PENIPUAN

Dalam sejarahnkehidupan manusia itu tidak akan pernah lepas dari penipuan yang dilakukan oleh sebagian mereka untuk memperdaya sebagian lainnya. Bahkan karena tujuan yang berbeda penipuan tersebut terkadang dapat dijalankan dnegan berbagai cara, karena yang terpenting ialah tujuannya tercapai. Bahkan tidak terkira, kadang penipuan etrsebut dilakukan dnegan mencatut nama seseornag yang  sangat dihormati atau mungkin malahan beranai menggunakan nama  orang terdekat, hanya semata untuk meyakinkan pihak yang akan ditipunya.

Bahkan terkadang juga kehidupan rumah tangga saja dapat saling menipu, seperti  seoranag suami menipu kepada isterinya, hanya untuk mendapatkan  harta  atau untuk mendapatkan kepercayaan mertuanya. Banyak kejadian yang sudah  membawa korban dimana  orang kaya dengan anaknya yang manja, lalu ditipu oleh orang  dengan berpura pura menyukai dan mencintai anaknya dan kemudian  dia cukup sabar menunggu sampai anaknya jatuh cintaa kepadanya dan setelah itu dinikahinya. Nah, setelah semuanya percaya maka sedikt demi sedikit dia menggerogoti kekayaannya  dan setelah smeuanya tercapai, maka secara pelan tetapi pasti dia meninggalkan isterinya dengan berbagai alasan yang dibuat buat.

Jangankan  setelah menikah, terkadang juga ada orang yanag sedang berpacaran sudah menipun untuk emndapatkan keuntungan bagi dirinya dengan merugikanpacarnya. Itu karena targetnya terlalu pendek, yakni mendapatkan harta secara cepat dan tidak memikirkkan akibatnya atau tidak ada target berikutnya. Modalnya hanya rayuan yang maut sehinggapacarnya tertarik dan menyeraahkan apa saja yang diinginkan, termasuk kalau dia sendiri harus menipu orang tuanya sendiri. Itu sudah terjadi dan banyak sekali kejadiannya dan baru menyadari setelah smeuanya  habis atau terjadi.

Anehnya juga masih banyak orang yang belum menyadari dengan penipuan oraang yang dianggap sebagai terpencaya, pafdahal sudah jelas telah emnipunya, karena  telah dibutakan oleh cinta atuaa perasaan cinta membutanya. Maksudnya sudah banyak terjadi ada orang sudah ditipu oleh suami atau pacarnya, lalu  kepergok dengan  selingkuh, namun ketika suatu ketia ketemu lagi dan menyatakan kecintaannya, lalu  dapat terpikat kembalai dan akhirnya juga tertipu untukkedaua kalinya, dan  benar benar belum menyadarinya terkecuali setelah smeuanya terjadi ddan dia seniri telah kehilangan semuanya.

Banyak pula ada anak yang berani menipu orang tuanya sendiri, semisal pada saat dia sedang proses kuliah dan berada di luar kota, sementara orang tuanya sendiri berjibaku mencari uang untuk membiayainya, namun anaknya tersebut sama sekali tidak memikirkan  usaha yang dijalankan oleh orang tuanya, bahkan hingga terkadang  harus menjaual apapun yang dapat dijual hanya untuk membiayai anaknya.  Namun  anaknya ternyata bukan kuliah dnegan bener, melainkan justru malah berpacaran dan menghabiskan kiriman uang dari orang tuanya dan selalu memintanya lai dnegan berbagai alaasan biaya kuliaha dan praktikum dan lainnya.

Ada juga macam penipuan yang dilakukan oleh orang tertentu dnegan mengakali  tetangganya dnegan berbagai alsaan yang dapat meyakinkan. Pada awalnya mungkin orang dapat ditipu dnegan memberikan pertolongan  sehingga orang tersebut dapat memperroleh utangan  dan kemudian cukup lama menghilanag, dana  kemudian secara riba tiba dating kembali dnegan maksud meminjam uang kembali dan dengan memanfaatkan  beberapa alas an agama yang diketahuinya. Dan anehnya orang yang dipinjami tersbeut dapat tepikat dana  meminjaminya lagi, dna bru menyadari setelah meliha kenyataan  lain bahwa orang tersebut memang pekerjaannya hanya meminjam ke sana ke mari dana tanpa bertanggung jawab untuk berusaha membayarnya.

Terkadang juga dapat berpa  membiarkan rumahnya reot hingga akan ronoh, lalu  batu mendatangi rumah tetangganya baik yang dekat ataupun yang jauh untuk meminta bingtuan. Siapapun biasanya akan iba menyaksikan rumah yang hampor roboh dana  di dalamnya ada penghuni yang memang tampak memperihatinkan. Akhirnya dngan carayang cukup licik dan terpaksa harus mengorbankan keluarganya yang tidak diurusi tersebut, dia  memang benar benar mendapatkan bantuan dari para tetangganya. Namun dalam kenyataannya rumahnya yang reot hanya diperbaiki sedikit saja dan uangnya yang masih cukup banyak diguanakan untuk keperluannya sendiri.

Terlalu banyak contoh penipuan dnegan berbagai modusnya yang dilakukan oleh banyak orang, karena biasnaya mereka yang sudaha berniat dan bahkan membiasakan dirinya untuk menipu itu akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan maksud  dan tujuannya. Di sekitar kita cukup banyak kejadian penipuan yang dapat kita rasakan  karena banyak orang yang menjadi korban tipuan lalu menyesalinya kenapa dia dapat mempercayai orang lain yang dengan rayuan mautnya dapat mempengaruhi pikirannya sehingga dnegan mudahnya  mengeluarkan uang untuk orang tersebut.

Ada satu model penipuan yang sungguh keterlaluan sekali, yakni dnegan memanfaatkan wajahnya yang mirip kearaban lalu mengaku sebagai seorang sayid atau keturunan Nabi Muhammad saw, lalu mendekati banyak orang dan mengaku sebagai keturunan Nabi, tentu saja kemudian orang orang akan mempercayainya dan kemudian emmberikan berbagai fasiltas yang diinginkannya, padahal smeua itu hanyalah penipuan yang sengaja dijalankan  untuk mendapatkan keuntungannya sendiri. Bahkan ada  juga yang dengan menginginkan untuk mengamil salah seorang anak gadis orang tertentu lalu dibawanya dan kemudian ternyata dihamilinya lalu ditiggalkannya sendiri di rantau.

Initlah yang saya maksudkan keterlaluan dnegan menggunakan naman Nabi untuk sekedar menipu banyak orang. Sekarang apa yang harus kita lakukan untuk menangkal agar kita tidak tertipu oleh pihak pihak tertentu yang memang mel;akukan acting meyakinkan. Satu satunya jalan ialah dnegan waspada, dan bukan  buruk sangka, melainkan  dnegan hati hati dan mencermati setiap kejadian, sehingga kita tidak akan terkena tipuan mereka yang sengaja inbgin menipu kita. Jikakita waspada dan  berhati hati dalam semua hal, insyaallah kita akan  terjaga dari penipuan orang lain dan kita akan senangtiasa  mendapatkan kebaikan demi kebaikan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.