SUNGGUH MAHA AGUNG ALLAH SWT

Mungkin sudah banyak yang kita nikmati dan alami sesuatu yang sungguh menyenangkan, namun terkadang kita tidak menyadarinya sehingga semua utu tidak terasakan dngan begitu indahnya. Demikian juga kita sudah sering mendapatkan  sebuah  kondisi yang benar benar membuat diri kita  begitu bersemangat dan bangga, namun hanya sebatas itu saja, padahal sesungguhnya semua itu dapat menjadi saraan semakin menambah ketaqwaan kita kepada Allah swt. Kemaha kuasaan Nya dan  keagungan Nya begitu menyentuh kalbu yang bersih dan  hanya menegharapkan keridlaan Nya.

Untuk dapat meraih semua itu sesungguhnya  memang harus diniati dan difokuskan  kepada sesuatu yang ingin dicapai. Jika kiya hanya sekedaar menjalaninya tanpoa ada niatan yang fokus, maka akan sulit mendapatkan sebuah kondisi yang diinginkan tersebut. Berapa banyak orang yang dapat menyaksikan betapa kehebatan Tuhan dalam mendesain alam semesta ini, namun setelah itu  tidak ada kesan sama sekali. Namun jika  ada  fokus dan niat yang benar, maka  aka muncul sebuah kesadaran yang menjadikan kita  semakin mengakui kemaha Kuasaan Tuhan dan akan semakin menambah keyakinan dan ketaqwaan kita.

Saat orang berada di tempat yang sungguh luar biasa  nyamannya, baik itu karena faktor alam atau karena rekayasa manusia, terkadang banyak yang belum mamapu merasakan dan memikirkan betapa indahnya Zat yang menciptakan semua itu, paling pa;ing hanya sampai kepada tangan tangan manusia yang menjadi perantara Rtuhan tersebut. Alangkah  bahagianya jika kita mampu menyentuh kalbu kita sendiri sehingga semua akan dikembalikan kepada zat yang maha segalanya dan  kalaupun ada peran manusia itu sekedar sebagai wasilah atau lantaran semat, karena semuanya yang  menetapkaan dan membuat tampak indah adalah sang Maha  Indah itu sendiri.

Orang banyak dipengaruhi oleh opini manusia lain yang menganggap sebuah tempat itu indah dan sangat mengasyikkan jika dapat mengunjunginya, namun setelah mengunjunginya, hanyalah sekedarnya saja yang didapatkan, dan bukan sebuah kesan mendalam hingga mampu mempengaruhi jiwanya untuk sampai kepada Zat yang Maha Hebat. Namun sesungguhnya   pada tempat yang sama jika ada niatan yang tulus untuk meyaksikan betapa indahanyaa ciptaan Allah, maka kemungkinan besar akan dapat merih apa yang diinginkan, yakni sebuah kondisi puas dan kagum kepada Sang Pencipta alam semsta, bukan hanya kepada sesuatu yang tampak secara lahir saja.

Sebagai contohnya ialah jika orang tertarik kepada pulau bali, bahkan konon  ceritanay sampai ke manca negara dan bahkan hampir seluruh dunia mengenalnya, maka kedatangan orang ke pulau dewata tersebut kesannya tidak akan sama dintara para pengunjung. Mungkin ada yang merasakan kepuasan, meskipun hanya sebentar saja, tetapi ada juga yang justru sebaliknya tidka mendapatkan apapun, terkecuali hanya capek saja atau hanya  perasaan bosan saja, walaupun obyek yang didatangi adalah sama. Namun jika kedatangannya ke bali tersebut untuk membuktikan bahwa ada  keindahan  yang diciptakan oleh Tuhan di pulau tersebut, maka ada kemungkinan dia akan mendapatkan kesana mendalam tentang pulau ini, bukan kegaiatan msyarakatnya atau para pengunjungnya, melainkan  keindahan yang ada di dalam alamnya.

Meskipun ini hanyalah teori, namun akan dapat  dipraktekkan secara nyata. Siapapun tentu dapat mencobanya, dan  yang diperlukan ialah kesiapan niat dan fokus pada saat menjalaninya. Sekali lagi jika kita hanya ingin mencoba datang dan menhyaksikan alam yang dikatakan sebagai indah tersebut, maka kesan yang akan didapatkan hanyalah kesan sementara dan hanya pada sisi lahirnya saja  serta tidak mampu menembus sanubari sehingga akan mampu mengubah  jiwa kita menjadi lebih baik dan mengakui kehebatan Tuhan melalui ciptaan Nya yang begitu indaah.

Sesungghuhnya semua coptaan Yuhan itu dapat dilohat dari sisi indahnya. Ketika kita berada di tempat kita, lalu kita  mengarahkana pandangan kita ke sebuah fokus dan di sana  tampak sebuah pemandangan yang sangat indah, maka di situlah kita akan dapat  menyaksikan betapa keindahan Tuhan. Atau misalnya kita menatap sebuah pemandangan gunung yang menjulang tinggi, lalu kita membayangkan berada di dalamnya, maka  kita juga dapat menuyaksikan betapa indahnya ciptaan Tuhan tersebut. Itu semua dapat mempengaruhi hati dan perasaan kita sesuai dnegan  pengembangan pikiran kita masing masing.

Mungkin jika pikiran kita tidak dapat fokus dan  mungkin juga  sedang sedih dan tidak mampu merasakan betapa indahnya ciptaan Tuhan, maka akan sangat sulit agi kita untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang  mampu menggugah hati dan jiwa kita untuk lebih mengagumi ciptaan Allah swt. Namun jika kondisi hati dan pikiran kita sedang senang, sangat mungkin kita akan dapat memfokuskan  pandangan kita untuk lebih mendalami  keindahan ciptaan Nya. Untuk itu seyogyanya kita  berusaha untuk  menyenangkan diri kita dan selalu berusaha untuk fokus dalam setiap  obyek yang kita saksikan. Dengan begityu kita akan dapaat melatih diri untuk  mampu berkonsentrasi dalam membidik  obyek tertentusesuai dengan yang kita maksudkan.

Segala sesuatu memang memerlukan  pengalaman dan latihan, dan begitu pula dnegan keinginan kita untuk dapat memfokuskan diri kepada sebuah titik tertentu, itu juga memerlukan usaha yang tidak mudah, melainkan harus terus menerus melakukannya. Kita harus yakin, jika kita melakukannya, sudah barang pasti  lama kelamaan akan dapat  berhasil juga, setidaknya aqda sedikit meyentuh wilayah dalam  hari dan jiwa kita untuk terus melakukan evaluasi terhadap  ketaqwaan dan keyakninannkita kepada Allah swt.  Semoga kita akan mampu mendapatkan hasil sebagaimana yang kita  inginkan dan Allah swt jga akan mengabulkan setiap permohoanan yang selalu kita panjatkan. Semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.