WARISAN TERBAIK

Dalam hidup ini terkadang ada orang yang  selalu mengharapkan warisan dari orang tuanya, tetapi mereka lupa bahwa ada wrisan yang terbaik bagi mereka. Kebanyak orang hanya memandang bahwa warisan itu berupa harta benda semata, dan bilamana ada orang tua tidak mampu mewriskan harta kepada anak anaknya maka dia dianggap sebagai orang tua yang gagal dan tidak bertanggung jawab.  Namun smeua itu tidak benar, karena tidak ada orang tua yang tidak ingin memberikan sesuatu yang terbaik bai anak anaknya.

Hanya saja terkadang diantara orang itu berbeda pandangan, sehingga apa yang harus diwariskannya pun juga pastinya berbeda.  Sebagian besar manusia biasan memandang harta merupakan harta warisan yang  paling baik, tetapi sebagian lainnya justru memndang sebalinya bahwa wqarisan terbaik ialah jika dia mampu emndidik anak ankanya dan emmbekali anak anaknya dnegan ilmu  dan akhlak yang baik.  Jik a harus memilih diantara keduanya tentu orang juga aberbeda pendapat, namun jika kita waras dalam mekikirkannya pastilah kita akan ;ebih memilih mewariskan ilmu dan akhlak.

Harta nyang melimpah jika menjadi harta wtisan, terkadang tidak akaan awt karena anak yang bodoh dan tidak  berakhlak dapat sajaa menghabiskan harta watrisan tersbeut di meja judi atau untuk berhura hiran yang tiada berarti, namun jika orang mewriaskan ilnu dan akhlak tentu akan semakin baik anaknya  untuk menjalani hdup di dunia. Bahkan dnegan ilmu dan akhlk yang baik anak tersbeut dapat  ;ebih mensejahterakan dirinya dana menghasilkan harta halal yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Banyak orang yanag bangga dapata mewariskan harta yang banyak untuk anak anaknya, tetapi banyak juga yang akhirnya menjadi penyesalannya. Bahkan anak anaknya yang diberikan harta tersbeut sama sekali tidak menghargainya dan bahkan  mencampakkannya. Aakhira hayatnya menjadis ebuah bencana baginya karena anak anaknya  sangat buruk perangainya dan menghabiskan hartanya dengan hal hal yang sama sekali tidak ada manfaatnya.

Sebaliknya ada orang yang pada saat hidupnya selalu saja memanfaatkan hartanya untuk mendidik anak anaknya memasukkannya ke pesantren dan sekolah yang memberikan ajaran  agama dan akhlak dan akhiranya  hartanya habis untuk itu. Tetapi bukannya rugi,melainkan malah banyak beruntung karena anak anaknya  ternyata sangat baik memperlakukannya dan menghormatinya.  Kalaupun dia tidak mampu mewariskan harta tetapi akhirnya anak anknya tersebut dapat meraih harta duniawi yang tidak sedikit berkat Ilmu dan jug akhlaknya.

Tentu akan jauh lebih bagu jika kita mampu mewariskan ilmu akhlak dan juga harga benda untuk anak anak  karena itu akan menjadi modal terseniri untuk bekal hidup mereka dan mempertahankan kebaikan yang sudaha ada dalam diri mereka. Tenu kita juga harus memberikan keteladanan ke[ada mereka mengenai kepdulian kita kepada orang orang lemah dan fakir miskin serta anak anak yatim. Sebab dengan bekal tersebut mereka nantinya juga akan mau memperhatikan nasib mereka yang kurang beruntung dan mau membantu mereka.

Tentu amat disayangkan kalua ada orang tua yang  eman eman nutk mendidik anak anaknya karena ketakutan  hartanya akan habis, kaarena justru dengana tidak mendidik mereka dengan Pendidikan yang baik, mereka pasti akana rugi sendiri karena pada sata mereka tua nanti, anak anaknya justru menjadi penyebab penderitaannya. Coba bayangkan jika mereka tidka berilmu dan juga tidak berakhlak, maka jika kita sakit saja  anak anak juga tidak akan mau mengobatkaan kita, dengan alsaan biaya mahal dan akhrnya kita akan hidup dengan penderitaan yangtiada henti.

Anak yang salih tentu akan mempergjuangkan kita sedemikian rupa meskipun harus mengorbankan diri mereka  karena kesayangannya mereka kepada kita. Bahkan apapun yang mereka punya mereka akan sanggup untuk menualnya untuk pengobatan kita misalnya. Di samping itu hal yang terpenting ialah anak yang slaih pasti akan selalu mendoakan kita untuk kesejhatan, keselamatan dan juga ampuna Allah kepada kita. Kita yakin bahwa doa anak yang salih akan dikabulkan oleh Allah swt, dnaa jika kta sudah berada di alam barzahh, maka tidak ada yang kita harapkan terkecuali doa anak anak kita.

Karena itu mumpung saat ini masih ada kesemptan bagi kita untuk memberikan warisan kepada anak anak kita, lakukanlah beberapa hal yang terbaik bagi mereka, yakni berilah merekaa pendidkan yang terbaik, terutama kenalkan mereka keada agama dan syariat yang benar, lalu didik mereka dengan akhlak yang baik dan peduli kepada sesame. Jika akita tidak mampu untuk melakukannya sendiri kita dapat menitipkannya kepada pesantren yang baik dan selalu meantaunya  dengan cara yang terbaik juga.

Jangan sampai kita nantinya menyesal karena tidka tidak mau mempersiapkan warisan kita kepada anak anak, dan kita terlena dengan mengumpulkan harta yang dianggap akan mampu menolong kita, padahal justru malah akan menjadi aral bagi kita kalua kita salah dalam mendidik anak dan mengantarkan mereka  mendapatkan sesuatu yanag berguna bagi hidup mereka.  Kita harus bangga tetaapi tidak sombong jika kita mampu mengantarkan anak anak kita menjadi orang pintar dalam hal syariat dan sekaligus juga berkelakuan baik, ketimbang kita mengantarkan mereka pandai dalam ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi akhlaknya buruk.

Syukur kalua kita mampu mengantarkana mereka  dalam kedua hal tersbeut, yakni memberikan bekal ilmupengetahuan dan teknolgi dan sekaligus  syariat yang benar dan akhlak yang mulia. Sudah pasti Rasulullah saw juga pasti akan menjadi banga dengan kya sebagai umatnya jika kita mampu mengantarkan anak anak kita menjadi orang terbaik dan menjadi umat beliau yang juga baik serta mampu meneladani aseluruh kehidupan beliau. Semoga kita akan mampu mewariskan akhlak mulai kepada anak anak kita sehingga mereka akan menjadi kebanggan kita kelak di kemudian hari, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.