MENYERAHKAN ANAK UNTUK DIDIDIK

Ada berbagai alasan mengapa orang menyerahkan pendidikan anak anaknya kepada pihak lain, salah satunya ialah dnegan penyerahan tersebut akan meringankan bebannya karena  sangtat tidka mungkin untuk mendidik anaknya sendiri  apalagi fasilitas yang dipunyai juga tidak memadahi. Biasnya penyeraghan anak tersebut  dilakukan kepada lembaga pendidikan, seperti sekolah dan pondok pesantren. Dengan alasan di lembaga pendidikan tersbeut akan dapat bergaul dengan sesama   anak lain juga sekaligus akan dapat dididik akhlak yang baik untuk bekal kehidupannya kelak kemudian. Kita mempercayakan pendidikan tersbeut kepada pengurus atau lemaga pendidikan yang kita tuj dan  sama sekali tidak akan  mencampuri persoalan pendidikan mereka.

Persoalan evaluasi itu persoalan lain yang kita juga dapat melakukannya, baik secara langsung melalui  emlhat dan menyaksikan hasil laporan anak atau  dengan  melalui  para pendidik yang ada. Evaluiasi tersbeut dimaksudkan ialah untuk dapat melakukan beberapa hal penting terkait dnegan anak kita khusunya dan tentang lingkungan lembaga pendidikan pada umumnya. Untuk itu apa yang kita dapat lakukan ialah sebatas usulan dan bukan memaksakan kehendak kepada siapapun. Biasnaya seorang kiayi di pondok pesantrean justru akan menyarankan kepada orang tua yang menyerahkan anaknya ke pondok agar tidak usah  diingat ingat, cukulah didoakan saja, karena semakin diingat ingat maka anak biasanya tidak akan kerasan dan menjadi kolokan untjk selalau dijenguk dan lainnya.

Jangan smapai kita justru ikut mengintervensi pendidikan yang ada sehingga  jusru malah akan membuat hubungan yang tidak harmonis diantara kita dnegan lembaga pendidian yang ada. Mungkin ada kelhan anak kita yang kekurangan sesuatu, semacam waktu belajar menjadi kurang karena banyak kegiatan yang harus diikutinya, lalu mengeluh kepada orang gtuanya  dan celakanya orang tua tersebut malah mejelekkan lembaga pendidikan yang tidak mampu mengatur waktu belajar anak anak danlainnya. Kalu kita memng sudah mempercayakan pendidikan anak anak kepada sebuah lembaga pendidikan, maka  kita cukuplah hanya mendoakan saja, karena mereka itu memang perlu mendapatkan sesuatu yang membuat mereka akan disiplin dan itu sangat bagus untuk masa epan mereka.

Terkadang kita menjadi lupa diri bahwa  sesungguhnya dala proses pendidikan itu ada hal hal yang terkadang terasakan pahit oleh anak anak, namun itu smeua dimaksudkan unuk kebaikana mereka bukan untuk menyiksa.  Kita sangat sedih saat mendengar ada orang tua yang mempolisikan guru atau pendidik hanya karena memberikan sanksi hukuman kepada anak anaknya, rupanya diantara kita banyak yang lupa bahwa dalam pendidikan itu diperlukan sebuah proses yang terkadang juga diperlukan pemberian sanksi agar anak menjadi taat dan disiplin. Namun terkadang sebagai orang yua tidak bhijak dan hanya menurunti apa kemauan anak anak saja sehingga  kalau itu dibiarkan, anak akan menjadi manja dan tidak akan tertib, dan akibat selanjutnya dia akan menjadi anak durhaka dan nakal.

Tentu kita tidak menginginkan hal tersbeut.Tujuan utama kita menyerahkan pendidikan kepada pihak lain ialah agar anak kita menjadi baik dan mampu menjadi orang yang berguna kelak kemudian hari, namun sekali lagi jika kita mengintervensi prosen pendidikan tersebut, sangat mungkin anak anak kita tidak akan menjadi sosok sebagaimana yang kita inginkan. Kita harus yakin dan pasrah kepada Allah swt bahwa  anak anak kita digembleng dan dididik  dnegan bai  sehingga di masa depan mereka akan berguna bagi kita , bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

Namun sekali lagi kita memang harus mendapatkan informasi lebih awal tentang lembaga pendidikan yang anak kita mau kita serahkan. Jangan sampai lembaganya memang tidaka kredibel atau kurang bagus dalam mendidik anak anak. Jika kita sudah emmpercayai sebuah lembaga pendidiian akan mampu mendidik anak anak kita menjadi lebih baik, maka urusan kita hanyalah membiayai dan mendoakan  mereka agar kelak mereka menjadi anak yang salih dan berhasil  sebagaimana diharapkan sejak awal. Lain halnya jika lembaga tempat anak anak kita mencari ilmau ternyata belum terujia dan bahkan mungkin sangat meragukan, maka kita sebaiknya  segera melakukan evaluasi dan meberikan asukan kepada lembaga tersbeut agar segera mengubah sesuatu yang dianggap tidak bagus sehingga semua anak didik akan mendapatkan  kebaikan di lembaga tersbeut.

Memamg terkadang kita juga perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi anak anak kita tersebut, sebab boleh jadi  ada hal yang tidak atau kurang pas diterapkan pada anak anak kita, meskipun itu hanyalah kemungkinan saja. Namun yang jelas apapun yang kita lakukan haruslaj dnegan cara cara yang baik, sopan dana menghargai pihak lain sebagai penyelenggara pendidikan.  Kita juga yakin bahwa tidak ada  sesuatu yang sempurna di dunia ini kaena kesempurnaan tersebut hanyalah milik Allah swt.  Unyuk itu kita memang  harus melakukan segala sesuatu dengan baik dan tetap berbaik sangka kepada siapapun. Pihak lembaga pendidikan pasyi juga  sudah melakuan evaluasi setiap tahunnya untuk memperbauki hal hal yang dirasakan kurang atau tidak bagus dan tidak tepat.

Sekali lagi sebagai orang tua yang sudah mempercayakan pendidikan anak anak kepada salah satu lembaga pendidikan, maka kita harus menyarahkannya secara total dan berserah diri kepada Allah swt, sebaba kita sangat yakn=in dana berbaik sangka bahwa lembaga pendidikan etrsebut pasi akan mendidik anak anak kita dnegan baik, apalagi kalau itu berupa pondok pesantrean, maka apa yang kita lihat  sepnta smungkin krang baik, namun kita harus yakin itu merupakan sebuah proses menuju kebaikan dan membentuk akhlak yang mulia. Semoga kita akan mampu mengendalikan diri kita dan tidak terlalu mencampuru urusana pendidikan anak anak kita secara langsung, karena itu akan berakibat buruknya hubungan  diantara kita dnegan pihak lembaga pendidikan dan nantinya juga akan berakibat buruk pila kepada anak anak kita.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.