BACALAH BISMILLAH

Jika kita merasakan sebagai hamba Tuhan yang selalu mendapatkan pertolongan Nya, maka ita harus merasakan sesuatu yang selalu diberilan oleh Nya kepada kita. Setiap kita akana melakukan sesuatu, apalagi kalua itu terkait dengan kebajikan, maka kita harus yakin bahwa iu smeua adalah karena kehendak Allah swt yang dijalankan melalui diri kita, karena itu kita harus selalu menyebut nama Nya dengan kesadraan penuh, setidaknya dnegan mengungapkannya dengan membaca basmalah. Jika kita membiasakan diri dengan menyebut nama Nya s\dalama setiap perbuatan kita, maka kita sesungguhnya telah menyertakan perbuatan tersebut  akan kekuatan Allah swt dan kehendakNya.

Dengan kenyataan tersebut kita sesungguhnya sudah  melakukan keajika serta tidak akan pernah melupakan peran Allah dalam setiap lanagkah kita. Artinya jika kita akana memulai sesuatu seperti makan, minum dan sejenisnya dan kemudian kita mengwalinya dnegan membaca basmalah, maka kita seakan  mengakui dan memang seharusnya mengaku bahwa jika Tuhan tidka berkenan maka kita tidak akan mam;u melakukan makan sekalipun. Basamaalah artinya dengan menyebut nama Allah swt, itu berarti apapun yang akan kita kerjakan pastinya semua atas kehendak Nya bukan kemauan kita sendiri.

Segala sesuatu yang terjadi, termasuk yang kita rencanakan dan kerjakan ialah karena semata mata kehendak Nya, dan jika dia tidak menghendakinya, maka smeua tidaka akan terlaksana. Tidak ada daya dan kekuatan apapun terkecuali hanya karena  kehendak Nya. La haula wala quwwata illah billahil aliyyil adhim. Mungkin ada sebagian orang yang yidak menyadari semua kekuatan itu dari Allah swt sehingga dia akan berani mengatakan bahwa  dia sendirilah yang mampu melakukan sebuah pekerjaan. Mungkin saja sesuatu akan terjadi dengan keinginannya, namun itu merupakan sebuah karunia Tuhan.

Namun jika Tuhan meenghndaki maka segalanya akan terjadi, termasuk jika kahrus tidak melaksanakan keinginan anak manusia yang angkih dengan kekuatannya. Tuhan bahkan mampu untuk melakukan apapun yang dikehendaki Nya meskipun itu terasa sangat mustakhil ,enurut akal manusia. Bagi Nya tidak ada satupun hal yang msutahil karena jika Dia menghendaki, cukup hanya dengan mangatakan “kun” maka  sesuatu tersebut akan terwujud. Yulah Allah swt yang memang  merupakan Tuhan yang hakiki, bukan sekedaar sebuah dzat yang dituhankan oleh sebagian pihak.

Allah swt tidak peduli apakah  ada manusia atau makhluk yang mengakui Nya, sekalipun tetaplah kekuasaan nya tidak akan berkurang. Tuhan tidka membutuhkan pengakuan siapapun, tetapi justru  siapapun pasti membutuhkan Nya dalam berbagai situasi. Itulah Tuhan yang hakiki karena  kekuasaan dan kemaha  segalanya itulah yang menjadikan Nya sebagai Tuhan yang sesungguhnya. Kita semua bergantung kepada Nya dan kita smeua berharap apapun dari Nya.

Bismillah adalah sebuah pernyataan untuk menguatkan  komitmen kta terhadap keberadaan dan kemaha kuasaan Nya, dengan deikian kita akan senanatiasa mengakui Nya sebagai kekuatan yang tidak ada bandingannya, meskipun  Dia tidak tampk dan kita tidak mampu melihatnya saat ini, namun kekuatan kepercayaan itulah yang membuat kita menjadi kuat dan tidak ada kekuatan manapun yang mampu menandinginya.

Tentu  jika kita mampu menghayati dan menyadari bahwa dengan membaca basmalah tersebut kita menyandarkan seluruh hidup kita hanya kepada Nya, maka  akan terjadi sesuatu hal yang sangat  luar biasa, meskipun banyak orang yang tidak menyadarinya dana mungkin juga tidak mau mengakuinya. Namun bagi kita itu tidak menjadi masalah, karena yang terpenting ialah bagaimana kita menyadari kekuatan Allah swt yang diberikan kepada kita  yang selalu mengakui Nya dan sekaligus menyandarkan semua hal hanya ke[ada Nya.

Kepasrahan sepenuhnya kepada Allah swt  dengan kesadaran penuh, tentu akan membuat diri kita menjadi lebih kuat dan percaya diri terhadap segala  sesuatu yang akan kita lakukan. Mungkin juga pada saat tertentu akan terjadi keajaiban yang luar baisa yang mungkin juga tidak kita percaya namun itu dapat saja terjadi karena kehendak Allah. Sudah bnayak kenyataan hidup yang dapat disaksikan betapa kemaha kUasaan Tuhan menjadi nyata saat terhadis esuatu yang kasat mata, namun ada sesuatu keajaiban yang  menyelip di dalamnya.

Untuk itu tidak sepatutnya kita  masih ragu terhadap pertolongan Allah swt kepada hamba Nya yang memasrahkan seluruh hidupnya kepada Allah swt. Kita menyaksikan betapa hamba hamba tuhan yang baik dan serratus persen memasrahkan hdupnya kepada Tuhan, lalu diberikana kejaiban  gtertentu yang dianggap sebagai sebuah kemukjizatan oleh orang awam.  Ssungguhnay kejadian tersbeut  seharusnya dijadikan sebagai sebuah  pelahjaran  bagi smeua orang bahwa  Allah itu mam;pu berbuat yang tidka  lazim karena  kekuasaan Nya.

Namun pelajaran seperti itu ternyata banyak dibiarkan begitu sajaa oleh kebanyakan manusia, dan  hanya dibcarakan sebagai sesuatu yang tidak akan terulang kembali. Saying sekali memang karena  sesuatu yang dimaksudkan untuk ddijadikan sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baaik tetapi dibiarkan berlalu begitu saja. Atas dasar inilah kitaa  berharap agar banyak orang yang mampu menyadari persoalan ini dan kemudian  lebih merasakan betapa kita ini seornag hamba yang tidak mempunyai daya apapun terkecualai diberikan oleh Allah swt.

Hal terpenting bagi kita saat inilaha membiasakan diri untuk senantiasa membaca basmalah dalam setiaap mengerjakan aktifitas apapun agar kita menjadi menyadari abhwa smeua yang kta lakukan ialah karena atas perkenan Nya semata, dan dengan dmeikian kita akana semakin menjadi hamba yang  baik dan sekaligus memberikan manfaat bagi banyak oraang dan sesame makhluk. amin

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.