MENJAGA MUTU

Semua orang pasti akan berusaha untuk menjaga sesuatu yang sudaha baik agar tetap baik, bahkan kalau dapat malah ditingkatkan kualitas atau mutunya. Sebuha warung makan saja ketika para pelanggannya sudah mulai merasakan kebosanan, maka biasanya  pemiliknya akan berusaha untuk mencadi sesuatu yang baru dan tetap menjaga mutu makanan yang dijajakan, apakah itu dnegan tetap memeperthakan kan menu yang sudah ada ataupun dengan menggantinya yang baru yang lebih bagus dan lezat.

Pengusaha produk  makanan atau minuman atau bahkan jamu sekalipun juga pasti akan selalu menjaga mutu produknya. Itu semata mata untuk menjaga bahwa barangnya tetap dicar iorang atau tetap laku di pasaran. Pemilik perusahaan sudah pasti akan dengan sangat ketat menjaga kualitas dengan memerintahkan kepada seluruh pekerjanya  bekreja dnegan penuh konsentrasi dan tidak lengah dalam menyqjikan produk, sebab sekali mutunya jatuh dan  para pelanggan complain, maka itu alamat kematian perusahaan tersbeut dan akan sangat sulit untuk dikembalikan.

Oleh karena itu sebelaum semuanya terjadi, biasanya para penguasah tersebut akan selalu mengecek  persoalan mitu atau kualitas tersebut. Namun amat sangat disayangkan ketika ada penyaji sesuatu produk, namun sama sekali tidak memperhatikan persoalan mutu, karena  dianggapnya sebagai sebuah hal yang biasan saja. Namun kita harus yakin jika hal tersbeut dibiarkan dan  tidak ada upaya pembanahan, maka lambat atau cepat masyarakat akan complain dan secara berangsur akan menjahinya dan tidak akan memakai produknya.

Salah satu contoh kongrit dalam masalah ini ialah ketika ada Lembaga Pendidikan yang akan memproduk calon lulusan yang berkualtas, namun ketika prosesnya tidak ada pengawasan dnegan baik, dan kemudian mampu melulusakan banyak orang yang tidak kompeteten, maka itulah kegagalan yang pada saatnya pasti akan merugikan Lembaga tersebut. Masyarakat saat ini sudah sangat cerdas dengan apa yang ada di hadapan mereka, termqusk masalah Pendidikan, karena  mereka pasti akan mencari Lembaga Pendidikan yang kredibel dan meyakinkan sehingga lulusannya bukan hanya laku di pasaran, melainkan malah dicari banyak kalangan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyadari hal tersebut, lalu secara terang teranagn mereka berusaha untuk meningkatkan kualitas produksnya, karena dari kualtas itulah semuanya akaan berawal dan sebaliknya dari kualitas tersbeut pulalah segalanya akan berakhir. Jika sebuah perusahaan  melahirkan sebuah produk yang berkualitas, baik sisi penampilan maupun dalam hal substansinya, maka  meskipun pada awalnya belum dikenal oleh masyarakat, namun secara psti akan dicari oleh para pelanggan yang merasa terpuaskan dengan produk tersebut.

Pada sisi yang lain juga Sudha banyak perusahaan yang mulai bangrut dan diringgalkan oleh para pelanggannya karena tidak mampu untuk menghadirkna produk yang diinginkan dan bahkan  kalah bersaing dnegan perisahaan lainnya yang terus melakukan perbaikan dan inovasi yang snagat bagus. Jika para pengusaha yang mulai ditingglakan oleh para pelanggan tersbeut tidak segera menyadari dan segera melakukan perbaikan , maka dia harus bersiap siap untuk jatuh  dan bangrut yang sudah pasti akan snagat sulit untuk didongkrak kembali.

Gambaran tersebut sekedar untuk memberikan pengertian kepada kita bahwa persoalan kualitas adalah persoalan penting dan utama serta menentukan. Untuk itu apapun bidang yang kita tekuni jika itu untuk menghasilkan sebuah produk, apakah itu barang atau bahkan manusia, maka persoalan mutu harus dinomor satukan dan tidak boleh  diabaikan. Jika kita berada di sector Pendidikan, maka kualitas Pendidikan  harus kita jaga dan selalu tingkatkan dengan berbagai cara agar hasil yang diharapkan akan benar benar memuaskan dan memberikan penguatan atas produk yang kita hasilkan.

Menjaga kualitas itu banyak aspeknya, yang tentu  kita semua sudah sangat memahaminya, seperti sarana prasarana harus memadahi dan kalau bisa malah memuaskan, lalu fasilitas lainnya, sperti  sambungan internet dan  ketersedaiaan  bahan yang diperlukan, baik manusal meupun elektronik dan bahkan juga situs situs yang bermanfaat untuk upaya pengembangan pembelajaran, para  pendidik yang berkualitas lingkungan yang mendukung serta kurikulum yang selalu diupdate sesuai dnegan perkembangan zaman yang terjadi.

Begitu pentingnya menjaga mutu atau kualitas tersebut sehingga bagi setiap pihak yang bertanggung jawab atas sebuah produk tertentu, dapat dipastikan akan selalu berkonsentrasi untuk masalah mutu tersebut, bahkan seluruh konsentrasinya pasti akan lebih banyak  diarahkan ke persoalan mutu, bukan yang lainnya. Tentu kita dapat mengerti hal tersebut karena bagaimanapun masyarakat  pasti akan memperhatikan  mutu sebuah produk, meskipun mungkin penampilannya  kurang bagus. Lbeih lebih jika penampilan juga  disesuaikan dnegan kondisi kualitas sehingga akan semakin menarik minat masyarakat.

Pendeknya siapapun yang mengabaikan atau tidak memperhatikan persoalan mutu tersbeut maka harus bersiap siap untuk ditinggalkan oleh pelanggan dan pasti akan mendapatkan kerugian yang snagat besar, termasuk di dalamnya ialah  Lembaga yang memproduk manusia tentunya.  Untuk itu sekali lagi kita harus melakukan upaya upaya nhyata  dalam meninghkatkan kualitas dan mutu Lembaga Pendidikan kita agar ke depananya Lembaga ini akan semakin diminati masyarakat dan bahkan menjadi tujuan utama masyarakt secara umum.

Jangan pernah main main dnegan masalah mtu karena akibatnya akan menyeluruh dan merugikan banyak pihak terkait. Sudah banyak Lembaga yang ditinggalkan oleh masyarakat disebabkan tidak memperhatikan mutu, meskipun mungkin penampilan luarnya sangat bagus. Mudah mudahan  kita smeua menyadari persoalan ini dan kemudian segera untuk menyiapkan diri memperbuki segala sesuatunyang berkaitan dnegan peningkatan mutu tersbeut. Kiranya belum terlambat bagi kita untuk memperbaikinya dan menemukan kembali sesuatu yang dirasakan hilang untuk sementara ini.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.