MEMPERTAHANKAN KEMENTERIAN AGAMA

Setiap pergantian pemerintahan, biasanya akan muncul banyak isu yang cukup meresahkan, salah satunya ialah adanya rencana likuidasi kementerian karena dianggap kurang memberikan  manfaat bagi bangsa. Namun  kebanyakan alasan etrsebut tidak menyentuh aspek kesejarahan sehingga tidak tuntas. Dahulu kementerian sosial dihapuskan, lalu melihat pentingnya lalu dibukan kembali. Ada usulan agar kementerian agama dihapus juga, lalu  sebelum dihapus telah banyak alasan untuk mempertahankannya, lalu sampai saat ini masih bertahan, karena memang kementerian ini begitu  sangat pentingnya dalam kehidupaan masyarakat Indonesia.

Memang masih ada kelemahan di dalamnya, namun itu bukan berarti harus membubarkannya, melainkan cukuplah dibenahi kekurangannya dan kemudian dilakukan penambalan sehingga akan dapat maksimal perannya. Jika kita memaparkan alasan dan kepentingannya kementerian ini, maka  sangat banyak yang dapat dfisampaikan yang intiny bagi bangsa Indonesia, kementerian agama ini mutlak harus ada selama Negara ini memang ingin masih tetap kokoh dan utuh. Karena itu menjadi wajib hukumnya bagi pemerintah nanti untuk tetap mempertahankan kementerian ini dengan pembenahan di bebwerapa titik kelemahannya.

Kementerian ini memang bukan hanya mengurusan satu bidang saja, semisal bidang keagamaan, melainkan juga mengurusi banyak hal termasuk bidang pendidikan agama yang begitu pentingnya. Urusan perhajian juga menjadi tugasnya, lalu urusan bagaimana mempersatukan seluruh umat yang berbeda agama, keyakinan, dan etnis serta banyak perbedaan yang ada di masyarakat. Memang ada yang tidak langsung emnjadi bidang garapannya, namun akan menjadi sangtan kental dnegan kementerian ini dan kementerian inilah yang  mampu membuat tetap utuh bangsa yang memang heterogen ini.

Terkadang memang orang hanya melihat kekurangannya saja sehingga tega mengusulkan pembubaran kementerian ini, tanpa melihat urgensinya bagi bangsa dan Negara secara utuh. Kita menyadari bahwa persoalan keyakinan itu  merupakan persoalan yang sangat sensitive dan jika dibiarkan larb maka akan mampu merusak dan memporak poprandakan bangsa ini. Kita tentu dapat menyaksikan betapa beberapa Negara dengan hanya dihuni beberapa perbedaan saja lalu dapat menimbulkan peperangan hingga negeranya porak poranda dan hancur berantakan tanpa sisa.

Nah, selama ini kita sebagai bangsa yang dihuni oleh banyak masyarakat dengan keyakinan yang berbeda, etnis berbeda, suku berbeda, bahasa berbeda, dan masih banyak perbedaan lainnya,  tetapi masih mampu kita  kelola dengan baik dan tidak sampai menimbulkan permusuhan dan perang. Semua itu berkat kementerian agama yang kita junjung tinggi keberadaannya. Kalupun ada letupan kecil di beberapa daerah itu merupakan  wujud dinamikan saja dan tidak sampai merembet kepada daerah lainnya. Kita tentu mempunyai senjata peredam bagi umat untuk tetap bersatu dan bersudara.

Secara normal kita sudah kuat dalam hal mempersatukan perbedan yang ada dan para tokohnya juga sudah menyadari tentang hal itu sehingga dalam kondisi apapun, insyaallah kita tetap akan bersatu dan bersama dalam mengawal dan mempeertahankan Negara ini. Namun kita juga harus tetap terus menjaga keutuhan bangsa ini dan tidak boleh lengah sedikitpun, karena kita juga menyadari masih ada pihak pihak yang ingin bangsa kita kocar kacir dan tidak stabil, yang kemudian. Kita tiodak boleh lengah  karena sedikit saja kita lengah dan mereka yang mempunyai agenda tertentu telah beraksi, kita sendiri yang akan kewalahan dan tentu kita akan rugi besar. Untuk itulah sebelum semuanya terjadi kita memang harus waspada dan tetap melakukan  hal hal positif yang mengarah kepada penciptaan kondisi stabil dan kebersamaan.

