KESAKTIAN PANCASILA

Mungkin ada yang tifak setuju dengan istilah kesaktian Pancasila, meskipun hal tersebut hanya penggunaan istilah saja, karena semua anak bangsa ini meyakini bahwa Pancasila adalah sebuah dasar negara yang sangat hebat dan mampu membuat seluruh bangsa ini Bersatu untuk mempertahankannya, meskipun sudah diupayakan untuk dirobek robek dan diganti. Karena itulah kemudian Pancasila mendapatkan tambahan  julukan sebagai sakti atau ampuh.  Sejujurnya bukan Pancasilanya yang kuat dan hebat, melainkan bangsa ini yang dengan segala  kesepakatannya untuk tetepa mempertahankannya itulah yang mempunyai nilai luhur sehingga Pancasila masih tetap utuh.

Pada tahun 1965 saat PKI berusaha untuk mengkudeta bangsa ini dengan mengganti Pancasila dengan ideologo komunis, dimana seluruh atau mayoritas anak bangsa ini  ingin mempertahankannya, maka  usaha komunis etrsebut tumbang sebelum sampai kepada tujuannya, walaupun sudah banyak korban yang dibuatnya, termasuk para jenderal dan kiyai yang dibantai sedmeikian kejinya. Tetapi karena Allah swt tidak emmperkenankan  PKI menguasai Indonesia, lalu Allah menurunkan  pertolongannya melalui tangan tangan anak anak bangsa ini untuk menggagalkan usaha yang tyidak sah dari mereka yang berambisi mengkudeta.

Memang terbukti bahwa panasila  adalah sebagai ideologi yang sangat tepat bagi bangsa Indonesia yang memang majemuk dan terdiri dari banyak etnis, suku, budaya, Bahasa dna juga kepercayaan dan agama. Hanya apncasila yang mampu untuk mempererat mereak semua dalam hingkai nehara kesatuan Indonesia. Untuk itu  kita harus mensikapinya hal tesbeut sebagai rahmat bagai seluruh bangsa Indonesia dan kita wajib untuk bersyukur lalu mempertahankannya dari segala rong rongan dan gangguan yang akan  menjadikan Pancasila menjadi lemah dan tidak berdaya.

Tentu kewasapadaan kita tidak hanya tertuju kepada  komunis yang memang sudah jelas jelas  ingin menggantikannya, dan sudah diupayakan oleh penganutnya, namun kita juga haris waspada kepada  yang lainnya, semacam usaha yang terus digelorakan oleh pijhak yanag mengusung khilafah dan sejenisnya. Semua itu sama bahayanya bagi bangsa karena mereka smeua berusaha untuk merebut Indonesia dan menggantikan Pancasila dnegan dasar neraga lainnya yang belum pasti akan lebih baik, bahkan cenderung justru akan semakin meruyamkan kondisi.

Kita memang yakin bahwa masing masing negara tidak dapat disamakan dalam hal dasar negaranya, karena ada latar belakang dan sejarahnya masing masing, disamping kondisi masyarakatnya juga berbeda. Mungkin  ideologi komunis akan cocok di sebuah negara tertentu, begitu juga odeoloh=gi  demokrasi liberal akan cocok di negara tertentu.  Kita juga yakin bahwa ideologai dna dasar Islam  sebagaimana yang dipahami oleh sebagian masyarakat juga mungkin cocok dengan salah satu negara, namuan jika didterapkan di negara Indonesia tentu tidak akan cocok karena pasti akan timbul persoalan besar yang sulit untuk dikendalikan.

Kalau kita Sudha yakin dengan Pancasila kenapa kita harus mencarai yang lainnya yang belum jelas kecocokannya. Kalau mislanya ada kekurangannya, dan itu pasti ada, maka kita harus mencarikan  penambalnya sehingga akan menjadi lebih sempurna, bukan dnegan mencoba coba menggantinya. Sistem apapun yang dianut, mesipun cocok pastilah ada kekurangan yang dirasakan, nak, karena itu kita harus eallau mencarikan jalan agar  kekurangan tersbeut dapat ditambah sehingga menjadi mendekati sempurna.  Sudah banyak contoh negara yang tidak puas dengan dasar negaranya, lalu menggantinya  dengan yang lain, ternyata malah lebih runyam dan rakyatnya sengsara.

Sebagai bangsa yang dapat berpikir cerdas kiranya kita harus mampu membaca dan mengambil pelajaran  di negeri negara yang saat ini terus menus terjadi kekacauan akibat para pemimpnnya tidak mengambil jalan bijak dengan mengganti dasar negaranya. Mereka sampai detik ini masih terus melakukan perang saudara hanya untuk mempertahankan sebuah keyakinan yang tidka mutlak, melainkan hanya menurut versi mereka sendiri. Nah, kita tentu tidak maua mengulang sejarah  keruntuhan mereka dengan  ceroboh mengganti dasr negara kita.

Sampai kapanpun kuta memang tidak akan mencoba mengganti dasar negara kita yang sudah terbikti mampu memperstukan umat di sleuruh wilayah negara  kesatuan Republik Indonesia ini. Meskipun ada iming iming yang ditawarkan dengan sangat manis dan mungkin juga menggiyurkan, tetapi kita tidka mau kehilangan kesempatan baik yang sudah kita rasakan Bersama. Hanya orang orang bodoh sajalah yang mau dikadalin oleh pihak pihak yang hanya bermimpi untuk mendapatkan kemudahan dan kesejahteraan tanpa mau usaha  dengaan baik dan keras.

Hal yang lebih urgen  dari itu smeua saat ini ialah bagimana kita mampu memahamkan kepada generasi mudah kita yang rata rata belum mengetahui  persoalan sesungguhnya yang telah dialami oleh bangsa kita. Pelajaran formal di sekolah dan perguruan tinggi juga kiranya sudah harus dilakukan kembali dengan lebih menitik beratkan kepada pemahaman sejarah dnegan benar. Lalu juga usaha lain yang dianggap akan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat, baik melalui film ataupun sinetron yang menarik perhatian masyarakat dan berisikan tentang sejarah yang benar tentanag negara kita dan kesaktian Pancasila.

Para tokoh yang menjadi idola para remaja juga seharusnya  tertaik untuk memerankan diri sebagai teladan bagi pemahaman sejarah bangsanya termasuk  bagainana mereka mempertahankan Pancasila dan bagaimana usaha para pengkhianat yang akan mengganti Pancasila tersebut. Dengan begitu diharapkan para generasi mudah akan tersadarkan dengan kondisi tersbeut dan kemudian secatra sadar pula melakukan upaya upaya nyata untuk mempertahankan Pancasila dan  mencegah seluruh usaha untuk meruntuhkannya dan menggantinya dnegan dasar negara lainnya. Pada akhirnya kita hanya bias berharap bahwa pemerintah juga memfasilitasi hal tersbeut dengan mengupayakan anggarannya sheingga  apa yang kita harapkan tetap akan  terwujud dengan  tanpa kekerasan, semoga

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.