PENGHUNI SURGA

Siapapun pasti ingin menghuni surga nanti di akhirat, namun tidak semua yang kepingin menghuni surga tersebut melakukan usaha untuk dapat masuk di dalamnya.  Bahkan terkadang mereka yang ingin masuk ke dalam surga  kelakuannya  malah  menjurus ke neraka. Lalu apa artinya ingin masuk surga tersebut? Apakah hanya sebuah keinginan tanpa kesadaran ataukah justru malah sebuah penghinaan? Wallahu a’lam. Hal yang penting bagi kita ialah bagaimana kita memilih dua tempat yang nanti ada di alam akhirat, yakni surga dna neraka. Surag diperuntukkan bagi merka yang taat, yakni sebuah tempat yang penuh dnegan kenikmatan dan  neraka diperuntukkan bagi mereka yang durhaka, yakni sebuat tempat penyikasaan.

Terkadang kita mendapatkan informasi mengenai surga tersebut dengan syarat yang sangat mudah untuk memasukinya, yakni barang siapa yang akhir perkataannya ialah la ilaha illallah, maka dia akan masuk surga, atau pernyataan siapapun yang dalam hatinya masih ada keyakinan tentang Allah, maka dia akan masuk surga. Namun dmeikian terkadang kita juga mendapatkan informasi mengenai sayarat yang sangat sulit. Akan tetapi tentu semua itu ada pertimbangan yang disampaikan sehingga pada dasarnya tidak berbeda.

Memang sebagai dasarnya  untuk dapat masuk surge  yang pertama ialah dia harus mempunyai iman yang benar, karena hanya orang beriman sajalah yang dapat masuk ke dalam surge, meskipun dia mempunyai banyak dosa yang menumpuk, asalkan iman masih ada, pada saatnya dia tetap akan dapat masuk surge setelah menjalani hukuman di neraka untuk  jangka waktu yang sesuai dnegan kadar seberapa  dosa dan kemaksiatannya.

Memang secara lahir kita dapat mengetahui siapa siapa yang akan menghuni surge dan siapa sajakah yang akan menghuni neraka, akan tetapi penilaian kita tersebut tidak benar seratus persen, karena pasti ada yang meleset dari penilaian kita, karena kelemahan dan keterbatasan kita sebagai seorang manusia. Tentunya kita hanya berhusnudhdhan saja bahwa orang yangb secara lahir baik dan selalu berbuat kebaikan,  kita perkirakan akan masuk surge. Tetapi itu hanya sebatas penilaian kita secara lahir, karena yang mengetahui  yang sesungguhnya ialah hanya Allah semata.

Di dalam alquan sendiri Tuhan juga sudah memberikan janji bahwa surge yang sangat luas itu akan diberikan kepada orang orang yang bertaqwa, yakni mereka yang beriman kep[ada yang gaib dan  orang orang yang mendirikan shalat dan mau berinfaq denagn sebagian rizki yang diberikan oleh Allah kepada mereka, juga mereka yang beriman kepada apa yang turunkan kepada mu wahai Muhammad dan jujga wahyu yang telah diturunkan sebelum kamu serta mereka jutga meyakini adanya hari akhir.

Itulah salah satu tanda orang yang bertaqwa yang akan menghuni surge, namun kita juga mendapati orang yang akan masuk surge ialah mereka yang mau berinfaq pada saat mereka lapang dan juga pada saat mereka sedang  susah dan mereka yang mampu menahan dari emiosi mereka serta mau memaafkan kepada manusia lainnya. Demikian juiga  mereka yang apabila  terlanjur berbuat jahat atau berlaku dhalim kepada diri mereka lalu segara mereka ingat kepada Allah swt serta mau meminta ampunan atas dosa dosa mereka serta mereka tidak akan mengulangi dosa lagi.

Jadi jika kita menemukan orang dengan ciri ciri seperti itu tentu kita akan dapat mengatakannya bahwa dia itulah calon openghunia surge di akhirat nanti, dan mereka akan mendapatkan banyak kenikmatan yang tiada tandingannya. Kita juga tahu bahwa sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad saw bahwa gambaran surge ialah sbeuah kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata manusia, tidak pernah didengar oleh telingan manunisa dan juga belum pernah terbersit sedikitpun dalam hati manusia, sehingga kenikmatannya begitu dahsyatnya melebihi apapu yang pernah ada.

