KURMA

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa jika disebut istilah kurma, maka [emikiran kita tertuju kepada buah yang asalanya dari Arab, karena kurma itu biasanya  hanya dapaat tumbuh di padang pasir seperti Arab, namun saat ini sudah dapat dibudi dayakan di beberapa  negara lain, seperti di negara kita juga dapat dikembangkan buah kurma tersebut bahkan dnegan buah yang lebih banyak. Akan tetapi sampai saat ini kurma tersebut masih menjadi  buah timur tengah yang menjadi sangat etrkena; jika sudah memasuki bulan Ramadlan, karena hamper seluruh umat muslim akan mengkonsumsi kurma tersbeut, khususnya pada saat berbuka puasa untuk takjil.

Dalam sejarahnya, kurma tersebut ada bermacam macam jenisnya, ada yang berkualitas buruk, ada yang sedang saja dan ada pula yang berkualitas tinggi. Tidak hanya kualitasnya saja melainkan juga secara fisik sudah dapat dibedakan antara kurma yang baik dana kurma yang buruk, bahkan umat muslim juga mengenal istilah kurma Nabi atau kurma ajwah yang ualitasnya memang sangat bagus dan mempunyai berbagai khasiat tertenu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Na un bagi  orang yang belum mengenal secara baik kurma ajwah tersebut getrkadang dapat dnegan mudah untuk ditipu, karena ada  sebagian kurma yang secara lahir seperti kurma ajwah, tetapi kenyataannnya bukan.

Kita dapat menyaksikan sendiri betapa buah kurma ini larisnya bukan main terutama saat menjelasng dan di bulan eamadlan, dan kita juga dapat melihat secara langsung bahwa setiap rumah menjelang berbuak puasa selalu saja tersedia kurma di rumah mereka, bahkan di masjid masjid dan mushalla juga tersedia  takjil kurma yang disediakan  untuk umum masyarakat yang berkenan berbuka puasa di masjid atau mushalla. Jadi meskipun hanya sebagai buah yang dihasilkan dari tanah tandus, namun ada saatnya justru melebihi buaha lainnya yang tampak lebih segar dan  ranum sebagaimana kebanyakan buah  yang tumbuh di negara kita.

Bahkan saat ini sudah  direkayasa menjadi sebuah  jus yang  khasiatnya sangat bermnafaat bagi manusia. Sangat banyak minuman yang berasal dari kurma, seperti sari kurma dnegan berbagai merk yang dipasarkan di berbagai rumah obat dan di pasar.  Namun dmeikian sesungguhnya semua buah itu snagat ebrmanfaat bagi kesehatan manusia,  terutama jika kita mau mengkonsumsinya dnegan baik dna benar. Artinya ada buah yang memang kaya dengan vitamin tertentu atau kaya dnegan kandungan tertentu yang itu sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh mereka yang mengalami sakit tertentu.

Sebagai contohnya ialah  buah durian yang rasanya sangat  nikmat, namun jika dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai penyakit  gula, tentu harus berhati hati jiak mengkonsumsinya, yakni tidak boleh banyak banyak, karena dapat emmbahayakan dirinya, atau buah Nangka yang mengandung gula yang cukup tinggi yang tidka baik dikonsumsi oleh mereka yang terkena  diabet dan lainnya. Jadi  masing masing buah itu juga mengandung kandungan vitamn atau lainnya yang sesuai dnegan watak dan jenis buah etrsebut, dan karena itu sebagai manusia kita harus mengetahuinya sehingga kita dapat berhati hati jika ingin mengkonsumsinya.

Kembali kepada buah kurma, yang meskipun tumbuh dan di[anen di Arab, akan tetapi saat ini  sudah menyebar ke seluruh pelosolk dunia karena ada khasiat tertetnunyang sudah diketahui oleh banyak orang. Tentu sebagaimana buah kurma, buah selain kurma sesungguhnya juga dapat dikenal  oleh masyarakat dunia dna gemari oleh mereka jika suatu saat  mereka dapat mengetahui  khasiat buah tersebut. Pada akhirnya  dari buah tersebut  ada saatnya nanti akan memmbawa berkah tersendiri meskipun kita tidak memperhitungkan semua itu, karena Allah itu Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Namun  sebagaian manusia itu  terkadang suka memanfaatkan sesuatu dnegan cara menipu pihak lainnya, karena itu hal yang harus diperhatikan dan dicermati ialah  jika ada produk jus yang mengatasnamakan sebagai jus kurma  dengan ebrbagai  khasiat yang ditulis dalam brosur, maka  itu harus dicermati terlebih dahulu, kaena jangan sampai  kita tertipu dnegan tulisan semata, padahal isinya bukan dari buah kurma, melainkan hanya dari gula belaka, sebagaima  saat ini banyak dipalsukan  madu yang dikatakannya sebagai  madu, namun hakekaktnya hanyalah gula yang diberiakn sedikit aroma madu tertentu lalu diakukan sebagai produk madu.

Mungkin secara lahir kita dapat membedakan  dari sisi harga yang ditwarkan, karena kalau sebuah produk dari kurma asli, apalagi diakukan sebagai kurma ajwah, tentru harganya akan sangat mahal, sebagaimana juga produk madu jika memanag asli, maka harganya tentu sakan jauh lebih mahal ketimbang  madu di jalanan yang  harganya snagat murah. Namun tentu bukan itu satu satunya, sebab pada suatu ketika nanti barang palsu pun akan berharga mahal juga untuk meyakinkan para epmbeli yang tidak mengetahui esensi madu ataupu kurma yang asli.

Saat ini sungguh snagat banyak produksi kurma yang marak dijajakan diberbagai tempat, yang sebagainnya bermerk  darai Mesir, Kuwait, Qatar, Saudi Arabia dan lainnya yang smeuanya  dari Timur tengah, namun kita juga tidak dapat memasyikan bahwa kurma tersebut memang asli dari negara tersebut. Hanya saja kita  memanag selalu berharap bahwa di dunia ini tidak lagi muncul para penipu untuk mendapatkan keuntungan pribadinya dan merugikan banyak pihak. Untuk itu sekali lagi kita memang harus waspada dan juga pemerintah harus memikirkan  masyarakatnya dari penipua pihak pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan saja.

Semoga kita akan mendapatkan hasil produksi yang baik, jika itu kurma  maka akan didapatlkan kurma yang asli dari negaranya, apalagi kalau itu ditulis sebagai kurma ajwah, maka akan benar benar  ajwah atau kurma nabi yang memang mempunyai khasiat  tertentu. Amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.