BERIBADAH

Ternyata tidak banyak orang yang menyadari bahwa fungsi manusia di dunia ini hanyalah untuk mengabdi atau untuk beribadah, karena mereka mengira bahwa beribadah itu hanya shalat semata, sementara aktifitas lainnya tidak merupakan ibadah.  Karena itu ketika  diingatkan bahwa fungsi manusia itu hanya semata mata untuk beribadah, lalu ada  komentara atau jawaban yang snagat mengejutkan bahwa apakah manusia itu hanya  shalat smeata, terus tidak perlu makan, tidaka perlu tidur, tidak perlu kegiatan lainnya. Tentu jawaban seperti itu disebabkan mereka tidak mengetahui yang sesungguhnya dari ibadah tersebut.

Firman Allah swt sebagaimana disebutkan dalam surat al-Dzariyat ialah benar bahwa Tuhan menjadikan manusia dna juga jinn itu hanya untuk beribadah kepada Nya. Lalu perwujudannya tentu terserah kepada manusia sendiri bagaimana dapat mengimplementasikan dalam ekhidupan sehari hari.  Lebih lanjut sesungguhnya  harus dipahami bahwa ibadah itu bukan yang  mahdlah semat, sepetri shalat, melainkan juga termasuk iadah ghairu mahdlah yang perwujudannya dapata berupa semua aktifitas sehari hari asalkan bukan sesuatu yang maksiat.

Dengan pemahaman yang dmeikian berarti  seluruh kegiatan manusia sejak bangun tidur hingga menjelang tidur kembalai dapat bernilai ibadah, syaratnya asalkan disadari dan diniati untuk beribadah. Dengan dmeikian  aktifitas bekerja,  beristirahat, rekreasi, olah raga, sekolah dan juga lainnya akan mendapatkan pahala jika diniati ibadah kepada Allah swt. Jadi penentunya ialah niat masing masing orang. Nabi Muhammad saw juga sudah pernah menyatakan bahwa  semua amal perbuatan manusia itu tergantung kepada niatnya, jika niatnya baik karena Allah, maka dia juga akan mendapatkan pahala karena niatnya tersebut.

Kalau kita ibaratkan bahwa segala sesuatu itu tergantung niatnya, maka  sebuah aktifitas yangnnetral akan  dapat menjadi halal, haram, sunnah, makruh maupun wajib jika dijalankan, dana smeua penentunya ialah niat dala, hati kita. Sebagai contohnya ialah menikah yang dalam asalnya itu merupakan perbuatan mubah atau boleh, namun dalam pelaksanaannya dapat berubah menjadi haram, atau wajib atau sunnah dna lainnya.  Gambarannya ialah jika nikah etrsebut diniati untuk menjalankan  sebuah ibadah dan untuk menambah generasi pengikut nabi Muhammad saw, maka nikahnya tersbeut dapat disebut sebagai sunnah, namun jika niatnya justru untuk menyakiti isteri dan mertuanya, maka nikahnya menjadi sebuah keharaman dan begitu seterusnya.

Memang hidup itu memang harus saling berbuat baik dan saling menolong diantara sesame, dan itu merupakan bentuk ibadah yang sebagaimana diperintahkan oleh Allah swt. Jika  menurut kesimpulan  akal sehat manusia saja  saling membantu dan menolong diantara sesame itu merupakan perbuatan terpuji dan pasti akan mendapatkan pujian, dan kalau dalam Bahasa agama akan mendapatkan pahala. Untuk itu sudah semestinya sebagai manusia kita  akana menuruti pemikiran yang terbaik, dana juga sebagai umat beragama kita akan mengikuti aturan main  dalam agama tersebut.

Agama kta selalu mengajarkan kepada kita untuk selalu berbuat baik kepada siapapun, termasuk kepada pihak yang telah membuat menderita kepada kita. Karena pada hakekatnya semua yang terjadi itu atas kehendak Allah swt, sehingga apapun  akhirnya akan kembali kepada Nya. Dan manjusia  hanyalah di minta untuk beribadah kepada Nya. Jika manusia mampu melakukan perintah untuk selalu beribadah kepada Allah swt, pasti Allah akan memberikan sesuatu yang terbaik baginya. Allah pasti akan memberikan yang terbaik baginya serta akan menjadikannya sebagai hamba yang baik serta sejahtera.

Banyak kisah orang yang secara lahir tidak mempunyai harta, tetapi dia tekun dan terus menerus beribadah kepada Allah swt, termasuk selalu berusaha mencari rizki halal, dan berapapun yang didapatkannya pasti akan disyukuri dan sebagiannya akan disedekahkan kepada orang lain. Dia akan selalu merasa bahwa dirinya tidak membutuhkan harta selain yang sudah diberikan kepadanya, dan itu akan  selalu dijalaninya dnegan penuh ketulusan serta kepasrahan kepada Allah swt.

Jadi kuncinya hidup itu ada pada ibadah dan jika orang selalu ingat kepada Allah swt sebagai Tuhannya dan selalu memohon kepada Nya agar diberikan yang terbaik dalam menjalani hidup, pasti dia akan mendapatkan ketenangan hidup dan  jauh dari penderitaan, meskipun secara materi mungkin tidak kaya harta. Karena sesungguhnya kesejahteraan haiudp itu bukan semata terletak pada banyaknya harta, melainkan karena ketenangan hati dan jiwa serta kepasrahan hidup kepada Allah swt serta menjalani hidup dnegan penuh ketulusan.

Sekalai lagi jika kita menganggap ibadah itu hanyalah shalat, maka kita akan sangat rugi karena kita hanya akan menjalankan perintah Allah  sedikit saja, karena shalat itu hanya beberapa menit saja dalam dua puluh empat jam, namun jika kita kita memaknai ibadah itu sebagai kesleuruhan kegiatan apapun se;ain maksiat yang kemudian diniati dengan niat mengabdi kepada Allah swt, maka kita akan beruntung baik saat kita masih berada di dunia maupun nanti  pada saat kita berada di alam kekekalan yakni akhirat.

Alam akhirat itu merupkan alam  pembalasan, dan ketika kita menjalankan inadah setiap saat, pastilah itu merupakan tabungan yang sangat berharga untuk kehidupan kita di akhirat nanti. Namun sebaliknya jika kita hanya beribadah shalat semata, maka kehodupan kita diakhirat akan terasa kering karena hanya sedikit saja yang dapat kita peroleh dari ibadah kita yang juga hanya sedikit tersebut. Karena itulah sekali lagi  kita memang harus mampu untuk menyikapi hidup ini dnegan tepat dan selalu berusaha untuk menjalankan ibadah dalam setiap kesempatan.

Namun itu bukan berarti kita lalai untuk berusaha mendapatkan harta untuk kehidupan di dunia, melainkan kita tetap saja mengusahakannya dnegan tetap memasrahkan seluruh nya kepada Allah swt dan selalu berusaha untuk menolong dan emmbantu pihak lain dnegan apapun yang kita mampu, termasuk dengan tenaga maupun materi dan lainnya. Semoga kita memang dapat menjalani hidup ini dengan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.