MENSYUKURI RAHMAT ALLAH SWT

Cara Allah swt membagikan rizki kepada para hamba Nya memang berbeda beda dan dengan kadar yang ebbeda apula, namun smeuanya tentu  ada maksud yang baik untuk para hamba tersebut. Tujuan Allah swt memberikan segala sesuatu kepada para hamba ialah agar mereka mengngat dana sekaligus mensyukuri nikmat tersebut dan semakin mendekat dana memperbanyak ibadah kepada Allah swt. Namun sangat disayangkan sebagian diantara para hamba tersebut justru malah lupa dan menjauh dari Tuhan.

Memang cara Tuhan memberikan ujian kepada para hamba Nya tersebut berbeda, sebagiannya dengan cara dicabaut sebagian nikmat dan sebagian lainnya justru malah dilimpahkan nikmat. Jadi baik  dengan cara dicvoba amenjadi miskin maupun  diberikan kekayaan yang melmpah itu samaa  saja  dalam arti untuk menguji hamba tersebut, apakah mereka mau mengingata kepada Allah ataukah sebaliknya justru malan melupakan nya. Beurntung banget bagi mereka yang dengan kemiskinna  lalu mendekat dana selalu memohon kepada Tuhan agar diberikan kesabaran dan kaunia. Demikian juga berhagaialah bagi mereka yang diberikana kekayaan dan kemudian terus bersyukur atas segala nikmat yang diterimanya.

Sebaliknya celakalah mereka yang diberian kemiskinan namun justru melaha menjauh dari Tuhan dan  demikian juga  mereka yang diberikana kenikmagan dan karunia yang banhyak, tetapi malah ingkar dan sombong serta melpakan Allah swt. Ternyata yang berlaku demikian cukjup banyak sehingga mereka akan mengalami kerugian yang berlipat ganda baik saat masih hidup di dunia maupun nani setelah emreka kembali kea lam kelanggengan yakni alam akhirat.

Manusia itu sangat lemah dan tiada daya apapun terkecuali semuanya atas kehendak dan karunia Allah swt. Dengan demikian jika seseornag mau menyadari hal ini, pastilah dia akan selalu mensyukuri nikmat yang telah diterimanya, karena rizki itu bukanlah semata mata berupa hata yang banyak, melainkan juga sebuah keutuhan anggota badan dan juga kesehatan serta harta dan semua yang didapatkaan setiap harinya.  Jika seseorang diberikana kesehatan oleh Allah swt sehingga tidak sakit apapun, maka otulah merupakan rizki yang sangat mahal dan seharusnya disyukuri dengan mendekatkan diri kepada Nya.

Setiap hari semua makhluk pasti menerima kasih saying dari Tuhan dan karunia yang tidada terkira, hanya saja kebanyakan manusia itu serakah dan tidak mau mengingat karunia, melainkan hanyaa mengejar sesuatu yang dianggapnmya akan memberikan kebahagiaan sementara kepadanya, yakni harta dan harta.  Padahal setiap detiknya mereka selalu menerima karunia dari Tuhan, kesehatan dann juga nafas serta kelengkapan rgan tubuh adalah karunia yang paling besar yang diberikan secaraa gratis oleh Allah swt. Nmun sayangnya memang mereka tidak pernah menyadari dan kemudian mensyukurinya.

Sungguh keterlalauan mereka karena sama sekali tidak mau berterima kasih ke[ada Tuhan yang selama ini selalu memberikan karunia kepadanya, bahan malahan selalu menuntut sesuatu yang lebih dafi kebutuhannya. Karena itu sekali lagi beruntunglah mereka yang selalaumenyadari karunia Allah kepada drinya seberapapun nilainya, karena  sebagai manusia pqsti tidak akana mampu membayangkan jika Allah tidak memberikan karunia Nya kepada dia. Kalaupun sampai saat ini dia masih diberikan ujian berupa kemidkinan dari harta, maka itu tidak akan mengubah kesyukurannya kepada Tuhan, karena kesehatan itu jauh lebih besar nilainya ketimbanag harta benda.

Namun kita smeua harus percaya bahwa ketenangan itu akan dapat diraaihnya  meskipun tidaka harus dnegan ebrgelimanag harta. Kita sangat yakin bahwa  kebahagiaan itu tidak terletak pada harta, karena banyak diantara para hamba Allah yang bergelimang dnegan harta tetapi hatinya tidak tenang, melahana sebaliknya hatinya selalu gundah gulana dan selalu dikejar kejar rasa bersalah dan mungkin juga ada ketidak tenangan dalam jiwanya.

Memang masih banyak para hamba yang tidak dapat menerima kenyataan bahwa katrunia Tuhan itu  sangat ebrvariasi dana hanya melihat bahwa yang namanya karunia itu hanya berupa harta, bukan yang lainnya, padahal kalua dia kemudian diberian narat yang melimph tetapi tidak diberikan kesehatan, maka dia pasti tidaka akan merasakan kenyamanan hidup. Sebaliknya jika orang salalu menyadari karunia yang se;alu dilimpahkan kepadanya, maka dia akana selalau mensyukurinya, meskipun secara lahir dia kekurangan dalam hal harta, tetapi yakinlah bahwa dia tidak akan merasa menderita, melainkan pasti akan merasakana kenyamanan hidup.

Suatu saat jika dia selalu berusaha dan selalu mensyukurinya maka  pada saatnya pasti Allah akan memberikan rizki yang cukup untuk dirinya dan sekaligus juga akan emberikan ketenangan jiwanya.Semakin dia mengingat dan berdzikir kepada Allah, maka semakin ada ketenangan dalam jiwanya dan selalu merasaa syukur ke[ada Allah swt. Allah swt sendiri telah memberikan jaminan bahwa siapapun yang selalu mengingat Nya pasti akan diberikan ketenangan dalam jiwanya, meskpun mungkin  ada sesuatu yang dianggap kurang secara lahir, seeprti keiurangan dalam hal harta.

Sikap yang benar ialah bagaimana kita dapat selalu merasakan karunia tuhan dalam diri kita dan sekaligus kemudian mensyukurinya. Cara bersyukur itu bukan sekedara mengucapkan alhamdu lillah, melainkan justru semakin kita emndekatkan diri kepada Nyaserta selalu berusaha untuk semakin meningkatkan  amalana kebajikan yang memang menjadi hal yanag diperintahkan dan disukai Nya. Untuk itu siapapun seharusnya  menyedarai karunia yang setap detik dilimpahkan oleh Allah swt kepada kita dan sekaligus mensyukurinya dnegan cara meningkatkan  kebajikan kepada sesame umat manusia.

Semoga Allah akana senantiasa memberikan karuniaa Nya ke[ada kita dan meberikan taufiq serta hidayah Nya kepada kita sehingga kita tidak akan pernah melupakan karunia tersebut dan selalu berbagi dengan sesame  tentang apapun yang diberikan oleh Allah kepada kita. Kita harus selalu yakin bahwa Allah pasi akan menolong para hamba Nya selama kta sebagai para hamba ini selalau ingin menolong sesame makhluk Nya, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.