PERSOALAN NARKOBA LAGI

Kita memang dikejutkan lagi oleh kasus yang menimpa komedia Nunung yang tertangkap polisi karena memiliki dan mengkonsomsi narkoba bersama suaminya. Bahkan yang mengejutkan lagi pengakuannya bahwa dia sudah memakainya sejak dua puluh tahun yang lalu. Lalu pertanyaannya ialah emngapa selama itu tidak ada yang mengetahuinya, bahkan menurut komidian Indro bahwa  Nunung sudah bertaubat dari barang haram etrsebut sehingga  Indro sangat senang mendengar pengajkkuan tobatnya tersebut.

Eh tidak tahunya  lalu polisi malah menangkapnya, karena itu  sangat wajar jika Indro tertipu denagnpernyataan Nunung dan sangat menyayangkannya. Sudah banyak artis yang tertangkap mengkonsumsi narkoba  dan selalu saja komentarnya  pasti ada hikmahnya dibalik itu, tetapi kalau kemudian selalu saja ada artis yang ketangkap, maka komentar senada itu menjadi  tidak relevan karena ternyata kata himah tersebut hanya sebagai ungkapan pembelaan saja bukan kesadaran yang akan membawa seseorang ke jalan yang benar dan bertaubat dari eprbuatannya yang salah.

Mengapa para artis khusunya dan masyarakat pada umumnya tidak mau berpikir waras, yakni jika mengkonsumsi barang haram tersbeut akan dapat merusak dirinya dan juga pemikirannya, bahkan juga akan dapat merughikan dirinya, termasuk kartiernya sendiri. Mungkin pada saat mengkonsumsi ada sedikit rasa puas, namun kita harus yakin bahwa itu  pada saatnya akan membelenggu dirinya dan tidak akan mampunekluar darinya. Untuk itu kalau memang mau berpikir waras pastinya  akan menjauhinya karena disamping barang haram menurut dunia juga haram menurut agama.

Memang godaan setan itu jauh lebih kuat dari keimanan kebanyakan orang sehingga pertahanan yang hanya biasa biasa saja biasanya akan jebol, terkecuali jika orang tersbeut mau teus berusaha untuk mengupdate keimanannya dan terus mendekat kepada Allah swt, pastilah akan terjaga dari hal hal buruk seperti itu. Kita harus terus mengingat  kepada posisi kita yang terus ebrhadapan sebagai usuh dari setan dan sebangsanya. Mereka  akan terus ebrusaha menjerumuskan kita melalui cara cara yang memungkinkan dan ketika kirta menyadari hal etrsebut, tentu akan sulit bagi setan untuk menggoda kita.

Kesimpulannya ialah  untuk menjaga diri kita agar terjauhkan dari godaannya ialah dnegan cara kita mendekatkan diri kepada Nya melalui  pengabdian yang tulus dan secara konsisten kita jalankan. Lihatlah  kehidupan para ulama yang konsisten menjalankan pengabdian kepada Nya, mereka  tampak tenang dan terbebasa dri eprsoalan yang biasany menimpa banyak orang secara umum. Memang ada kenyataan bahwa setan ekan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk teus menggoda manusia. Semakin manusia kuat, maka godaannya akan ditingkatkan dengan cara yang sangat halus.

Namun Jika kita memang selalu bersandar kepada Allah, pasti setan tidak akan mampu menembus benteng kita tersebut. Namun jika kita lengah sdikit saja maka peluang tersebut akan dimanfaatkan secara maksimal oleh setan yang memang selalu mengintai kelengahan kita. Untuk itu sekali lagi kita memang harus terus mewaspadai hal etrsbeut dan terus berusaha untuk menghindar dari kemungkinan kita tergoda oleh setan tersebut. Usaha dengan sadar dan melalui p[endekatan kepada Allah swt  pasti akan  menghasilkan sesuatu yang  mekasimal.

Saat ini kita juga harus mewasopadai  penyebaran narkoba melalui bwerbagai cara yang sudah sangat rapi dilakukan oleh mereka, salah satunya melalui hal hal yang tidak kita sadari. Kalau dahulu  caranya memasukkan narkoba melalui  makanan untuk anak anak kecil agar mereka teracuni oleh narkoba, namun saat ini sudah lebih canggih lagi, yakni melalui  jam tangan yang didesain untuk nyabu dan sejenisnya. Kita sudah mengetahui anak anak kita mudah saja diracuni oleh mereka dengan cara yang kita tidak menyadrinya.

