REVISI UNDANG UNADANG KPK

Kiranya sudah sejak lama DPR berkeinginan untuk mengubah undang undang KPK yang dianggap sebagai sebuah isnitusi yang tidak tersentuh oleh tangan apapun, sehingga kewenangannya sangat besar bahkan hingga tidak terbatas. Terutama dalam hal penyadapan para anggota DPR dibuat gerah karena memang kebanyakan  para koruptor dapat dideteksi dan ditangkap berdasarkan penyadapan tersebut. Karena itu mereka rupanya ingin mengurangi kewenangan KPK tersebut khususnya terkait dnegan penyadapan, sehingga mereka menginginkan bahwa penyadapan itu harus mendapatkan ijin terlebih dahulu.

Mwe nurit logika awam saja  hal tersebut tidak masuk akal, bagaimana mungkin KPK dapat menyadap kalau harus ,endapatkan ijin terlebih dahulu, sudah barang pasti nantinya oknum yang akan disadap sudah mengetahui terlebih dahulu sehingga KPk tidak akana mampu mendapatkan informasi yang diinginkan.  Lalu para awam juga kemudian mnduga bahwa karena kebanyakan anggota dewan itu melakukan praktek kotor tersebut, makanya mereka tidak maua  pebuatannya diketahui oleh KPK, padahal selama ini diantara para anggota dewan yanag tertangkap juga didasarkan atas penyadapan tersebut, baik yang kemudian ditangkap tangan maupun yang diperiksa berdasarkan bukti yang kuat.

Pada saat dulu ada keinginan untuk merevisi undang undang K{K tersebut, masyarakat ramai menolak dan akhirnya para anggota dewan tidak jadi mengajukannya. Sepertinya masyarakat lalu menganggap bahwa  untuk persoalan revisi undang undang KPK tersbeut sudah selesai, artinya todak jadi dilakukan. Namun dengan diam diam rupanya  mereka tetap mengusahakannya dan sudah melakukan rapat paripurna yang menyepakati revisi tersebut, bahkan dnegan menyampaikan pula bahwa pimpinan KPk juga sudah menyetujinya. Aneh memang karena para pompinan KPK sendiri justru menolak hal tersebut dan mengatakan bahwa ada kebohongan dalam persoalan tersebut.

Kenapa bangsa sebesar ini masih jitungan dalam upaya memperbaiki negra?. Jika ada keinginan ungtuk mervisi undang undang, apapun, termasuk undang undang KPK, sebaiknya  konsep revisi dipublikasi kepada masyarakat tentang apa saja. Tentu juga harus disertai  penjelasan bahwa  undang undang yang ada terirama dalam bagian tertentu dirasakan sudah tidka relevan, sehingga harus segera direvisi sehingga akan mampu menghadirkan  rasa nyaman di masyarakat. Nah, jika konsep tersbeut bagus dan k=dalam kaitannya dnegan undang undang KPK justru akan memperkuat posisi KPK dan lebih memberikan harapan baru dalam pemberantasan korupsi, tentu masyarakat akan mendukung itu.

Namun seba;iknya jika yang ingin direvisi justru malaha hal hal yang kemudian dapat melemahkan posisi KPk dan mengurasngi kewenangannya, maka pasti akan ditolak oleh masyarakat, Seharusnya DPR sebagai wakil rakyat akan selalu berada di pihak rakyat, bukan malah selalu berseberangan dnegan rakyat atau  selalu akan merugikan rakyat. Mungkin kita dapat menganggap bahwa sebuah revisi terhadap undang undang yang sudah berjalan cukup lama itu menjadi wajar, terutama jika dilihat dari beberapa hal yang mungkin sudah tidak relevan dengan zaman dan harus disesuaikan dnegan keadaan saat ini, untuk itulah  mereka harusnya menunjukkan hal mana saja dalam undang undang itu yang sudah using dan tidak relevan, lalu juga tunjukkan rencana revisi tersebut.

Jika kita semua terutama para wakil rakyat yang sudah diberikan mandate ingin menjadikan negara ini Makmur dan sejahtera, tentunya mereka harus terus m=berusaha untuk membebaskannnegara ini dari okorupsi yang sudah jelas merugikan negara dan rakyat secara umum. Semua anggota dewan wajib hukumnya untuk selalu melakukan  pengawasan tehadap siapapun  agar berada dalam koridor yang sesuai dnegan ketentuan hokum yanag berlaku, bukan  malah melaksanakan praktek yang bertentangan dnegan ketentuan hokum. Kita sangat yakin jika semua anggota dewan memerankan peran tersbeut, pasti rakyat akan puas dengan mereka dan bahkan akan lebih memberikan dukungan yang relative lebih kuat  ke depannya.

Saat ini  apapaun yanag sudah dilakukan mereka dengan diam diam yang ingin merevisi undang undang KPK telah ketahuan  dan banyak elemen masyarakat, khususnya masyarakat akademis yang menolak rencana tersbeut, meskopun mereka tetap ngotot dan bahkan mengatakan bahwa itu termasuk usulan para pimpinan KPk sendiri yang  sebegaiman atersbeut sudah ditilak sendiri oleh para pimpinan KPK. Sekarang tinggal apakah presiden nangtinya akan menyetujui rencana revisi tersebut ataukah tidak, dan tentu para elemen masyarakat tersebut juga sudah menyampaikan aspirasinya kepada presiden, dengan harapan rencana revisi tersebut akan dihentikan.

Agar semua menjadi nyaman kiranya para anggor=ta dean sebaiknya menyampaiakn rencana revisi tersebut mengeni konsepnya dan bagian mana saja yang akan diubah, sehingga kalau memanag perubahan tersbeut memang menuju hal yang lebih baik bagi pemberantasan korupsi di negara kita dan lebih memberikan kewenangan yang ;ebih kuat kepada KPK pastinya akan didukung oleh seluruh komponen bangsa. Jangan sampai negaraoi ini menjadi hancur gara gara korupsi semakin dibiarkan longgar dan Lembaga yang selama ini gigih memberantasnya justru malah dikebiri kewenangannya.

Kita bangsa Indonesia tentu sangat berharap hal yang terbaik bagi semua rakyat, termasuk kesejahteraan mereka. Jika korupsi dapat diholangkan, maka kesejahateraan pasti akan lebih terasakan secara nyata dan semua anak bangsa akan dapat merasakan  manfaat dari apa yang dapat diberiakn oleh negra. Tentu itu merupakan salah satu tujuan didirikannya negara ini oleh para pendiri bangsa ini, yakni agar masyarakat dapat sejahtera menikmati karunia Allah swt yang dicurahkan kepada bangsa ini.

Apapun yang akan dilakukan oleh para anggota dean jika itu akan melemahkan KPK dan akan semakin tidak terjanagkaunya para koruptor, maka itu merupakan dosa besar yang sudah mereka lakukan terhadap bangsa ini, karena itu yidak layak bagi mereka untuk menikmati fasilitas  negara yang selama ini sudah dinikmatinya dana harus segera meninggalkan  posisi mereka. Seluruh rakyat tengu akan mengutuk perbuatan mereka yang tidak menjalankan amanah rakyat yang diwakilinya. Semoga  mereka segara menyadari hal ini dan kembali ke jalan yang benar sekalogfus menguntungkan rakyat secara umum, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.