MENYAMBUT HUT KEMERDEKAAN RI

Setiap tahunnya memang terasa betapa masyarakat Indonesia sangat antusias untuk memperingati HUT kemerdekaan RI melalui berbagai aktifitas yang mereka dapat lakukan. Sejak beberap waktu sebelum hari H, mereka sudah memasang bendera merah putih dan umbul umbul, lampu hias dana lainnya. Merka juga  sangat rajin bersih bersih lingkungan dan  mempercantik jalan dan halaman masing masing, meskipun tidak dilombakan. Untuk memberikan porsi kepada anak anak, merak juga melaksanakan lomba ;lomba buat anak anak sehingga mereka diharapkan akan muncul rasa nasionalismenya saat mereka besar nanti.

Berbagai jenis lomba untuk anak anak juga sudah dipersiapkan dnegan baik, yanag terpopuler ialah memasukkan pencil ke dalam sebuah botol gtetapi tidak boleh dengan tangan, melainkan  hanya dengan kemampuannya untuk  konsentrasi. Juga membawa kelereng dengan sendok tetapi membawanya harus  menggigit sendoknya dan jika kelerengnay jatuh maka  akan didiskualifikasi, kemudian juga  memukul air yang dibungkus dengan plastic dengan pukulan  dari tangkai daun pisang, namun  harus ditutup matanya, dana ini ternyata sangat seru dan membuat masyarakat sangat gembira oleh lucunya anak anak yang mengikuti lomba tersebut.

Tentu masih banyak lomba yang dijalankan untuk anak anak, sedangkan untuk para remaja dilakasanakan lomba sepakbola dengan memakai sarung, lalu juga panjat pinang, ketrampilan naik sepeea dan lainnya. Sementara itu untuk orang dewasa  sebagian masyarakat ada yang melibatkan diri dalam bentuk lomba dan sebagiannya tidak mengikuti lomba dan cukup hanya mengkoordinasikannya saja. Karena dari smeua itu yang terpenting ialah bagaimana agar suasana memperingati HUT Kemerdekaan RI dapat meriah dan  mengesan pada diri generasi muda.

Jika kita perhatikan, masyarakat begitu antusiaas dalam mempersiapkan peringatan tersebut sehingga mereka rela untuk merogoh sakunya auntuk keperluan memriahkan  HUT kemerdekaan RI tersebut. Biasnaya mereka juga secara massal melalkukan jalan kaki atau mungkin juga melaksanakan karnaval dengan ebrbagai model tampilan sari masing  masing kelompok masyarakat, seperti Rt RW atau lainnya. Biasnya karnaval tersebut dilaksanakan menjalang atau sesudah hari H dan mengambil hari libur dengan  maksud tidak banyak masyarakat pengguna jalan yang akan terganggu.

Para pedagang ternyata jkuga sangat tanggap dengan kondisi tersebut sehingga jauh jauh hari mereka sudah menyiapkan banyak souvenir dan peralatan yang terkait dengan HUT kemerdekaan RI, seprti bendera merah putih,  umbul umbul dan lainnya. Ternyata masyarakat juga antusias untuk membelinya sehingga dalam hal ini sama sama diuntungkan.  Pernak Pernik terkait dengan Hut kemeerdekaan TI tersebut juga sangat mudah dijumpai di beberapa jalan protokol dan para pedagang menjajakan dagangannya di pinggiran jalan. Rupanya para petugas pun juga paham sehingga mereka tidak melarangnya.

Bahkan beberap anak sekolah juga telah mempesiapakn diri dnegan sangat antusias, khususnya mereka yang diberikan tugas untuk mengibarkan sang saka merah putih pada saat peringatan detik detik proklamasi. Mereka pada umumnya tidak ingin gagal menjalankan tugasnya sehingga mereka  dengan tekunnya berlatih hingga sore hari.  Pada galibnya mereka menjalani latihan tersebut minimal dua minggu untuk memantapkan tugasnya dengan sangat baik.

Ternyata bukan saja  para pelajar yang diberi gugas mengibarkan bendera  merah putih saja yang snagat antusias, melainkan juga para orang tua dan para petani tidak kalah antusiasnya dalam mempersiapkan peringatan HUT kemerdekaan RI tersebut dnegan berbagai macam kegiatan yang akan mereka jalankan pada saatnya. Bahkan sebagian para petani sudah mempersiapkan jauh jauh hari sebelumnya yakni dnegan memberikan perawatan terhadap tanamannya untuk kemudian pada saatnya akan dipamerkan dalam  karnaval massal.

Secara umum hamper tidka ada masyarakat yang berpangku tangan berdiam diri serta tidak tertarik untuk mempersiapkan diri dalam peringatan Hut kemerdekaan nanti. Mungkin inilah  buah perasan andarbeni negara ini sehingga merka tidak mau  momen yang begitu bermakna tersbeut berlalu begitu saja. Tentu ini merupakan modal yang sangat bagus untuk negara kita, karena dengan para warga bangsanya yang sangat mencintai negaranya, pastilah akan sangat mudah untuk mengelolanya sedemikian rupa sehingga akan menjadi sebuah kebajikan yang akan membawa negara ini menjadi maju.

Lihatlah saat ini hamper semua jalan dipenuhi oleh bendera dan umbul umbul, semua perantoran juga sudah dihiasi dnegan bendera dan pernak Pernik  kemedekaan, bahkan  kendaraan pun juga sudah dihiasi dnegan bendera merah putih dan gambar garuda. Barangkali kalua kita menyaksikan persiapan memperingati hari ulang tahun sebuah negara di negara lain, kita tidak akan menemukan sesuatu  seheboh di masyarakat kita. Tentu ini sekaligus juga membanggakan kepada kita selalu bangsa, meskipun di sisi lainnya kita masih banyak kekurangan, namun untuk kepentingan negara rupanya masyarakat tidka mau main main.

Kita tidka mungkin memotret seluruh persiapan masyarakat dalam memperingatai Hut kemerdekaan RI tersebut, karena terlalu banyak dan bervariasi, untuk itu mungkin yang dapat kita sampaikan ialah bagaimana mereka merasakan kebanggan tersedniri  dalam negara kesatuan Indonesia ini. Dengan kebanggan tersbeut mereka kemudian mamu untuk menghjimpin  sesuatu yang  sepertinya sulit dan bahkan mustakhil, lalu dapat menjadi sebuah kenyataan. Sekali lagi kita patut bersyukur karena ternyata bangsa ini begitu gemati terhadap bangsanya sendiri, tanpa harus merugikan terhadap pihak lain.

Justru kalua kita lihat mereka malah memberikan kesenangan kepada pihak lain, karena  apa yang telah mereka lakukan ialah sesuatu yang menyenangkan dan memberikan kepuasaan, karena itu sekali lagi mari kita syukuri semua ini sebagai sebuah anugrah yang Allah berikan kepada bangsa ini, ntuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa ke depannya, smeoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.