MEMPERINGATI MAULID NABI

Masyarakat di Indonesia khususnya, pada  saat memasuki bulan Rabiul awal aytau bulan maulid, pastinya sangat antusias  dengan peringatan maulid nabi Muhammad saw, karena itu setiap malam mulai tanggap 1 bulan maulid hingga tanggal 12 atau hingga akhir bulan, biasnaya selalu saja dibaca maulid barzanji atau diba’  atau yang lainnya. Semuanya itu dimaksudkan untuk memperingati hari lahir nabi Muhammad saw yang konon jatuh tepat pada tanggal 12 maulid. Semua bacaan tersebut dimaksudkan ialah untuk mengenang sejarah hidup beliau sehingga doharapkan pula  keteladanan yang beliau perlihatkan akan dapat ditiru oleh umatnya yang menyebar di seantero jagat.

Memang dalam diri beliau itu sarat dengan keteladanan, Allah swt sendiri telah menyatakan hal tersbeut, yakni bahwa dalam diri Rasul itu terdapat suri tauladan yang baik bagi siapapun yang mengharapkan hari akhir dana selalu berzikir kepada Allah swt. Dengan dmeikian memperingati maulid Nabi tersebut lebih banyak didasarkan  kepada rasa cinta kepada beliau karena telah membawa risalah yang sangat jelas dan menjanjikan akan  harapan masuk surga di akhirat nanti. Jadi bukan karena  memperingati maulid Nabi tersebut diajarkan secara lqngsung oleh baginda Nabi atau tidak, aau dengan pertimbangan pernah dilakukan oleh beliau atau tidak, sebab yang terpenting di sisni ialah mengekspresikan kecintaan kepada baginda Rasul saw.

Untuk itu bagi mereka ayang kemudian menganggap bid’ah memperingati maulid, dipersilahkan saja asalkan tidak mengganggu umat lain yang memperingatinya, karena persoalan tersbeut merupakan persoalan cinta atau perasaan yang tidak bisa dicampuri atau diintervensi oleh pihak lain. Sementara itu bagi yang mau mengekspresikan rasa cintanya kepada Nabi, dipersilahkan juga untuk mengungkapkannya sesuai dnegan  keinginan hati, asalkan tidak melnggar aturan dan mengganggu ketertiban umum.  Seharusnya dengan pemikiran demikian tyidak ada satu [ihak pun yang merasa dirugikan dan tersinggung, karena itu ungkapan perasaan cinta   kepada Nabi sehingga  seharusnya semua pihak menghormatinya, meskipun tidak mendukung.

Pada kenyataanya saat ini cukup banyak bentuk ekpressi  kecintaan tersebut, sebagiannya ada yang hanya cukup membaca sejarah hidup beliau, sebagian lainnya dengan melakukan kajian terhadap  persoalan umat yang sedanag  negtrend dan sebagiannya lagi melah mengadakan perayaan dnegan  mendatangkan artis unyuk menghibur masyarakat dan sekaligus juga ada yang mengadakan pengajian umum untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat secara luas. Selama ini kegiatan tersbeut juga tidak ada persoalan karena semua sudah maklum karena  semua kegiatan tersebut dimaksudkan hanya untuk menghormati junjungan nabi Beasr Muhammad saw sebagai Nabi yang akan mampu memberikan syafaat di akhirta nanti.

Bahkan saat ini negara juga hadit =r untuk memperingati  maulid tersebut dan kampus kampus juga sudah mulai tertarik untuk menyuarakan bacaan shalawat dalam rangka peringatan maulid tersebut juga. Secara umum membaca shalawt itu sangat bagus karena diperintahkan secara langsung oleh Allah swt, yakni informasi yang diberikan oleh Allah swt bahwa Allah swt dan para malaikat juga bershalawat kepada Nabi, maka  orang orang beriman juga diperintahkan untuk mengungkapkan shalawat kepada Nabi. Lalu apa yang jadi persoalan?. Peringata kelqhiran nabi Muhammad saw autu identik dnegan membacakan shalawat kepada beliau dan apa yang dibaca oleh umat pada malam malam bulam rabiul awal juga intinya shalawat dan sejarah hidup Nabi.

Namun bagi merka yang berkeberatan  dengan peringatan maulid tersebut ya dipersilahkan saja, karena yang terpenting ialah kita dapat hidup rukun bersama dalam kedamaian serta tidak saling menghina, menyerang ataupun melakukan hal hal bury=uka lainnya yang dapat merenggangkan hubungan diantara masyarakat.  Kita sesungguhnya sangat yakin bahwa mereka yang saat ini belum suka dnegan peringatan maulid tersebut, pada saatnya juga akan menyukainya, ketika mereka sudah menyadari betapa pentingnya peringatan tersbeut dan manfaatnya bagi masyarakat. Jika direnungkan dnegan seksama sesungguhnya tidak ada satu kerugian pun bagi semua pihak, bahkan yang ada ialah  kebrungtungan bagi banyak pihak.

Keteladanan Nabi dapat dilukiskan dalam bacaan barzanji maupun diba; dnegan begitu jelas dan semua orang diharapkan akan mampu menjalani sebegaimana Nabi telah menjalani kehidupan, baik dalam hubungannya dnegan keluarga maupun dengan umat secara umum. Bagaimana bergaul dengan sesama umat dan bagimana memperlakukan pihak lain agar tetap terjalin kebersaamaan dan tidk saling menyerang. Jika  keteladanan Nabi dapat diimplementasikan oleh masyarakat, maka itu sebuah keberuntungan bagi kita semua karena pasti umat akan berlaku baik, berakhlak baik dan bersikap dnegan baik pula.

Kalau kemudian dalam peringatan maulid tersbeut juga ada  makanan dan minuman sebagai pelengkapnya, maka itu bukan merupakan sebuah kewajiban, melainkan  ada  [ihak yang ingin meneladani Nabi dari sisi suka bersedekah. Lalu  apa yang salah dnegan bersedekah tersebut, dan mereka yang menerimanya juga merqsa senang dan tidak terhina. Untuk itu  sleuruh rangkaian peringatan maulid Nabi etrsbeut sesungguhnya sangat baik dan mendidik kepada umat tentang banyak hal.  Salah satunya ialah tentang akhlak Nabi yang begitu bagus, tentang bagaimana sebaiknya orang tu bersedwkah, tentang bagimana seharusnya bergaul dan berteman dnegan sesama dan lainnya.

Apa yang kita saksikan hari ini di negeri kita tercinta ini ialah bahwa peringatan maulid nabi itu sudah lumrah dan dijalankan oleh umat dnegan berbagai cara, namun intinya ialah bagaimana  kita mencihtai rasul Muhammad saw sebagai nabi yang akan membawa kita menujusebuah temoat yang menyangkan  dan kekal di akhirat. Kita tidak usah ragu lagi atau mendengarkan  teriakan pihak lain yang mempersoalkan perintahn maulid Nabi, karena  alasannya sudah snagat jelas, yani ungkapan cinta kita kepada nabi  dan cara bagaimana kita mampu meneladani akhlak beliau yang sangat baik dan menjanjikan sebuah kondisi yang snagat damai dan  menyenangkan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.