SAATNYA BERBENAH

Bulan September memang banyak hal yang dapat kita kenang, diantaranya ialah bahwa bulan ini dalam kalender akademik di perguruan ginggi merupakan bulan awal perkuliaahan semester ganjil, sedangkan kalau dalam kalender politik dalam negeri di negara kita merupakan bulan terakhir pemerintahan lima tahunan, karena bulan depan aka nada pergantian pemerintahan beserta seluruh  kelengkapannya. Bulan ini, terutamadi akhir juga ada peristiwa tragis yang pernah menimpa bangsa ini, yakni penghianatan  PKI yang telah menewaskan banyak tokoh dan dibantai serta diperlakukan tidak manusiawi.

Sungguh sebuah tragedy yang sulit untuk dilupakan oleh bangsa ini, makanya sampai saat ini partai tersbeut haram hukumnya bercokol di negeri ini, dengan alasan apapun. Terkait dengana smeua perostiwa  yang terjadi tersebut sudah selayaknya kita sebagai sebuah bangsa akana terus mengenangnya dan selalu memperingatinya sebagai hari yang kelabu dan seluruh anak bangsa harus mengetahuinya untuk waspada jangan sampai terjadi ulangan yang hanya akan membawa kepedihan. Tentu jangan sampai ada relkayasa sejarah  sehingga benar benar apa yang pernah terjadi memang demikian adanya.

Khusus bagi dunia perguruan tinggi selayaknya  terus berusaha untuk membenahi diri agar mampu meningkatkan kualitqs lulusannya dan sekaligus dapat memberikan kontribusi nyata kepada bangsa melalui para lulusannya yang berkualitas dan ikit membangun bangsa ini menjadi lebih baik dan maju. Pembenahan tersebut tentu meliputi banyak aspek, diantaranya ialah penguatan sumber daya manusianya melalui  kegiatan studi lanjut ataupun berbagai training yang terkait dengan peningkatan kualitas dan jugaberbagai latihan  untuk mempertajam kemampuan.

Deikian juga  dari sisi sarana prasarana yang harus terus ditingkatkan sehingga seluruh mahasiswa akan dengan senang hati berada di dalam kampus karena merasakana kenyamanan. Memang smeuanya itu tidak akan sdengan serta merta terwujud, melainkan harus diupayakan sedmeikian rupa  sehingga secara terencana memang ada peningkatan yang dapat dilihat secara kasat mata. Perncanaan yang bagus tentu akan tutut mendukung terealisasinya  keinginan baik tersebut. Dalam kaitannya dengan persoalan ini tentu seluruh  kompu]onen kampus juga harus mendukung dengan tetap memberikan  dorongan  dan ikut memelihara seluruh asset yang tersedia.

Saya sendiri mersasakan kesedihan jika melihat kenyataan bahwa perlatan yang sungguh sangat bagus, tetapi kemudian tidak diperlihara dnegan baik, yang akhirnya menjadi rusak dan tidak dapat digunakan. Kita memng tidak menyalahkan kepada siapapun, tetapi menghimbau kepada semua agar kita mampu memelihara peralatannyang  baik agar tetap awet dan dapat dipergunakan  dengan baik pula. Sebagai contohnya ialah LCD di kels yang terkadang setelah digunakan lalu tidak dimatikan hingga bergangti hari, tentu sangat wajar jika  peralatan tersebut akan cepat rusak.

Seluruh fasilitas yang ada di kampsu  seharusnya juga  dipelihara oleh smeua warga kampus karena ityu merupakan aaet kita semua, bukan milik siapa siapa, melinkan milik Bersama. Sikap kepedulian kita itulah yang seharusnya dimunculkan, bukan sifat masa bodoh  dengan apa yang ada di sekitar kita, Jika kesadaran tersbeut dapat muncul pada dkri setiap warga kampus, kita yakin bahwa kampus ini akan semakin bagus dan terpelihara dnegan baik pula.

Tempat parkir lkendaraan yang memang terbatas sudah selayaknya kita memanfaatkannya dengan baik, yakni dengan memarkir kendaraan sebagaimana mestinya sehingga tidak akan mengganggu pihak lain yang juga ingin menggunakan lahan parkir tersbeut. Mungkin ini hanhyalah  sesuatu yang  danggap tidak penting pada awalnya, namun  dalam kenyataannya saat ini menjadi sangat penting, disamping tentu akan tampak nyaman dan rapi. Jika parkir saja terlihat semrawut, maka   kta menjadi sangat tidak nyaman menyaksikannya dan akhirnya kita sendiri yang tidak akan dapat men=rasakan kenikmaa kampus kita sendiri.

Membenahi kampus tentu bukanlah persoaan mudah dan hanya  dilakukan oleh pihak pihak tertentu saja, melainkan harus ecara Bersama sama dilakukan oleh smeua komponen warga kampus. Artinya dibutuhkan pengertian semua warga kampus untuk Bersama saam memelihara dan menjadikannya sebagai tempat yang nyaman untuk belajar dan berada di dalamnya. Memang untuk memelihara kebersihan  ada  pembersih yang memang ditugaskan untuk masalah kebersihah tersbeut, namun jika kita tidak mendukungnya, maka  akan sangat sulittercipta kebersihan yang kita inginkan.

Hal yang lebih urgen lagi dalam hal pembenahan kampus ialah bagaimana kita mampu memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh para mahasiswa melalui mata kuliah yang kita berikan. Memang mungkin ada mata kuliah yang seolah sulit untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman, namun jika kita mau pastinya tetap dapat dilakukan karena bagaimanapun semua mata kuliah pasti akan dapat dikembangkan sedmeikian rupa sehingga akan relevan dengan kondisi kekinian dan kedisinian. Hanya kalau kita tidak mau saja  mata kuliah tersbeih hanya akan menceritakan  kondisi masa lalu dan tidak menyentuh kondisi saat ini.

Kita sangat yakin bahwa  seluruh dosen kita  sudah mengetahui hal tersebut, tinggal sekarang ialah bagaimana mewujudkannya dalam  perkuliahan. Dunia kampus memang merupakan dunia perkembangan ilmu pengetahuan, sehingga apa pun ilmu yang kita miliki haruslah dapat dikembangkan sehingga akan mampu memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dan lingkungan, bukan hanya sekedar ungtuk kepentingan ilu saja. Bukankah kita sudah sangat paham dengan kondisi masyaarakat saat ini yang membutuhkan sentuhan tertengu agar mereka mampu betahan dana mengambangkan diri mereka.

Karena itu tidak ada jalan lain bagi kita selalku akademisi  terkecuali harus melakukan banyak  penelitian yang diharapkan akan mampu menemukan banyak hal yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan melestarikan lingkungan serta membangun dunia dan peradaban yang lebih baik di masa depan, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.