PAGI YANG INDAH

Tidaak sebagaimana pagi pagi sebelumnya, pagi kali ini terasa begitu nyaman. Meskipun sesungguhnya bagi orang lain mungkin pagi ini juga sama dengan pagi pagi sebelumnya, akan tetapi karena suasana hati yang sedang nyaman dan bebas dari beban berat yang selalu menghimpit, maka terasa  tidak biasa pagi ini. Matahari begitu cerah dana seolah ikut bahagia menyambut pagi kali ini. Meskipun ini hanya sebuah perasaan semata, akan tetapi memang begitu terasa dan sangat istimewa.

Beban sehari hari yang selalu menuntut untuk dituntaskan, saat ini seolah hilang semuanya, dan yang tersisa ialah sebuah harapan kebebasan untuk mengekspresikan semua yang mampu diekspresikan. Sudah barang tentu semua itu harus dikendalikan oleh sebuah keimanan yang kuat sehingga akan tetap terarah jalannya dan tidak akan melenceng dari rel yang sudah ditentukan oleh Sang Khaliq. Kiranya hanya pengabdian sematalah yang ingin dikerjakan untuk selanjutnya karena sudah saatnya  mengambil yang demikian.

Ada sesuatu yang selama ini terasakan hilang karena sudah lama ditionggalkankarena persoalan tugas yang menyita abanyak waktu. Nah, dengan  kenyataan saat ini kiranya sudah waktunya untuk mengambil kembali sesuatu yang hilang tersebut agar dapat kembali ke jalan  dan rel yang memang sudah menjadi komitmen awal. Mungkin juga akan banyak waktu yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai aktifitas yang akan memberikan manfaat bagi banyak umat.

Hanya doa dari semua sahabat yang selalu diharapkan agar kehidupan  selanjutnya akan banyak memberikan manfaat dan produktif sehinggga akan banyak hal yang dapat dikerjakan. Barangkali juga kemungkinan akan  juga dilakukan berbagai aktifitas yang berkaitan dnegan bisnis, olah raga dan juga santai untuk menjaga agar badan tetap bugar tanpa kekurangan apapun.

Memang tidak semua kondisi yang luang dapat langsung dimanfaatkan untuk hal hal positif, karena semua masih tergantung  dengan kemauan masing masing orang. Ada tipe orang yang justru tidak mampu berbuat apa apa  setelah mendapatkan peluang yang sangat terbuka, bahkan terkadang malah bingung akan mengerjakan apa dan akhirnya hanya melamun dan  banyak berpikir yang negative, tetapi ada juga tipe orang yang begitu mendapatkan peluang, langsung dapat memanfaatkannya untuk hal positif dan bermanfaat.

Secara ideal semua orang akan sangat terbantu dengan kondisi free yang didapatkan, namun semua itu masih juga tergatung kepada niat dan kesungguhan orang tersebut, apakah dia memang benar benar memanfaatkan peluang tersebut ataukah hanya membuangnya secara percuma. Seharusnya kalau orang beriman, pastilah akan memanfaatkan peluang tersebut untuk segala hal yang positif dan sama sekali tidak akan membuangnya begitu saja.

Tetapi kita juga menyadari bahwa tidak semua orang itu sama, dalam arti ingin memnafaatkan semua peluang untuk kebajikan dan untuk kemanfaatan, baik bafi dirinya, keluarga maupun semua orang. Untuk mengatakan tersebut memang sangat mudah tetapi untuk merealisasikannya dalam kenyataan  cukup sulit, terkecuali memang niatnya sangat kuat dan ada keyakinan dalam dirinya tentang keberkahan dan  pahala atas semua amal baik.

Banyak cerita tentang orang orang terdahulu yang dapat kita jadikan sebagai pelajaran menganai hal ini, karena sebagian diantara mereka ternyata sangat pandai berbicara saja tanpa dapat membuktikannya dalam kenyataan. Nah, tipe orang yang seperti itu tentu tidak bagus untuk dijadikan sebagai teladan dan  sebaiknya kita melupaknnya. Sedangkan tipe lainnya yakni mereka yang selalu memanfaatkan setiap peluang  yang ada untuk kebaikan dan hal hal positif lainnya. Inilah yang perlu kita lihat dan jadikan sebagai teladan dalam kehidupan kita.

