SEDIKIT BERBOHONG UNTUK MENYENANGKAN ORANG TUA

Berbohong itu perbuatan yang buruk meskipun dnegan tujuan baik, semacam menyembunyikan   pencuri untuk menyelamatkannya dari amukan masa, atau  berbohong hanya untuk menyenagkan hati orang tua yang terlalu banyak berharap terhadap dirinya dan lain lain. Memang di dunia ini banyak alasan yang dapat dijadikan sebagai pembenar atas pwerbuatan kita yang menyimpang, namun jika kita konsisten untuk jujur, pasti itu akan jauh lebih bagus ketimbang harus menyembunyiakn sesuatu dan berbohong dengan tujuan baik sebagaimana tersebut.

Secara substansial sesungguhnya tidak ada perbuatan buruk dnegan tujuan baik, karena apapun keburukan yang kita lakukan itu sesungguhnya merupakan ;epanggaran terhadap aturan main yang ada. Memang pada zaman dahulu ada  alasan yang dijadikan sebagai pembenar atas perbuata salah, seperti mencuri untuk dibagikan kepada orang orang miskin yang susah mendapatkan makanan, semantar orang orang kaya yang  mengabdi kepada pemerintah yang dhalim malah menumpuk numpuk harta dengan tetap menyengsarakan orang msikin di sekitarnya. Nah, dengan alasan itulah kemudian menciri dengan  tujuan menolong orang miskin tersbeut lalu dibenarkan.

Kenapa tidak melakukan suaha ;ainnya yang memungkinkan untuk tetap berada di jalan yang benar  dan dapat membantu mereka yang msikin. Tentu akan muncul alasan lainnya yang menatik akal kita untuk dapat menerimnaya dan membenarkan tindakan salah tersebut. Ada juga bentuk lainnya yakni ada seoarng anak yang sudah digadang gadang oleh orang tuanya sebagai anak yang sukses, namun dalam kenyataannya hidupnya sendiri sangat susah, lalu agar tidak terkalu mengecewakan orang tuanya, maka dia terpaksa harus berbohong dengan menampilakn dirinya sebagai orang sukses dan orang tuanya juga menjadi snagat bangga terhadaop dirinya.

Namun yang pasti dirinya  akan merasa tersisksa karena telah berbohong kepad aornag tuanya sendiri. Dalam kondisi demikian dia akan jauh lebih baik berterus terang kepada orang tguanya bahwa dirinya belum sukses dan memohoon didoakan agar benar benar sukses hidupnya. Kalaupun kemudian orang tuanya kecewa, namun itu jauh lebih baik dan kemudian dia terus menerus  memberikan informasi yang benar tehadap kondisinya. Orang tau pasti akan sangat senangjika dimintai doa dan restunya  oleh anak anaknya dan dewngan ketulusan pasti akan memohonkan kepada Allah agar diberikan kelancaran rizki dan lainnya, bukan  dalam kondisi penuh dnegan kebihongan.

Mungkin  banyak orang yang ragu dnegan posisinya sendiri, karena sudah kadung menyampaikan kebohongan satu maka akibat selanjutnya akan menarik kebohongan lainnya, dan susah untuk dihentikan. Untuk itu segeralah hentikan kebohongan etrsebut dan lakukan kejujuran meskipun itu pahit di depan, namun  seterusnya pasti akan jauh lebih nyaman meskipun kondisinya sendiri kurang nyaman. Memang orang tua akan sangat bangga dan senang jika menyaksikan anak anaknya sukses dalam hidupnya, namun  mereka akan snagat kecewa jika mengetahui bahwa apa yang disampaikan  menyenagkan tersebut ternyata  hanya bohongan belaka.

Demikian juga  ada sebagian orang yang tidak rela kondisinya  dilihat pihak lain sebagai  miskin atau kekurangan dalam hal materi, lalu dia berusaha menipu mata pihak lain dan menampkkan  diri sebagai orang kaya dan sukses dengaan melakukan  hutang ke sana kemati  dan menipu banyak orang hanya semata mata untuk menunjukkan bahwa dirinya itu kaya. Bagi oarng yang dmeikian, pastyinya dia tidak akan pernah tenang dalam menjalani hidupnya, karena pasti dia akan selalu berusaha menampkkan dirinya untuk dilihat orang lain meskipun hatus dengan memekasakan diri berhutang dan menipu. Tentu akan jauh lebih baik jika dirinya berhenti dari smeua itu dan mengatakan dnegan  penuh kejujuran tentang kondisi sesunggunya dirinya. Hidup sesuai dnegan apa yang ada  merupakna hidup yang nyaman dan dapat dinikmati, bukan  dengan kesemuan dan penuh dengan kepura puraan.

Kembali lagi kepada persoalan mengenai berbohong,  meskipun sedikit berbohong dan juga meskipun dnegan tujuan baik, tetap saja berbohong itu merupakan perbuatan yang seharusnya dijauhi, karena itu terlarang. Bahkan nabi Muhammad saw sendiri saat ditanya tentang apa yang harus dilakukannya, maka jawaban Nabi ialah jangan berbohong atau jujur, karena sesunggunnya kejujuran itu akan mampu mengantarkan kepadq sesuatu yang hak dan sesuatu yang hak itu akan  mengantarkan kita kepada surge dan ridla darri Allah swt. Sebaliknya berbohong itu tentunya akan mampu mengarahkan kepadasesuatu yang batil dan  sesuatu yang batil itu akan mangarahkan kepada neraka, sebuah tempat kembali yang menyengsarakan.

Seharusnya kkita memang mendidikkan kepada anak anak kita tentang kejujuran dan menjauhkan k=mereka dai berbohong, karena akibatnya akan snagat luar biasa jika  anak kita terbiasa bebohong, meskipun awalnya hanya sedikt, namun lama kelamaan mereka akan berani untuk berbohong dan lebih besar lagi.  Mungkin pada awalnya kita biarkan mereka berbohong tentang makan, lalu tentang mandi, lalu tentang shalat, lalu tentangbbelajar dan lainnya. Jika kita tahu bahwa mereka sesunggunya berbohoing atas apa yang mereka katakana, maka kita akan menanggung kerugian tersebut. Namun jia kemudian kita disiplinkan sata mereka berbohong tentang kegiatan mereka, pastilah mereka lama lama akan terbiasa dnegan kedisiplinan dan kejujuran.

Saat ini betapa kita menyaksikan mahalnya kejujuran tersebut, karena  mungkin dahulu kita tidak menganggapo penting kejujuran tersebut. Kita masih mentolerir kebohongan anak anak kita, padahal itu merupakan pembentuka karakter mereka yang seharusnya diberikan keteladanan dan kedisiplinan yang ketat khususnya tentang kejujuran tersebut. Untuk itu sekali lagi kita harus sudah mulai menyadari betapa pentingnya kejujuran tersebut, dan segera lakukan  Pendidikan tentang kejujuran tersebut kepada anak anak kita. Swemoga kita smeua dan juga anak anak kita nantinya akan selalu memegang kuat kuat kejujuran dan tidak akan pernah berani untuk berbohng khususnya kepada orang gtua, meskipun dnegan tujuan baik, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.