadari hal tersebut dan kemudian menghidupkan kembali kebiasaan upacara penting yang memang seharusnya dilaksanakan. Kita saat ini sudah dapat menyaksikan banyak upacara yang dijalankan oleh para anggota korpri di berbagai instansi saat ada peringatan hari nasional, terutama saat memperingatai hari korpri itu sendiri. Bahkan kegiatan yang menyertainya sebagaimana dahulu sudah  rutin dijalankan semacam kegiatan olah raga dan seni  untuk menyambut hari tersbeut juga sudah mulai dihidupkan kembali. Saat ini kinerja yang berbasis  kompetensi serta  berorientasi kepada capaian kinerja juga sudah diterapkan, sehingga pekerjaan merekaa asudah terarah dan target juga sudah ditetapkan sehingga hasilnya sudah lebih bagus.

Korpri adalah satu satunya wadah bagi para pegawai pemerintah untuk  memberikan  sumbangsihnya dan sekaligus untuk memberikan pembinaan agar tetap sesuai dnegan tujuan awal dan lainnya, ssehinggaa diharapkan dnegan wadah tersebut sleuruh anggota akan mampu mengembangkan dirinya dnegan baik dan  mendapatkan kesejahteraan sebagaimana diinginkan. Bagi para anggota barui, yakni mereka yang baru saja bergabung menjadi pegawai, sebaiknya  dapat mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh korpri untuk mendapatkan berbagai pengalaman dan tentu saja berbagai ilmu pengetahuan  untuk kelengkapan  perannya di korproi dan sekalius juga dalam rangka pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Wadah apapun sesungguhnya dimaksudkan  agar para anggotanya terjamin kesejahteraannya dan sekalaigus juga dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam upaya  unuk menuntaskan pekerjaan yang menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya. Jadi kalau korpri ingin dicintai oleh para anggotanya, harus terus melakukan berbagai kegiatan inovatif yang akan menjadikan para anggotanyan kerasan dan mencintainya serta sekaligus juga akan tetap menghidupkan organisasi. Saya yakin para pengurus korpri telah memikirkan hal tersebut, bahkan juga telaah merumuskan berbagai hal yang terkait dnegaan pengembangan anggota. Hanya saja meungkin karena kesibukan masing masing pengurus, sehingga belum mampu mneyentuh banyak anggota.

Jangan sampai ada kesan bahwa korpri itu hanya  wadah untuk mengumpulkan uang karena semua  anggota korpri ditarik iuran dan tidak jelas penggunaannya, serta para anggota juga belum tahu apa kegunaan organisasi tersebut serta manfaat yang didapatkan. Untuk itu sekali lagi sebaiknya para pengurus di smeua tingkatan selalu mensosialisasikan semua program dan hasil hasilnya  dan selalu membukan diri setiap ada pertanyaan yang terkait dnegan korpri. Korpri itu milik kita semua bukan milik segelintir orang, karena itu  harus dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan seluruh anggotanya, terutama yang terkait dnegan berbagai regulasi yang seharusnya diketahui oleh semua anggota dan peran mereka dalam berbangsa dan bernegara.

Sebagai pegawai negeri, kita memang harus loyal terhadap organisasi yang menaunginya, karena bagaimana pun kita masih membutuhkan kehaditan korpri untuk mengembangkan karir  dan pengambangan diri kita. Berbagai pelatihan dalam rangka pelaksaan tigas tentu harus diberikan kepada semua anggota, terutama yang baru, karena dnegan pelatihan etrsebut mereka akan mengatahui apa yang menjadi kewajiban dantanggung jawabnya  setelah bergabung dengan korpri tersebut. Kita smeua berkewajiban untuk memberikan pertolongan kepada sesama anggotra yang belum mengetahui berbagai persoalan sepitar pekerjaan pokok mereka.

Saat ini korpri tentunya sudah sangat berpengalaman dan dewasa, karena itu kita mempercayakan kesleuruhannya kepada para pengurus untuk merumuskan berbagai program dan sekaligus pelaksanaannya, karena yang terpemnting bahwa korpri tersbeut akan memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi para anggotanya, di manapun  mereka berada. Sementara itu bagi anggota senior yang sudaha banyak mengetahui tugas dan fgungsinya serta masih tetap ingin berperan di dalamnya, dipersilahkan untuk masuk dalam jajaran pengurus  dan menjalankan program dengan sungguh sungguh. Kita hanya berdoa semoga ke depan korpri akan mampu memberikana peran yang lebih baik dan memberikan manfaat yang lebih besar, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.