Dalammkondisi demikian memang kita hanya dapat mengira ngira saja, karena semuanya terserahnkepada keputusan Allah swt. Jika Allah menghendaki maka terjadilah. Bahkan misalnya ada orang yang selalu melakukan kemaksiatan dan buruk perangainya, tetapi karena Tuhan memutuskan untuk memasukkannya ke dalam surge, maka pada akhir hayatnya dia itu akan  beerobat dan melakukan kebaikan demi kebnikan dan pada saatnya dia akan husnul khotimah dan masuk ke surge. Sebaliknya mungkin juga terjadi bahwa ada orang yang selalu berbuat kebaikan dan Tuhan memutuskannya untuk menghuni neraka, maka pada akhirnya dia akan murtad dan suul khotimah serta masuk neraka.

Apa yang dapat kita katakana ialah berbaik sangka bahwa siapapun yang masih menyimpan keyakinan atau iman kepada Allah swt, meskipun berlumuran dosa,  pada saatnya nanti dia juga akan masuk surge setelah selesai menjalani hukuman di neraka.  Sedangkan para hamba Allah yang selalu memohon ampunan dan selalu ebrbuat kebajikan,  dengan sendirinya akan mudah memasuki surge, karena memang itulah permohonannya setiap saatnya, dan tentu memohon keridloann Nya.

Para nabi dan Raul sejak awal memang sudah dipersiapkan untuk menghuni bersama denagn para umat mereka yang taqat dan mau mengikuti jejak serta mau menjalankan seruan yang diajarkan kepada mereka, Karena itu sesungguhnya  jika bisa seluruh umat manusia akan dapat masuk surge, namun dalam kenyataannya masih terlalu banyak diantarab mereka yang tidak menghiraukan sweruan para rasul dan bahkan malah menentang dan memusuhi mereka.  Bahkan Allah swt  saat mereka masih di dunia saja sudah diberikan siksaan berupa banyak musibah  dan mendera mereka, apalagi nanti di akhirat mereka pasti akan lebih menderita.

Beruntunglah bagi kita yang saat ini mendapatkan informasi masalah tersebut sehingga kita dapat menimbangnya dan kemudian memikirkana serta mem,ilih apa yang etrbaik bagi kita, khususnya nanti di akhirat yang selamanya. Sudah pasti tidak ada satu pun manusi yang mau menghuninneraka yang penuh dengan siksa, karena itu seharusnya tidak ada seornag pun yang kemudian menentang  ajaran para Nabi dan menentang untuk menyembah kepada Allah swt. Saat ini seluruh informasi sudah terpapar secara jelas melalui berbagai media yang tersedia, sehingga tidak ada lagi alasan  belum  sampai informasi tentang hal tersebut.

Pada saat ini siapapun yang  berkeinginan untuk menghuni surge masih sangat terbuka pitunya, yakni denagn selalu menjalankan perintah Allah swt dan menjauhi larangan Nya serta selalu berbuat baik serta menjadikan  diri Nabi Muhammad saw sebagai teladan dalam menjalani hidup. Apa yang selalu kita  katakana saat kita menjalankan shalat bahwa sesungguhnya  shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah ku pasrahkan kepada Allah rabbul alamin, harusnya kita sadari dan  refleksikan dalam kehidupan nyata kita.

Apapaun yang kita hadapi dan kita alami seharusnya kita kembalikan kepada Allah swt, karena  Allah lah yang Maha mengetahui dan Maha segalanya. Ketika kita menyandarkan hidup bukan kepada Allah, maka kita sesungguhnya sudah mengkhianati pernyataan kita sendiri, dan karena itu biasanya kemudian kita akan selalu emndapatkan kesulitan demi kesulitan. Semoga kita akan senantiasa mendapatkan petunjuk Allah swt dan  selalu berada dalam jalan yang benar dan dioridloi Nya, amin.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.