GEGER SOAL PAPUA

Orang terkadang lupa dengan sejarah dan hanya membacanya saat ini juga sehingga terkadang analisanya jauh dari substansi, karena tidak ada hubungan antara sejarah masa lalu dnegan apa yang terjadi saat ini.  Masalah Papua adalah masalah Panjang yang hingga kini belum kunjung selesai,  karena maish ada keraguan diantara para pengambil kebijakan. Jika kita tegas dengan keputusan yang diambil, maka apapun yang terjadi harus dilakukan upaya sesuai dnegan keputusan Bersama, buakan malah mengambangkan persoalan, sehingga muncul hoaks yang meresahkan.

Saat ini muncul informasi yang menyesatkan terkait nasib rakyat Papua, seperti  katanya dahulu pernah dijanjikan oleh salah seirang calon presisdean bahwa Papua akan diberikan kebebasan untuk menentukan nasibnya sendii melalui referendum. Menurut akal sehat hal tersbeut tidak mungkin akan dilakukan oleh para calom pemimpn nasional, karena jika itu diberikan maka  negara kita  lama lama akan habis kafena rakyatnya banyak yang menuntut kemerdekaan sendiri.

Masalah memang pasti akan muncul, namun jika kita tegas dalam bertindak dan  berlaku adil, pastilah akan tetap amn dan rakyat pasti akan mendukung penuh kebijakan tersebut. Keadilan itu memang sesuatu yang mahal dan mudah dikatakan dalam mulut tetapi sult direalisasikan dalam kenyataan. Rakyat di Papua sesungguhnya sangat merindukan keadilan pemerintah dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, pembangunan, Pendidikan, kesehatan dan lainnya. Namun kenyataannya sering kita dapati  mereka diperlakukan kurang atau bahkan tidak adil dan itulah yang memicu terjadinya kegoncangan dan mungkin keinginan mereka untuk berpisah.

Memang ada provokator yang selalu memprovokasi masyarakat dengan menggunakan isu iasu starrategis dan memudahkan rakyat untuk mengikuti provokasi etrsebut, namun jika kita serius dalam membangund an menerapkan keadilan, pastinya merk akan menyadari dan akhirnya berbalik untuk tetap menjadi satu dalam ingkai NKRI. Mereka saat ini sangat sensitive, apalagi masih adanya beberapa oknum yang sering  melakukan tindakan rasis sehingga  mudaha menhyinggung perasaan orang papua yang secara fisik mereka berbeda dengan kebanyakan kita.

Apalagi kalau ada pihak lain yang sengaja mengomporinya untuk memecah belah diantara bangsa kita, apstinya dengan mudah mereka terprovokasi. Crita yang berkembang di beberapa media memang ebrbeda  namun  kalau disaraing mungkin ada sedikit kesamaannya yakni adanya pihak lain yang sengaja mengompori maslah tersebut dengan memberitakan bahwa telah ada penghinaan terhadap bendera merah putih sehingga membuat sebagian masyarakat kita terpancing dan tanpa piker Panjang lalu menyerang  pihak lain yang dianggap telah melakukan kesalahan tersebut.

Sesungguhnya sudah cukup banyak himbauan dan juga ajakan untuk selalu wspada dan menyaring informasi terlebih dahulu sebelum menelannya atau dalm bahas alainnya ialah dnegan melakukan tabayyun terlebihd ahulu sehingga kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Nah, maslah  besarnya ialah ada pada kita sendiri yang belum matang dalam menerima informasi apapun, sehingga dengan mudahnya kita dimainkan oleh pihak lain yang memang sengaja ingin menciptakan huru hara atau ingin menciptakan instabilitas di lingkungan kita.

Belum lagi selesai persoalannya juga sudah muncul pemberitaan yang neyleneh dan tidak masuk akal, yakni tuntutan  masyarakat papua, yang salah satu pinnya ialah menuntut pembubaran ormas banser.  Ini sama sekalitidak nyambung karena dalam berbagai pemberitaan sebelumnya sama sekali tidak menyinggung maslah banser, namun tiba tiba menyerempetkan dnegan banser, padahal kita juga tahu masyarakat papua sangat mengatahui kiprah banser dalam kehidupan masyarakat kita. Kenyataan ini mengharuskan kita lebih waspada  karena ternyata banyak pihak yang ingin membonceng dan ingin mengegolakn keinginnya lewat masalah papua ini.

Saat ini telah terjadi perdebatan hebat diantara pihak pihak tertentu, terutama melalui media social yang ada, sebagiannya menyalahkan pemerintah yang dianggap tidak tegas dan tuntas dalam menyelesaikan persoalan papua, dan sebagiannya lagi menyalahkan munculnya oknum oknum yang mengatas namakan rakyat papua untuk mendapatkan pengakuan dan legitimasi tertentu.  Seyogyanya dalam kondisi sepryi ini kita tidak salig menyalahkan, melainkan kita justru melakukan introspeksi diri masing masing dan membantu apparat untuk menyelesaikan persoalan dnegan baik dan procedural.

Kita harus Bersama sama delam menangani persoalan tersebut, karena kpmitmen kita ialah mempertahaankan NKRI yang sudah kita miliki. Jangan sampai ada pihak manapaun yang berusaha memisahkan diri dari NKRI tersebut dnegan alasan apapun. Seluruh rakyat harus Bersama saam untuk melakukan evaluasi terhadap kita masing masing, apakah selama inikita sudah berbuat yang terbaik dan adil  dalam seluruh kebijakan ataukah masih ada kekurangan yang perlu disempurnakan dan lainnya

Saat ini kita sedang menangani persoalan papua yang sempat memanas namun sesungguhnya kita tidkaa boleh lengah dnegan daerah lainnya yang juga berpotensi untuk memunculkan persoalan yang hamper sama. Karena itu kita harus terus menerus mengencangkan pelukan untuk memperkokoh pertahanan kita dari segala rong rongan dan gangguan yang ingin memisahkan dari NKRi. Kita seunggunya sangat percaya bahwa rakyat  dan TNI kita akan mampu mengatsi segala persoalan, namun  bukan berarti kemudian kita hanya mengandlakna  smeua itu dneganberppangku tangan saja, melainkan kita harus berperan dan secara terus meneurs meneawasi pembangunan yang sednag berjalan.

Semoga persoalan papua ini segera selesai dan berakhir dnegan damai, karena kita membutuhkan kehiduan yang nyaman  diantara seluruh warga bangsa. Kita tiidak ingin  kita dipermainkan oleh oknum tertentu yang ingin mengganggu ketenteraman dan kedamiaan. Akarena itu jika nangti terbukti ada oknum yang dengan sengaja mengacaukan dan ingin membuat gaduh, maka harus diproses hokum sebagaimana mestinya. Ketegasan dalam persoalan ini memng dibutuhkan agar kepercayaan sleuruh masyarakat menjadi muncul dan  wibawa apat=rat akan pulih sebagaimana yang kita inginkan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.