Saat ini sudah cukup banyak generasi muda kita yang keracunan narkoba  melalui cara yang mereka buat dnegan demikian halusnya, namun itu sangat emmbahayakan  keberadaan anak anak kita ke depannya.  Untuk itu sekali lagi kita harus super ketat mengawasi anak anak kita agar tidak teracuni oleh ulah mereka yang memang sengaja ingin merusak anak anak dan mungkin juga  dengan motivasi bisnis murni tanpa mempertimbangkan  rusaknya mental dan  masa depan anak anak kita.

Untuk persoalan narkoba tersebut memang kita tidak bisa hanay mengandalkan  alat Negara yang memang ditugaskan untuk menangani persoalan tersbeut, karena  masalahnya sudah sedmeikian ruwet sehingga dibnutuhkan peran aktis seluruh masyarakat kita agar para peredar dan juga para pemakainya sulit untuk mendapatkan ruang. Dengan dipersempitnya ruang bagi mereka, kita akan lebih mudah melakukan pengawaasn terhadap anak anak kita dan sekaligus juga mampu menumpas jaringan mereka hingga kepada akarnya.

Hanya saja sayangnya kesadaran kita terhadap maslaha tersbeut masih berkurang karena mungkin belum merasakan betapa  berbahayanya narkoba tersbeut, dan hanya menyaksian  cerita pihak lain. Tentu kita tidka ingin kita smeua kecolongan dan baru sadar setelayh generasi kita hancur dan kemudian baru kita akan melakukan  sesuatu. Seharusnya kita dapat berpikir lebih waras sehingga sebelum semua hancur dan berantakan, kita harus melakukan sesuatu untuk emncegahnya dan melakukan upaya upaya nyata untuk menghancurkan para pelaku dan bos nya narkoba.

Kita tentu memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak kepolisian yang telah mampu berkali kali menangkap penyelundupan narkoba di  Negara kita, denagn berbagai cara yang sangat  modern dan  licik, namun kita belum biosa membinasakannya secara keseluruhan. Nah, karean itu perlu peran kita untuk ikut membantu aparat dalam memberantasnya dengan cara yang memungkinkan bagi kita, seperti melaporkan  hal yang mencurigakan  atau dengan cara melakukan penegahan sendiri jika memungkinkan dan dengan cara lainnya.

Mungkin bisnis ini snagat menggiyurkan karena dengan kerja sedikit ringan mereka akan mendapatkan keuntungan yang besar, meskipun harus emnghancurkan masa depan generasi mudanya sendiri. Tentu ini akan dapat dijalankan oleh mereka yang tidak bermoral dan tidak memikirkan masa depan bangsanya sendiri, melainkan hanya semata mata persoalan uang dan harta. Nah, karena itu sesungguhnya tugas kita tidak hanya terkait dnegan  pencegahan dan penanganan persoalan narkoba, melainkan juga harus pula diajarkan kepada anak anak kita tentang agama dan moralitas.

Saat ini justru ada pihak yang malah mengusulkan penghilangan mata pelajaran agama di sekolah, ini tentu sangat bertentangan dengan kondisi riil di Negara kita sendiri yang sangat embtuhkan sentuhan agama untuk anak anak kita, agar mereka  tetap bermoral tinggi dan sekaligus juga santun dalam menghdapi apapun dalam hidupnya.  Ilmu pengetahaun bagi anak anak kta sama pentingnya dengan moralitas yang baik. Dan kombinasi antara keduanya akan membuat anak anak kita emnjadi generasi yang mampu diharapkan.

Ilmumpengetahuan saja tanpa dibarengi dengan akhlak tentu akan sangat membahayakan, karena justru akan dapat  diselewengkan untuk  kesengsaraan umat manusia.  Untuk itu menurut kita  kunci kesuksesan ialah jika  antara uilmu pengatahuan dan agama  atau akhlak berjalan seiring dan bersama sama dalam menyusuri kehidupan di dunia bahkan hingga  di akhirat nanti.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.