HARAPAN UNTUK PIMPINAN KPK MENDATANG

Meskipun saat ini sudah banyak yang pesimis dan sinis  sehubungan dengan seleksi calon pimpinan KPk yang dianggap tidka transparan dan lainnya, tetapi sebagai masyarakat biasa kita tengtu masih tetap berharap para pimpinan kpk mendatang akan lebih bagus dan berani gterutama untuk memberantas korupsi di negeri kita tercinta ini. Kita tahu  dan menyadari bahwa korupsi itu biasanya terjadi di pemerintahan dan juga di legislative sehingga diperlukan pimpinan yang tegas berani dan tidak cacat diri. Rakyat pasti akan mendukung langkah kongkerit yang dilakukan oleh KPK.

Mereka yang pesimis terhadap seleksi calon pimpinan KPk memang juga harus dipahami karena mereka tentu sangat  berkeentingan ungtukitu karena pimpinan KPK memang harus diseleksi sedemikian rupa sehingga tidak akan terjadi kesalahan  fatal terhadap para calon. Jika sat ini sudah ada indikasi bahwa sebagian diantara para calon tersbeut belum  membiat laporan tentang harta kekayaannya, tentu itu merupakan salah satu kelemahan dan harus dieleminasi.  Kaitannya dengan partai politik dan ketidak netralan juga harus dihilangkan sebelum semuanya terlanjur.

Persoalan mereka dari mana itu tidak terlalu penting asalkan seleksinya sangat bagus. Beberapa waktu yang lalu ada yang menanyakan tentang asal para calon yang banyak dari kejaksaan dna juga kepolisian. Menurut saya dari manapun asal para calon tdak harus diprtanyakan bahkan kalua  mereka  pernah menjadi jaksa atau polisi tengtu sudha ada pengalaman  mengenai penhyelidikan dan penyidikan  dan itu akan membantu tugasnya nanti. Kustgru yang terpenting ialah babgaimana  seleksi tersebut dapat berjalan secara transparan, baik dan akuntabel.

Dengan seleksi yang baik tersbeut diharapkan akan menghasilkan  para calon yang baik yang nantinya dapat memenuhi harapan masyarakat secara umum. Komentar miring yang ada yakni adanya pimpinan KPK  boneka tidak akan terjadi dan kita akan menyaksikan etapa mereka sungguh berani dan tanp kompromi dalam memberantas korupsi.

Para pimpinan KPK memang tidka boleh berafiliasi ke manapun dan smeata mata untuk keptningan negara dan bangsa. Jika ada salah satu pimpinan yang memanfaatkan posisinya untuk mencari panggung dan ada keinginan untuk menjadi pejabat di pemrintahan tentu itu merupakan aib yang haus segara diberanas. Jika ada indikasi kea rah sam=na maka harus segera diselidiki dan diproses dan jika terbukti maka harus dilengserkan dan digantikan dnegan pimpinan yang lebih kredibel dan memberikan harapan  terberantasnya korupsi di negeri ini.

Harapan kita tentang kebesihan nigari ini dari korupsi tentu bukan sekedar main main, meliankan kesungguhan yang nyata, karena kita menyaksikan betapa bobroknya negera ini jika korupsi masih gentayangan di negeri ini. Bahkan di beebrapa instansi pemrintah, baik yang di;pusat maupun di daerah masih kentara dan  kasat mata meskipun mungkin  asih sangat sulit untuk membuktikannya dengan alast bukti sebagaimana yang diharapkan.

Pada saatnya nanti tangan KPk diharapkan akan mam;u menjangkau  di daerah daerah sehingga semua bentuk penyeleweangan dan kosupsi  besar atau kecil akan dapat diproses  hingga ke pengadilan. Ada banyak bentuk penheleweangan yang dimaafkan oleh pihak pihak tertentu dan tidak dilaporkan hanya  sebuah pertimbanagn  tertengu. Nah, yang seperti itu seharusnya  dapat disentuh oleh tangan KPj sehingga semua bentuk korupsi akan dapat ditangani dengan baik.

Mungkin kerjasama dengan kejaksaan dan keolisian  terus ditingkatkan dalam trealitas yang  benar benar memberikana harapan. Jangan sampai justru antara para enegak hokum  malah rebut sendiri dan  seolah akan  royokan pengaruh sehingga  mereka sendiri malah bertarung sendiri. Memang mungkin agak berat bagi pihak kejaksaan yang  masih banyak dihuni oleh orang lama yang sudha terbiaaa dengan kondisi sebelumnya. Oleh Karen atu dalama pemrintahan baru nanti jika jaksa agung diduduki oleh orang baru dan ada semangat untuk pemberantsan korupsi, maka  harapan tersbeut akan dapat diwujudkan.

Menurut saya smeua  akan dapat dijalankan jika memang pimpinan memberikan keteladanan yang  kongkrita dan selalu melakukan pengawasan dan tegas dalam bertindak. Hal tersbeut dapat dilakukan gebrakan di awal, sebab kalu sudah berjalan beberapa saat tentu akan semakin sulit untuk mengubah kebiasaan yang sudah terjadi secara terus menerus. Dalam hal ini pimpinan KPK yang barus juga harus aktif untuk menjalin kerjasama saling menguatkan dnegan penegak hokum lainnya sehingga terasakan konsisi yang sangat mendukung.

Sesungguhnya kita  sudah merasa puas dngan kinerja pmpinan KPK sejak awal hingga kini, namun rupanya masih ada kekurangan yang harus ditambal oleh pmpinan mendatang, yakni sikap koordinasi dnegan pihak kejaksaan dna kepolsian  sehingga ada kerjasama dalam menangani persoalan korupsi yang terjadi di daerah khusunya. Persoalan menganai  upaya  pencegahan yang memang sudah dijalankan namun masih belum cukup memadahi sehingga  ini meupkan salah satu penyebab munculnya banyak praktek korupsi di beberapa daerah dan dilakukan oleh beberapa pihak.

Mungkin diperlukan praktek pengawasan di kalangan pemrintahan sehingga  para pejabat tidak seenaknya saja melakukan praktek koru[si dengan berbagai moedel yang seakan dianggap  legal. Ini tentu juga harus diberikan contoh teladan bagi impinan tertingginya. Artinya jika  para pimpinan  kementerian misalnya mau memberikan contoh dan model yang  diharapkan akan ditru oleh seluruh eselon di bawahnya, maka  harus ada  pernyataan yang tegas dan dijalankan secara konsisten agar tidak ada satupun pihak yang mencoba unguk memberikan sesuatu kepada para pejabat kementerian.

Sebagai contoh kingkritnya ialah  saat pertama menjabat harus ada pernyataan bahwa jangan ada satu pihak pin yang memberikan  honor melebihi JPL yang dibenarkan  dan lalu jika masih ada yang memberikan elebihi itu harus diberikan sanksi dan dikembalikan. Namun jika hal ini tidak dilakukan maka akan sangat mungkin praktek semecam itu akan jalan terus dan  par pejabat di bawahnya sesungguhnya sudah cukup mengeluh namun tidak berani untuk tidak melakukannya, karena pimpinannya tidka memberikan contoh kngkrit dan konsisten dijalankan. Semoga ke depan  para pimpinan terutama KPK akan mampu menjadikan kondisi bangsa ini semakin baik dan memuaskan kta smeua yang ingin bersih dan nyaman.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.