Bidang pendidikan agama, meskipun saat ini sudah ada p[ihak yang mengusulkan agar dihilangkan saja, tetapi mengingat kondisi masyarakat kita yang agamis dan mengingat pula kondisi moral sebagian besar anak bangsa tentu usulah tersebuit sama sekali tidak ada artinya dan harus diabaikan. Justru  pendidikan agama harus diperkuat agar bangsa ini menjadi bangsa yang ebrmartabat dan tetap dihargai oleh bangsa lainnya. Kemuliaan sebuiah bangsa itu disebabkan oleh akhlaknya bukan pada aspek lainnya. Bahkan kalupun  aspek pendidikannya bagus, tetapi kalau akhlaknya  buruk juga pasti akan jatuh juga.

Untuk itu sekali lagi kita memang harus terus mempertahankan kementerian agama ini sekaligus juga berusaha untuk menyempunakannya sedemikian rupa hingga menjadi  ideal dan mampu mengantarkan bangsa ini ke martabat yang sangat tinggi di mata bangsa lainnya di dunia.  Siapapun yang mengusulkan sebalinya harus diabaikan dan kalau perlu diminta untuk menyampaikan argumentasinya, sehingga tidak akan muncul lagi usulan yang justru akan membuat resah banyak orang.

Mungkin kalau kita hanya melihat peran sepintas kementerian agama ini, kita akan menganggap bahwa kementerian ini  sama saja dengan kementerian lainnya dan jika pemerintah menghendaki dapat dibubarkan, namun jika kita kemud8ian merenungkannya secara lebih detail dan akibat akibat yang dapat ditimbulkan jika kementerian ini bubar, maka  siapapun tidak akan berpikir kea rah sana karena keberadaan kementerian ini memang vital dan tidka tergantikan oleh lembaga apapun.

Sesungguhnya kita semua dan Negara membutuhkan  kementarian ini secara umum, karena  kita merupakan bansga yang agamis dan keberadaannya sangat strategis  untuk membangun bangsa. Tentu hal tersbeut perlu dikawal dnegan baik sehingga tidak akan menimbulkan persoalan berat yang berpotensi memecah bangsa. Jika kita kemudian berpikir bahwa kekkhawatiran itu hanya dibuat buat, maka kita sesungguhnya belum menghayati keberadaan  bangs aini secara riil.

Sudah terl;alu banyak contoh yang dapat disampaikan pentingnya kementerian agama ini untuk tetepa mempersatukan bangsa ini agar tetap kokoh dan  kuat. Namun kiranya  tidak perlu disampaikan secara vulgar mengenai banyak hal yang kiranya mampu memecah belah kondisi umat dan bangsa. Jika kita jujur saja sesungguhnya semua sudah terpapar dihadapan kita mengenai pentingnya persoalan mengatur urusan agama ini agar umat dan bangsa tetap solid dalam mengawal pembangunan di NKRI dengan segala kemampuan yang ada.

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan ialah bagaimana pendidikan yang selama ini dikelola oleh kementerian ini  dibesarkan dan diberikan kelleuasaan dalam melakukan pengembangan dirinya. Memang kalau dilihat sepintas di negeri kita ini terlalu banyak kementerian yang mengelola pendidikan, namun itu merupakan keniscayaan dan nebara sebaiknya memberikan fasilitas yang relative sama agar semua dapat berkembang dengan baik, Pendidikan itulah yang akan mampu mencetak generasi harapan kita yang bukan saja pintas dalam hal telnol;ogi, melainkan juga salih dalam keseharian dan tindakannya.

Kita tentu ingin bahwa ke depan Negara ini  dikelola oleh generasi yang pandasi dan sekaligus berakhlak mulia dan mampu mengerti kehendak rakyatnya. Keinginan kita untuk menciptakan kondisi masyarakat yang adil  makmur dan, sejah tera  lahi rdan batin bahkan sejak di dunia hingga di akhirat nanti, hanya akan dapat diwujudkan jika kementerian ini tetap mengelola pendidikan yang dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan difasilitasi oleh pemerintah dnegan layak.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.