ANCAMAN DISINTEGRASI MASIH ADA

Meskipun kondisi kita saat ini tempak aman aman saja, tetapi kita tidka boleh lengah karena  pihak pihak yang menginginkan  terjadinya hura hura pasti  akan selalu ada  dan memunculkan diri pada saat tertentu yang dianggap tepat. Karena itu kita memang tidka boleh lengah sedikitpun untuk tetap wspada terhadap segala kemungkinan yang dapat terjdi, semacam  ancaman disintegrasi, ancaman terror dan lainnya.

Hal yang terjadi di jawa timur beberapa hari yang lalu yang kemudian merambat ke tanah papua juga harus dibaca secara jeli, karena tindakan anarkhis yang dilakukan oleh pihak pihak demonstran yang hingga membakar kantor DPRD membakar mobil mobil di bandara dan perlakukan anarkhis lainnya sesungguhnya sudah cukup menjadi bukti bahwa ancaman  yang dmeikian masih terasa dan  nyata adanya. Harus ada tindakan yang kongkrit, tegas dan tidak memandang  siapa yang melakukannya.

Mungkin memang  perlu ada kebijaksanaan dalam bertindak, namun jika  itu malah menjadi masalah di belakang hari, tentu harus dipikirkan ulang mengenai  tidakan yang tidak tegas tersebut.  Sementara ini sudah ada kekhawatiran terhadap sikap yang terlohat lemah dai apparat, karena dianggap tidak tegas dan lembek. Kita sesungguhnya mengerti  kenapa tindakan apparat dmeikian, karena kita juga dapat mersakan betapa selama ini kita masih belum mampu memenuhi tuntutan masyarakat kita yang belahan Timur etrsebut.

Namun jika  hal tersbeut justru dimanfaatkan oleh mereka yng memng menginginkan membuat gaduh, tentu tidakan tags harus diambil. Kita tidka boleh lemah di hadapan para pengacau dan pembuat onar. Kita tentu tahu adanya beberapa daerah yang berporensi untuk memisahkan diri dari NKRI, meskipun sudah beberapa kali dicoba dan kita tetap kokoh mempertahankannya, namun kita tidak boleh lengah dnegan kondisi yang tampaknya aman dan damai, karena  boleh jadi mereka sedang menyusun strategi atau mempersiapkan diri guna melakukan serangan untuk mengegolkan niat mereka.

Bahkan bukan saja daerah yang berpotensi memishkan diri, namun daerah lainnya juga tetap harus diwaspadai karena jangan sampai kita kecolongan dan baru kemudian kita menyesalkannya. Memang kondisi negara kita secara umum sudah sangat bagus dan kondusif, namun kita juga tetap melohat adanya potensi ketidak puasan dari beberapa pihak karena pesoalan ekonomi, persoalan penegakan hokum, pessoalan eksploitsi sumber alam dan lainnya.  Mekipun kadarnya  sedikit, namun kita tidak boleh membiarkannya sedemikian rupa bebas  karena bias jadi justru dnegan dibiarkannya yang dmeikian, pada saatnya akan membahayakan kita.

Isu apapun kini akan dengan mudah untuk dijadikan amunisi dan senjata untuk menyeraang kita. Msyarakat yang sudah lama miskin kiranya akan dnegan mudah untuk diprovokasi sehingga kalau ini terjadi maka akan berbahaya dan membahayakan kita semua. Saat ini  orang dnegan mudahnya untuk mengarang cerita dan hoaks yang  dapat mempengaruhi orang lain dan bahkan menghasut banyak orang untuk membencai pihak lainnya.

Kita yakin bahwa kejadian di papua  khususnya disorong  tersebut bukan tanpa disain, melainkan pasti sudah direncanakan dnegn begitu cermat, dan merka yang berlaku anakrkhis juga tentu sudah direncanakan termasuk target yang diinginkan. Beruntung kalau kemudin  keanarkhisan mereka akhirnya dapat dihentikan, dan tidk menjalar ke kota lainnya yang sesungguhnya sudah direncanakan.  Karena itu kejadian tersebut harus dijadikan sebagai pelajaran berharga agar kita tidka lengah sedikit pun dalam upaya unuk menjaga keutuhan NKRI sebagaimana yang kita sepakati Bersama.

Barangkali ada beberapa daerah lainnya yang berpotensi untuk dimanfaatkan oleh mereka yang  memang sejak lama menginginkannya untuk dijadikan sebagai target dalam mengegolkan tujuannya. Kita harus yakin bahwa selama kita Bersatu dan menjaga diri dari kemungkinan adanya dist=integrase, kta tetap akan mampu untuk mempertahankan negara kita. Kita sudah sangat yakin bahwa ujian dmei ujian sudah kita lalui dan semua itu tengtu bukan secara kebetulan, melainkan karena kesiap siagaan kita dalam menjaga dan melindungi negara kita.

Hal paling penting yang harus kita lakukan ialah bagaimana kita juga memberikan bekal yang cukup untuk para generasi muda kita bahwa kondisi negra kita meskipun tenteramn dan damai, tetapi masih tetap berpotensi untuk pecah, dan karena itu mereka juga harus  dibekali pengertian tentang kebangsaan yang kuat sehingga rasa kebangsaan mereka akan menajdi taaruhan saat mereka nanti menjadi pemimpin di negeri ini.  Jangan sam;ai kita lalai untuk membekli mereka dengan bekal yang kuat tentang bagaimana kita harus menjaga dan merawat negra ini yang telah direbut dan dipertahankan oleh para pendahulu kita dengan darah dan nyawa.

Saat ini kta terkadang menjadi sangat sedih ketika menyaksikan betapa anak anak mudah yang ganderung terhadap narkoba yang sudah pasti akana menyengsarakan mereka dan menutup masa depan merkea, namun rupanya mereka tidak menyadari hal tersbeut dan masih saja asyik dnegan barang terlarang tersebut. Demikian juga masih adanya generasi muda yang tidak bersemangat melainkan hanya hidup mengalir apa adanya tanpa cita cita yang diusahakan dengan gigih.

Karena itu kita memang harus mempersiapkan diri dengan membangun generasi mudah kita  agar merkeka menjadi sadar diri dengan kondisi yang ada di sekitranya dan sekaligus juga  tanggap terhadap semua masalah yanag sedang menimpa bangsanya. Kesadaran unytuk berempati tersbeut memang sulit untuk diberikan terkecuali kalau kita scara serius memberikan  keteladanan kepada mereka dalam setiap langkah dan kebijakan yang kita buat. Sebab tanpa keteladanan tersbeut, sangat mustakhil jika kita akan mampu memompakan  rasa sadar dan empati kepada generasi mudah kita.

Semoga kita selalu menyadari kondisi dan lingkungan kita, dan  selalu wsoada terhadaps egala kemungkinan sehingga kalau pun ada potensi konflik atau ketidak stabilan, akan dapat kita deteksi secara didni dan kita akhirnya akan mampu mengtatasi maslah yang muncul dnegan snagat baik, semoga,

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.