PELAJARAN KEHIDUPAN

Banyak sekali pelajaran yang dapat ditarik dari kehidupan umat manusia, baik yang menyedihkan maupun yang menyenangkan, karena pada dasarnya semua proses kehidupan itu merupakan pembelajaran yang snagat berharga jika  kita mau memetiknya dan sekaligus mau memanfaatkannya. Pada saat seseorang mengalami sutit dalm usahanya, dana kemudian menjadi miskin, maka itu semuanya  hanyalah proses ujian yang mesti dijalaninya dan jika mampu bertahan dengan kesabaran, maka pasti akan menunai keberuntungan dan masa depan yang lebih baik.

Namun sebaliknya jika kita tidak mampu menjalaninya dengan ikhlas, maka justru kita akan semakin terpuruk dan gagal bangkit. Memetic pelajaran dari sebuah kehidupan itu memang tidak mudah, apalagi jokaa kehidupan tersbeut berbentuk kesulitan hidup dan kemiskinan, karena biasanya  orang akan merasakan penderitaan yang sngat jika sudah gagal mendapatkan sesuatu yanag diidamkannya. Namun sesungguhnya sama saja dengan proses kehidupan berupan keberuntungan dan kejayaan, karena jika orang lupa dan tidka mampu menjaganya, justru malah akaan lebih parah, terutama jika kemudiana mengalami kegagalan.

Jika sejak awal rang sudah terbiasa menderita, mungkin akan lebih mampu bertahan dalam ketidak mampuannya dan jika dia kemudian mau bangkita dan berusaha dnegsn sungguh sungguh, maka dia pasti akan mendapatkan keberuntungan dan kejayaan. Namaun jika orang sudah terbiasa  dalam hidup berkecukupn, lalu bangrut dan menjadi miskin, maka biasanya akan sangat sulit untuk bangkit. Jangankan bankit, hanya sekedar bertahan hidup saja rasanya sudah sangat berat. Itulah mengapa sesungguhnya ujian dnegannharta benda banyak itu jauh ;ebih erat bagi manusia jika dia menyadarinya.

Nmun dmmeikian jika  manusia  diberikan ujian  dengan banyaknya harta dan lalu diam au mensyukurinya dan selalu berbagai dengan saudaranya yang lain, maka  dia akana mendapatkan karunia yang paling menyenangkan, karena mampu bertahan dalama kebahagiaan serta mendapatkan karunia yang terus bertambah dna melimpah.

Banyak kita saksikan episode kehidupan umat manusia yang  berbeda. Ada persoalan rumah tangga yamg tidak dapat diertahankan meskipun sudah dibangun dengan susah payah, hanya disebabkan kekirang pengertian diantara keduanya. Atau karena sebablainnya seperti kekurangan materi harta   ataukarena salah satunya bersikap iri terhadap keberhasilan pihak lain, sementara  dirinya susah baangkit, sehingga putuslah hubungan suami istri, atau mungkin karena tidak dikaruniai anak dan sudah berusaha cukup lama  dan belum juag mendapatkannya, lalu salah satunya tidak tahan dan kemudia berpisah dan lainnya.

Atau adanya ketertarikan salah satu pasangan dnegan lainnya yang diluar, sehingga akemudian mereka menuruti nafsunya dan mengalahkan ikatan suami istytri dan terjadilan perpisahan diantara suami isteri tersebut. Atau juga ada episode kehidupan yang  berantakan hanya disebabkan oleh ketika mampuan menjaga hubungan dnegan orang tuanya sedniri yang dianggap selalu mengatur kehidupannya. Tentu masih banyak lag kenyataan yang dapat kita saksikan di tenagh tengah masyarakat kita tentang kehidupaan anak manusia dalam menjaani kehidupan.

Dalama kenyataan tersebut, kita juga menyaksikan ada sebagiannya yang kemudian mampu bangkit dan mengambil hikmah dalam peritiwa yang dialaminya dan bahkan kemudian malah menjadi semakin sukses, namun sebagiannya lagi justru semakin berantakan. Tentu ada [enyebabnya mengapa mereka dapat sukses dan mengapa pula mereka justru ma;ah semakin berantakan. Dalam menjalani kehidupan ini sesungguhnya  ada prinsip yang harus dipegang jika kita menjalin hubungan  rumah rtangga dengan pasangan, yakni komitmen untuk saling menjaga dan memeprcayai tanpa harus dibumbui dnegan saling curiga.

Kalau soal pertentangan dan perselisihan dalam sebuah rumah tangga itu merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat di[ungkiri, khususnya pada awalnya, namun jika kemudian dengan berjalannya waktu lalu ada saling kepercayaan diantara keduanya, maka  badai sebesara apapun pasti akan dapat dilaluinya dnegan baik. {ada saat awl awal biasanya persoalan kepercayaan akan menjadi ujian yang berat  dan biasanya pula ada salah satu piha yang meragukan kesetiaan dan komitmennya dan kemudian terjadilan perselisihan  kecil.

Dalam kondfisi dmeikian kita harus pandai pandai menyelesaikannya dan jangan dibiarkan membara sedemikian rupa sehingga kita tidak akan mempu memadamkannya. Harus ada  upaya untuk meredam apapun masalah yang etrjadi dana jika kemudian mereka mampu mengatasinya enegan baik dan  memang kesetiaan dan komitmen awal memang tidak dilanggar, maka kita akan mendapatlan sebuah hubungan yang harmonis serta awet.  Memnag tidak meudah untuk mengatssi persolan tersebut, apalagi jika salah satu pihak sudah mengedepankan emosinya dan menjauhkan diri dari pikiran serrta hatinya, pasti akan jauh ;ebih sulit.

Nah, jika kita merasa sangat sulit mengatsi maslah keluarga sebaiknya kita memintaa fatwa kepada orang yang dianggap  bijak untuk menyelesaikan persoalan kita. Biasnya kita akan endapatkan nasehat yang sangat umum dan jika kita meyakininya maka pasti kita akan mendapagkan jalan keluarnya.  Terkadang kalua kita pergi ke seorang ulama maka kemudian kita akan disarankan untuk mempercanyak shalat sunnah  pada malam haru serta memohon petunjuk dari Allah swt serta memperbanyak dzikir dan membaca kitab suci.

Jika kita memamg merasakan bahwa kita masih belum rajin shalat maktubah apalagi shalat sunnah, maka itu mungkin salah satu factor yang menyebabkan runtuhnya tiang rumah tangga sehingga seoah akan roboh. Jika kta kemudian mau engikuti saran untuk menjalankan ibadah shalat wajib dan memperbanyak sedekah, psti badai akan berlalu dan kita akan emndapakan higayah yang ;ebih  untuk merajut kemabli rumah tangga yang hamper  rusak.

Memang lebih banyak merenungi kehidupan kita, akan semakain mempertebal keyakinan kita aternhadap apa yang diputuskan oleh Allah swt dan sekaligus akan mengokohkan tali ghubungan  rumah tangga serta akan semakin emmbuat kit bersabar dalam menghadapi setiap persoalan. Semoga kita akan senantiasa diberikan jaln keluar oleh Allah swt setiap kali kita mendapatkan kesulitan atau masalah dalam ha; apapun, termasuk dalam rumah tangga kita, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.