MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

Sepertinya sejak munculnya reformasi segala macam peringatan dan upacara bendera menjadi menyusut, alias tidak laagi menjadi penting. Sudah banyak peringatan yang biasanya dilakukan upacara bendera kemudian menghilang, seperti hari pendidikan nasional sendiri sudah tidak diperingati oleh kalangan  lembaga pendidikan, dan  alhamdulillah saat ini sudah seidkit mulai dilakukan oleh sebagian lembaga. Demikian juga hari kartini, hari sumpah pemuda dan lainnya. Namun saat ini  rupanya sudah ada kepedulian darai pemerintah untuk menghidupkan kembali upacara peringatan hari hari besar tersebut. Salah satunya ialah dalam rangka  memperingati hari Pahlawan 10 nopmeber nanti,  sudah ada  perintah untuk memperingati hari tersbeut dnegana upacara bendera.

Namun sejatinya yang terpenting bukan sekedar upoacaranya, melainkan justru bagaimana kita mamapu meneladani  sikap dan akhlak mereka, khususnya yanag terkait dnegan ketulusan mereka dalam berkoran  untuk bangsa dan negara mereka. Dahulu mereka yang termasuk para pahlawan, meskipun kemudian tidak tercatat sebagai pahlawan begitu tulus dalam memperjuangkan kemerdekaan  Indonesia, bahkan mereka sanggup untuk memberikan segalanya demi kemerdekaan tersebut, bahkan  banyak diantara mereka yang memberikan nyawanya untuk kemerdekaan. Harta benda dan seluruh jiwa raganya dipersembahkan ungtuk merebut kemerdekaan dari para penjajah, dan pada saat sudha meredka pun mereka rela untuk berperang untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih.

Rupanya ketulusan mereka tersebut snagat sulit untuk diteladani oleh bangsa ini, terutama oleh para pemimpinnnya, karena kebanyakan mereka justru malah lebih mementingkan kepentingannya sendiri ketimbang kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Sanga mudah untuk melihat itu semua. Namun kita masih mempunhyai sedikit harapan bahwa bangsa ini pastinya akan muncul orang orang yang relah berkorban untuk bangsanya dan lebih mementingkan kepentingan bersama ketimbang kepentingan pribadinya.  Ternyata masih ada cerita mengenai orang yang lebih memperhatikan kepentingan sesama yang lebih membutuhkan ketimbang kepentinagnnya sendiri yang menurutnya masih dapat ditunda.

Memperingati hari pahlawan kali ini, kita berharap akan muncul  kesadaran  dari banyak kalengan  untuk meneladani para pahlawan yang telah mendahului kita. Karena itu dalam peringatan tersbeut sebaiknya dibacakan  sejarah perjuangan para pahlawan dalam merenut dan juga mempertahankan kemerdekaan dan juga dalam membangun bangsa ini melaui berbagai aspek.  Salah satunya ialah pahlawan dalam bidang pendidikan yang terkadang kita lupakan, padahal mereka itulah yang telaha berjasa besar terhadap kecerdasan bangsa ini sehingga  anak anak bangsa ini mampu berkiprah dan  berkompetyisi dnegan anak anak lain di dunia.

Bagaimana  kalau sedandainya tidak ada orang yang peduli terhadap pendidikan pada saat itu. Sangat mungkin kita akan masih tertinggal jauh dnegan bangsa lain. Untuk itu sekali lagi kita memang harus berterima kasih dan sekaligus meneladani  kiprah dan sikap mereka dlaam mengupayakan pendidikan bagi anak anak bangsa. Bagi kita yang saat ini mampu menikmati pendidikan yang ada, kiranya kta harus terus menjadikan pendiiakn tersbeut sebagai hal yang  harus dimanfaatkan sebaik baiknya secara maksimal, dan bukan sebaliknya hanya bermals malasan saja, karena kalau itu terjadi, maa kita akan menanggung dosa untuk selamanya.

Demikian juga para pahlawan dalam bidang lainnya seperti dalam bidang kesehatan, lingkungan dan  lainnya yang semua itu saat ini sudah dapat kita nikmati hasilnya. Bagiamana jika mereka tidak melakukan sesuatu yang saat ini dapat kita saksikan? Mungkin saja kita masih dalam kondisi yang sangat memperihatinkan dan sama sekali tidak dianggap oleh bangsa lainnya. Karena itu sekali lagi kita tidak boleh melupakan semua itu dan bahkan harus menjaganya sedemikian rupa agar lebih memberikan manfaat yang lebih besar bagi kepentingan bangsa ke depan. Kita harus tidak rela jika smeua hal yang sudha diusahakan oleh para pahlawan tersebut kemudian hilang dan  berhganti dengan sesuatu yang sifatnya instan dan justru akan membawa kesengsaraan bangsa ini di masa depan.

Barangkali warisan sikap para pahlawan yang snagat perlu kita lestarikan dan terapkan dalam ekhidupan nyuata kita ialah sikap jujur yang saat ini sudah terasa mahal. Jika kita mampu mewarisi sikap jujur tersebut, maka kehidupan mendatang dan keinginan kita untuk menjadi bangsa yang maju, pastilah akan dapat kita wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jujura adalah sikap yang setiap orang pasti menghargainya dan  dengan sifat tersebut orang akan menjadi terhormat daan mendapatkan aprresiasi dari pihak lain. Namun bukan itu tujuan bersikap jujuir, melainkan justru akan melandasi seluruh sifat kita dalam menjalankan aktifitas  hidp di dunia ini.

Siakap lainnya yang harus kita warisi dari pahlawan ialah  tulus atau ikhlas dalam berbuat. Kita menyadari bahwa saat ini smeuanya sudah serba hitungan dan materi menjadi sesuatu yang dijadikan  sebagai  mahkotanya. Irang sudah tidak lagi mau berkorban unuk kepentingan pihak lain, smeuanya  harus berkiblat kepada kepentingan diri sendiri. Hal tersbeutlah yang kemudian menyebabkan kondisi masyarakat kita menjadi labil dan tidak ad ruh yang akan mampu menggerakkan sesuatu menjadi  ramai dilakukan banyak orang. Orang akan hitung hitngan ketika melakukan sesuatu, termasuk kerja bakti yang dahulu menjadi ciri khas bangsa ini, sepertinya saat ini sudah mulai luntur, apalagi mereka yang menjadi pejabat dan pemimpin negeri ini.

Tentunya masih banyak sifat para pahlawan yang gterpuji yang sehausnya kita teladani, namun dnegan  mengambil dua hal tersebut saja kiranya sudah cukup bagi kita untuk melangkahkan kaki menuju  negara yang maju dan beradab. Sebuah negara akan dihargai oleh negara lain jika negara tersebut mengembangkan sifkap suka membangu negara lain, suka menjadi penengah atas konflok yang terjadi dan tidak suka mengintervensi kepentingan negara lain. Artinya akhlak menjadi kendalanya. Jika akhlak sebuah bangsa baik, maka nagsa tersebut akan dihormtai oleh bangs alain, sebalinya jika akhlak sebuah bangsa sangat buruk, maka jangankan menghormati,  diam saja sudah teras bagus. Mudah mudahan  peringatana hari pahlawan kali ini akan mampu memberikan kesadaran bagi bangsa ini untuk berusaah membuat yang terbaik, semoga

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.