BEBAN HARTA YANG HARUS DITANGGUNG

Pada umumnya manusia itu sangat gemar dan cinta terhadap harta, meskipun  terkadang juga sekaligus menyadari betapa berat beban yang harus ditanggung di akhirat, namun masih tetap menyukai harta tersebut. Itu disebabkan  pada kenyataannya banyak orang mempercayai bahwa dengan harta yang banyak porang akan dapat hidup Bahagia, wlaupun tidak mesti demikian.  Secara akasat mata orang yang banyak harta akan mampu membeli rumah yang bagus, mobeil yang bagus peralatan rumah yang juga bagus perhiasan yang banyak dan juga seolah smeua barang dapat dimilikinya.

Lain halnya dnegan orang yang tidak mempunyai harta alias miskin, maka  untuk  membeli keperluan yang wajib saja sudah berat, apalagi kalau harus membeli sesuatu yang sifatnya hanya kesenangan semata. Dengan ukuran tersbeut, kemudian banyak orang yang menhyenangi mempunyai harta banyak ketimbang miskin harta. Alau kita menyadario bahwa kaya maupun msikin itu sama sama cobaan dari Allah swt, maka kebanyakan orang akan lebih senang bilamana dici=oba dnegan kekayaan dan bukan dnegan kemiskinan.

Memang ada kalanya kita harus  bersyukur bahwa kita ditakdirkan untuk miskin karena akan menjadi ringan beban yang harus kitabtanggung saat di akhirat nanti, karena  kalau kita banyak harta maka pertanyaan kubur itu akan sulit kita jawab, yakni dati mana asl kamu mendapatkan harta tersebut dan kemudian untuk apakah kau pergunakan harta tersebut. Mungkin secara  teoritis jawabannnay akana mudah, namun dalam kenyataannya akan sangat sulit bagi yang mengalaminya, karena biasanya orang yang diuji dnegan kekeyaan itu sifatnya juga ikut berubah menjadi sombong, tinggi hati dan yidak menghiraukan pihak lain.

Hanya beberapa saja yang dapat lulus dari cobaan kaya tersebut, yakni mereka yang selalu bersyukur atas nikmat Allah swt apapun itu  dan juga selalu berbagai harta dengan pihak lain yang lebih membutuhkan, serta tidak ada rasa eman terhadap hartanya, karena dia benar benar menyadari bahwa harta tersebut bukan miliknya, melainkan hanyalah titipan Allah swt, karena itu jika ada pihak lain yang membutuhkan maka itu dianggapnya  Allah sedang memintanya melalui pihak tertentu tersbut. Dengan beitu dengan sngat tulus dan ringan doa akana membantu dan berbagi dnegan pihak lain tersebut. Dalam kenyataannya buaannya hartanya ma;ah habis, melainkan justru malah terus bertambah banyak.

Namun sama halnya dengan cobaan kaya, cobaan miskin pun sesungguhnya cukup berat menanggungnya, karena  secara riil akan banyak setan menggoda  terutama melalui keluarga untyk emlakukan kecurangan agar dapat menghasilkan harta yang banyak, namun jik a orang meyadari tentang cobaan tersebut, pastinya dia tetap akan  tabah menghadapi semua kondisiyang menimpanya, termasuk jika harus menderita karena kekuarangan harta.  Karena yang terpenting baginya ialah  menyerahkan semuanya kepada Allah swt dan mempercayai Nya bahwa Allah pasti akan mencarikan jalan keluar yang snagat baik baginya.

Mereka yang mempunyai kesadaran yang kuat dan mau menjalani hidup dengan paspasan tersebut, biasnaya  pada akhirnya  akan memperoleh kebahagiaan meskipun bukan berupa harta, melainkan berupa kepuasaan hati dana ketenangan jiwa dalam kenjalani kehidupan di dunia ini. Kalau sudah dmeikian maka tidak ada kesedihan sedikitpun meskipun secara lahir hidupnya serba kekuarangan, namun dia justru mereasakan betapa nyamannnya hidup dnegan  pas pasan etrsebut.

Kita memang terkadang melihat orang lain selalu dengan kacamata harta, sehingga seringkali keliru dalam menilai. Artinya ada orang yang hartanya banyak tetapi  tidak mampu menikmatinya dnegan leluasa, karena ada penyakit dalam dirinya, agtayu mungkin karena kesibukan yang luar biasauntuk mengejar dunia sehingga tidak sempat menikmati hartanya. Namun sebaliknya ada orang yang dengan harta seadanya tetapi merasakan kep[uasan yang  full, karena memang dia sangat sehat dan  tidka ada keluhan sedikit pun serta  saat menikmati makanan yang ada selalu berpikir itulah kenikmatan yang diberikan oleh Allah swt, sehingga dia mampu menikmatinya dngan penuh.

Sunggujh Allah Maha Adil karena  tidak memberikan kebahagiaan etrsebut hanya kepada orang orang kaya berharta, melainkan justru kepada semuanya, termasuk mereka yang msikin harta tetapi kaya hati. Meskipun dapat disebut msikin namun dia sama sekali gtidak mempunyai hutang kepada siapapun,  ketika anak anaknya  akan membayar biaya sekolah ternayta  biaya tersebut tersedia dan ketika membutuhkan sesuatu yang secara nalar tidak dapat dipenuhi, ternyata Allah memberikannnya melalui jalan lain yang tidak disangka oleh siapapun.

Terkadang jita juga  menyaksikan betapa beban orang kaya itu sungguh snagat berat, kareantuntutan keluarga yang membuatnya sangab berat, yakni jiak suatu ketika  harta yang dimilki ternyata  habis karena masalah tertetnu, biasanya kemudian dia juga berani mengambil resiko unuk berhitang dnegan harapan usahanya akana bangkit lagi, namun dalam kenyataanny alain, yakni semkain bangrut. Jadilah dia miskin yang benyak meninggalkan hutang  dan ytelah menjaminkan rumah dan kendaraannya. Akibatnya semua asset kekayaannya, termasuk kendaraan dna rumah harus disita dan penderitaanlah yang masih etrseisa.

Kalau sudah dmeikian kondisinya, maka  sakitnya bukan saja karena miskin, melainkan saktkarena menanggung malu dan  oenyakit akan dating secara bertubi tubi, keluarganyapyun juga berantakan. Bruntung kalau isrei masih setia dengannya,  namun nasib akan semakin  menderanya jika keluarganya  malah mneyaahannya dan menyudutkannya sedmikian rupa. Dunia seolah sudahkiamat dan  apapun yang akan dia lakukan pastinya akan tertutup rapat seolah tidak ada laginjalan yang dapat ditempuh. Sungguh mengenaslkan.

Untuk itu apapun kondisi kita saat ini sebaiknya kita sikapi dengan syukur karena meskipun kita tidak kaya, namun Tuhan masih memberikan kecukupan kepada kita dan itulah nikmat yang harus kita syukuri bukan sebuah hal yang harus kita sesali. Semoga kita dapat mengambil banyak pelajaran dari kejadian demi kejadian yang telah menimpa banyak manusia di atas dunai ini, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.