SELAMAT UNTUK INDONESIAKU

Tanggal 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena  pada tanggal tersebutlah bangsa ini lahir sebagai sebuah bangsa yang merdeka  dan berdiri di atas kaki sendiri, walaupun secara substansial masih merangkak. Kita tentu juga menyadari bahwa sebagai bangsa yang masih baru pada saat itu segalanya masih serba kurang, namun seiring berjqalannya waktu bangsa kita  kemudian  mendapatkan  kelengkapannya, meskipun juga masih ada banyak kekurangannya. Idealnya sebuah bangsa yang merdeka itu terbebas daari segala macam persoalan, namun sebagaimana bangsa lainnya kita juga masih menyisakan persoalan persoalan yang hingga saat ini belum selesai.

Namun bagaimanapun kita patut bersyukur karena  meskipun banyak kekurangan, tetapi kita sudah merdeka dan terbebas dari penjajahan bangsa lain yang merasa superior. Kita tentu dapat mersakan betapa meredeka itu sungguh luar biasa, dibandingkan dnegan kalua tebelenggu oleh bangsa lain karena dijajah dan diperlakukan layaknya seornag budak, disuruh bekerja di tanahnya sendiri, namun penghasilannya diangkut oleh mereka. Dengan berbagai kekurangannya, saat ini bangsa kita sudah jauh lebih maju, bahkan disbanding dnegan beberapa negara lainnya di dunia ini.

Memang kita harus terus merencanakan terwujudnya sebuah negara yang ideal, yang aman, nyaman dan juga enyenangkan.  Saat ini kita masih diganggu atau boleh dikatakan dibelengggu olah [enyakit akit bangsa yakni masih maraknya korusi di kalangan para penyelenggra negara, sehingga banyak kekayaan negara yang bukan mengalir kepada rakyat yang berhak sebagaimana diamanatkan oleh Undang undanag dasar, melainkan malah dialirkan dan dijarah oleh sebagian oknum penyelenggara negara yang tamak dan tidak mempunyai cukup iman.

Kita sudah mempunyai kewenangan tersendiri untuk menyelenggarakan  Pendidikan yang akan mengantarkan anak anak menjadi generasi berkualitas dan mampu bersaing dnegan pihak lain di dunia. Saat ini anak anak kita yang ahli dalam bidang IT sudah sangat banyak, sehingga sesungguhnya kita tidak tertinggal dnegan negara maju lainnnya. Meskipun dmeikian kita memang harus mengakui bahwa kita masih banyak ketinggalan dalam banyak hal dan itu harus kita upayakan untuk memenuhinya sheingga kita akan mampu menyusul merek yang sudah maju terlebih dahulu.

Kita harus yakin bahwa kita mampu menjadi bangsa besar dan berhasil serta unggul dalam banyak hal, namun syaratnya harus  mampu mengendalikan diri untuk hanya mengabdikan diri  untuk kepentingan bangsa dan neara, bukana untuk memperkaya diri sendiri. Jika mental untuk mengambil keungungan sendiri masih melekat di dalam banyak benak orang atau pejabat kita, maka jangan harap kita akan mampu mengejar ketertinggalan dari bangsa lainnya. Percaya diri dan terus berusaha serta tidka mudah menyerah adalah bekal yang sangat berharga dan itu harus kita usahakan dalam kehidupan nyata kita.

Pembangunan dalam berbagai bidang saat ini juga sudah terlihat demikian maju, termasuk dalam bidang infrastruktur yang semakin menunjukkan kelasnya. JJika kita dapat focus daam membangun maka kita  yakin bahwa dalam beberapa tahun mendatang kita akan mampu menorehkan  banyak hasil yang mengagumkan dan bahkan akan membuat iri bangsa lain. Kita memang tidak ingin menciptakan musuh atau pihak yang akhirnya menjadikan diri kita sebagai musuh, namun mau tidak mau dalam hidup ini kita harus berkompetisi dalam arti yang positif agar kita mampu maju dan mencapai cita cita sebagaimana sudah ditancapkan para pendiri bangsa ini.

Sebagai anak bangsa yang tidak menangi kemerdekaaan   kita  tentu hatus mampu merasakan bagaimana para pejuang pada waktu itu merebut kemerdekaan dan lalu juga mempertahankannya. Dengan mencoba memahami yang dmeikian memalui membaca sejarah yang benar, kita akan mendapatkan spirit kuat untuk menruskan perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan ini  mem=lalui banyak kegiatan positif dan mencerdasakan anak anak bangsa menjadi hebat dan berkarakter serta mampu diandalkan di tingkat global.

Untuk itu dalam setiap memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI, kita tidak cukup hanya memperingatinya dnegan upacara bendera semat, melainkan biasnya kita juga  diajak untuk berziarah ke malam pahlawan dan mendoakan mereka serta  dilakukan renungan kemerdekaan yang mengambil intisari dari perjuangan mereka yang demikian heroic dan sangat tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun, terkecuali hanya satu kata merdeka. Lalu dalam renungana tersebut biasanya juga disertai dnegan bagaimana kita harus berikap dan bekerja untuk mengisi kemerdekaan ini.

Para pejuang sudah mengorbankan nyawa, meneteskan darah, serta  mengorbankan seluruh harta dana kesempatan lainnya, lalua kalua kita hanya duduk berpangku tangan saja,  padahal kita mampu melakukan hal lain yang lebih baik, maka kita akan berdosa dan pasti nanti kita akan dimaki oleh generasi yang mengetahui hal ini. Dengan begitu kita berharap generasi mendatang akan tetap setia dnegan NKRI dan terus mengisinya dengan hal hal positif dan bermanfaat bagi anak anak bangsa, taanpa membedakan suku, ras, agama dan lainnya.

Selamat kepada negaraku, kau akan terus menjadi ingatanku dan aku berjanji akan terus menjagamu dengan sebaik baiknya serta akan mengupayakan perbaikaan  terhadap hal hal yang masih terlohat kirang baik pada dirimu. Jangan khawatir kami semua seluruh bangsa tetap akan setia menjaga  dan merawatmu.  Kami akan terus berjuang untuk kejayaanmu dan kami juga rela mati untuk membelamu. Di sinilah aku dilahirkan dan di sini pulalah kiranya aku nanti akana mati, karean itu jangan sampai sedikitpun kau meragukan diriku, kami smeua pasti akan  bangga dengan posisimua  kapan saja.

Selamat sejahtera negara dan bangsaku akau akan terus memohon kepada Allah swt agar kau tetap menjadi yang terbaik diantara bangsa dan negara di dunia ini, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.