SABAR DAN TABAH KUNCI KESUKSESAN

Di dunia ini ternyata sangat banyak kejadian yang diluar nalar dan perkiraan manusia. Bayangkan saja  ada orang yang sebelumnya menjadi sangat kaya raya dan sukses, namun karena kesombongannya dan tidak mampu menanggung ujian dari Tuhan, pada akhirnya dia bangrut dan menjadi miskin. Namun sebaliknya ada orang yang sebelumnya sangat menderita karena tidak mampunyai apa apa, dan hidupnya juga hanya menggantungkan kepada hasil memulung, namun karena ketabahan dan kesabarannya dalaam menerima ujian serta ejekan serta hinaan dari banyak orang, pada aakhirnya malah menggapai kesuksesan.

Tidak mudah memang menja;ano hjidup dengan serba keterbatasan dan ditambah dnegan hinaan serta nasib yang kurang berpihak. Banyak sekala godaan yang  siap untuk membuyarkan komitmennya untuk bersabar dan  tabah, karena  pasti dengan berbagai godaan dan tawaran hidup yang lebih enak secara instan, biasanya akan mebuat orang lupa dengan komitmennya sendiri dan lebih ingin beralih kepada hal yang mudah didapatkannya. Namun jika  dia kemudian mengikuti apa yang menjadi obsesi instan tersbeut, maka hidupnya akan terus menerus menjadi susah.

Kalaupun tampak enak sementara, maka itu hanyalah sebentar saja, dan selanjutnya tetap akan menjadi miskin dan tidka berubah hingga akhir hayatnya. Namun jika dia kita dalama menjalani cobaan dengan sabar dan tabah, dan selalu menyeraghan dirinya hanya ke[ada Allah swt, lambat atau cepat dia pasti akana mengalami perubahan menuju kebaikan dan pada saatnya juga akan mengalamo kesuksesan. Sudah banyak contohnya  baik yang tetap menjadi miskin dan terdampar maupun yang kemudian menjadi sukses dan  berlimpah dnegan harta.

Namun demikian kebanyakana manusia tidak mampu mengambil pelajaran  terhadap masalah tersebut, atau mungkin mereka lebih banyak yang tidak mampu mempercayai konsep tersebut dan akan selalu menganggap bahwa orang yang susah hidupnya dan miskin adalah sudah menjadi takdir dan tidak akan mungkin bengkit untuk meraih sukses. Kalau persoalannya adalah keyakinan, maka itu akan jauh lebih sulit untuk mengubahnya dan akan semakin banyak orang yang tidak mampu bangki dari keterpurukannya, karena sudah menyerah sebelum berusaha.

Memambg kalau sudah berbicara mengenai keyakinann maka salah satu yang akan mampu membangkitkannya ialah sebuah hidayah dari Allah swt. Kalaupun kita sudah mendoakannya  secara rutin, terkadang juga belum dikabulkan oleh Allah, karena memang hidayah Nya belum disampaikan.  Tetapi jiia persoalannya ialaha  karena mental yang cupet untuk dapat menerimaa keputusan apapun yang diberikan oleh Allah swt, maka itu perlu ada  pencerahan yanag terus menerus dan diiringi dengan kepatuhan kepada sleuruh perintah Nya.

Bangunan keyakinan kepada Allah swt bahwa Allah lah yang Maha aKuasa atas segala sesuatu dan Dialah yang Memutuskan segalan sesuatu, maka itu akan menjadi modal utama bagi hidup kita  dan saat kita menjalani hidup dengan berbagai cobaan dan ujian. Dengan modal yakin dan percaya kepada kekuasaan Allah swt, maak seseorang akan dengan mudah  meyakini bahwa semua yang terjadi itu ialah atas kehendak Nya, dan kita  dapat memohonnya untuk memberikana karunia Nya ke[ada kita.

Hanya saja permhonan kita kepada Allah swt harus disertai dnegan ketundukan dan kepatuhan kita kepada Nya. Permohonan yang terus menerus dari seorang hamba yang  taat kepada Tuhana, pasti pada saatnya akana dikabulkan, meskipun diantara manusia ada perbedaan saat mengabulkan permohonan tersbeut. Itu artinya bahwa jika ada seorang yang masih belum berhasil dalam usaha dan doanya, maka dia  masih tetap harus bersabar menunggu saat tersebut dan Allah pasti tidak akan membiarkan hamba Nya  sendirian menjalani hidup susah secara terus menerus.

Memeng harus diakui bahwa pengertian sabar menurut banyak orang itu diartikan secara bervariasi, ada sebagiannya yang memandang bahwa sabar itu ialah alon alon waton klakon, namun sebagiannya lagi justri memahami sabar itu gigih tanpa menyerah dan putus asa. Jaei bagi orang yang menganggapnya sebagai wlaku asal asalan yang penting klakon, maka dia tidak akan pernaha mau berusaha secara sungguh sungguh, karena menurutnya, jika Allah akan memberikan sesuatu pastilah akan diberikan tanpa harus diusahakan dengan jerih payah yang  memerlukana banyak energi.

Namun bagi orang yang menganggap sbar tersbeut ialah serisu dan tanpa kenal menyerah dna putus asa, maka dia akan selalu berusaha dengaan berbagai cara yang halal, untuk mendapatkan kesuksesan, karena setiap usaha yang dijalankan dnegan penuh kesungguhan dan berserag]h dirikepad Allah, pasti pada saatnya akan dikabulkan oleh Nya. Tuhan pasti tidak akan membiarkan hamba Nya  berada dalam kondisi yang selamanya sengsara tanpa harapan menjadi sukses dan Bahagia.

Tabah menghadapi ujian itu artinya  apa pun yang dialami, baik kondisi baik maupun kondisi buruk, semuanya adalah dating dari Allah swt, dan  dia yakin bahwa Allah pasti mempunyai rencana yang terbaik bagi dia. Karena itu apapun yang sedang dialaminya, pasti akan diterimanya dengan penuh etulusan hati dan dia tetap akana mendekat kepada Nya dengan memperbanyak amalan baik serta menjauh drai perbuatan buruk, bahkan dia akan senantiasa meanggengkan sedekah ke[ada sesame yang lebih membutuhkan.

Jadi kombinasi antara sabar dan tabah akan membentuk jiea yang kokoh dalam menghadapi setiap kondisi yang bagaimana pun. Bagi orang yang mampu mengumpulkan sabar dnaa tabah dalam dirinya, pasti dia akan menjadi sosok yang sukses dana hidupnya akan beruntung dan Bahagia, baik saat masih di dunia maupunnanti pada saat sudah berada di akhirat. Semoga kita akana mampu mewujudkana  sifat sabar dan tabah tersebut dalam diri kita sehingga kota akan menjadi manusia yang sukses dan beruntung dunia dan akhirat, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.