Sekedar untuk menjadikannya sebagai teladan saja terkadang kita menjadi sulit, apalagi kalau harus melaksanakannya secara benar, pastinya lebih sulit. Sejatinya semua itu memang tergantung kepada dirin kita masing masing. Artinya kalau kita memang menginginkan sebuah kondisi yang akan membawa kebajikan kepada kita, tentu kita harus mau berusaha dan melakukan sesuatu yang mungkin agak sedikit sulit, tetapi lama kelamaan pastinya akan menjadi kebiasaan dan mudah.

Sekali lagi persoalan ini membutuhkan keseriusan dan kemauan yang kuat dari diri sendiri karena tidak ada pihak manapun yang akan mampu mendorong, kalau diri sendiri tidak menginginkannya, dan sebaliknya tidak ada siapapun yang mampu menghentikannya jika diri sendiri menginginkannya. Jadi sekali lagi semua ini tergantung kepada kemauan masing masing orang, dan beruntunglah mereka yang mampu memanfaatkan semua peluang untuk dijadikan sebuah kebajikan.

Untuk mendapatkan kondisi yang cerah dan menyenangkan tentu dibutuhkan suasaan hati dan pikiran yang jernih dan tanpa dibebani oleh permasalahan yang berat dan banyak. Untuk itu sayarat utamanya ialah seseorang harus mampu membebaskan dirinya dari berbagai masalah yang biasanya menyertai hidupnya. Jika persoalan ini sudah mampu dilakukan, maka  jalan terjal sudah diratakan dan tinggal menjalaninya saja dnegan penuh harapan dan semangat untuk pengabdian yang tinggi dan tulus.

Memang terkadang  suasana hati itu dapat mempengaruhi keseluruhan hidup seseorang. Artinya jika hati lagi ada masalah dan resah, maka jangakan berpikir positif, hanya untuk memejamkan mata saja mungkin agak kesulitan, dan itu hanya ada satu obatnya, yakni pasrah  secara total kepada gusti Allah swt. Dengan dmeikian memang menejemn kalbu itu sangat urgen utnuk didalami dan langsung dipraktekkan agar  seluruh  raga kita juga akan digaet oleh hati yang damai dan sejuk sehingga akan melahirkan matahari pagi yang sungguh cerah.

Beruntung bagi mereka yang mempunyai kekuatan iman yang  bagus, sebab bagi mereka yang imanan  tipis akan sangat mudah untuk dipengaruhi  oleh apapun yang ada  diluar, bahkan kemudian  jika mempunyai sedikit saja masalah maka akan lari ke obat obatan terlarang dan mungkin juga akan emlakukan hal hal yang dilarang oleh agama. Namun jika imnannya kuat pasti larinya akan kepada Allah swt dengan memperbanyak ibadah dan  sedekah kepada mereka yang lemah secara ekonomi dan lemah segalanya.

Itulah mengapa  Rasulullah saw selalu mengingatkan kepada umatnya untuk selalu berdzikir dan ingat kepada Allah agar kita terjauhkan dari godaan setan yang memang selalu mengintai kelengahan kita. Dengan selalu mengingat Allah, seseornag akan mampu menangkal segala hal yang buruk yang akan menimpanya, bahkan setan pun akan tidak mampu menggoyangkan  kekokohan hati dan pikiran kita. Ingat bahwa Allah sendiri sudah berjanji kepada kita bahwa hanya dengan berdzikior kepada Allah lah hati akan menjadi tenang dan tidka mudah untuk digoyahkan oleh apapun.

Kita tentu selalu berharap bahwa kita akan mampu memanfaatkan smeua peluang yang ada untuk membuat kebaikan di lingkungan kita masing masing. Syukur dapat mengajak pihak lainnya untuk mengikuti jejak kita dan memperoleh kemanfaatan dari apa yang sudah kita rintis dan lakukan. Seoga Allah swt akan senantiasa  memberikan bimbingannya kepada kita untuk berkiprah dalam semua kebajikan, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.