TENTANG PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Dunia perguruan tinggi memang tidak dapat lepas dari tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat. Sementara ini hiruk pikiuk perguruan tinggi hanya dilihat dengan dharma pertama saja, sehingga seolah untuk penelitian dan pengabdian masyarakat kirang berperan dalam dunia perguruan tinggi. Bahkan akhir akhir ini untuk penelitian seharusnya menempati urutan penting dalam pengembangan perguruan tinggi.

kita tahu bahwa saat ini ukuran sebuah kemajuan perguruan tinggi juga dilihat dari seberapa penelitiannyang dilakuan oleh para dosen sebuah perguruan tingghi, sekaligus juga publikasi ilmiah yang dimuat dalam jurtnal jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional yang tentu dihasilkan dari riset yang dijalankan dengan tanggung jawab. Berbagai perguruan tinggi terkemuka saat ini juga disokong oleh publikasi ilmiayahnya yang menampilkan banyak tulisan di berbagai jurnal bereputasi di tingkat internasional.

Termasuk juga saat ini dibutuhkan tulisan mengenai pengabdian kepada masyarakat yang sampai saat ini Nampak belum mendapatklan porsi yang seimbang, padahal untuk pengabdian ini juga sama pentingnya karena merupakan salah satu dari tri dharma yang shearusnya terus dikembangkan oleh perguruan tinggi. Karya pengabdian memang belum banyak dilakukan oleh dosen,  padahal itu  menjadi lebih b=mudah khususnya bagi para pemula yang baru melakukan riset. Hal tersbeut disebabkan pengabdian kepada masyarakat itu sudah menjadi makanan keseharian bagi para dosen kita.

Memang harus ada kepedulian dari kita untuk memberikan dorongan dan sekaligus penyediaan finansial yang memadahi untuk melakukan karya pengabdian tersbeut. Hanya saja karena kurang terbiasa,  banyak dosen yang kurang ebrminat dalam menghasilkan karya pengabdian etrsbeut. Karya pengabdian tersebut dapat dimulai dari penyusunan rencana aksi berupa sebuah proposal untuk melaksanakan pengabdian lengkap dnegan programnya dan juga target yang akan dicapai, lalu dijalankan secara konsisten dan sampai akhirnya dilaporkan secara runut dan disertai dnegan hasil hasil capaian sesuai dengan target.

Karya pengabdian tersebut juga sangat mungkin untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiyah berputasi sebagaimana hasil riset yang dilakukan. Untuk itu kianya sudah saatnya kita mengarahkan bidikan kita tidak saja kepada riset, melainkan juga karya pengabdian yang kemudian dapat kita publikasikan melalui jurnal jurnal ilmiah yang  tentu sudah bereputasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Mungkin  untuk memulai sebuah karya diperlukan pembiasaan terlebih dahulu, sebab jika sudah terbiasa, semuanya akan menjadi sangat mudah dan menyenangkan.  Untuk itu sebaiknya kita memang membiasakan diri untuk melakukan penelitian, mungkin dalam skala yang kecil dan sderhana, terutama bagi yang seng memulainya. Lalu dikembangkan  kea rah yang lebih bear dan juga tentu tidak boleh bosan dan berhenti untuk terus belajar dan mencari sesuatu yang lebih baik dari yang sudah didapatkan.

Menjalankan fungsi pendidikan dan pengajaran itu juga penting, bahkan kalau tidak dijalankan akan terasa dan terlihat dengan cepat,  tentu akan lain dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, karena jika kedua dharma tersbeut mandek saja  perguruan tinggi masih akan dilihat  tetap berjalan dan normal, tetapi jika yang mandek ialah pendidikan dan pengajaran seolah smeuanya menjadi mandek. Itulah mengapa selama ini aspek dharma peneliotaindan pengabdian menjadi dianggap kuirang penting.

Namun sekarang sudha kita sadari bahwa ketiga dharma tersbeut sama pentingnya untuk sama sama dijalankan secara konsisten. Bagi para dosen yang belum akrab dengan penelitian, tentu harus diberian kesempatan khususnya dalam mengikuti training penelitian tersebut, dan juga tentunya tentang karya pengabdian kepada masyarakat agar  ketiga dharma yang ada akan sama sama dijalankan secara kompetitif dan maksimal. Dengan begitu kita akan dapat ebrharap bahwa dunia keilmuan kita akan lebih semarak dan menjadi hidup serta meberikan harapan untuk pengembangan dan kemajuan institusi.

Sementara ini seluruh dosen memang berkonsentrasi pada pendidikan dan pengajaran karena itulah sementara waktu yang menjadi semacam ukuran kinerja. Sedangkan meskipun untuk penelitain dan pengabdian kepada masyarakat juga sudah diperhitungkan  namun gregetnya masih belum seimbang dengan pendidikan dan pengajaran. Untuk itu memang sangat diperlukan untuk memberikan pencerahan kepada seluruh dosen yang ada mengenai betapa pentingnya untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, bukan saja untuk memenuhi kepentingan pemenuhan sks, melainkan juga untuk kesadaran keilmuan kita sendiri.

Di samping itu ada hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh dosen kita bahwa peningkatan mutu dalam penelitian dan juga pengabdian masyarakat tentu menjadi urgen karena  persoalan ini masih emnjadi kendala yang serius bagi kita. Untuk itu kita memang sedang mempersiapkan kegiatan  training dalam penelitain dan pengabdian masyarakat, karena dengan training etrsebut diharapkan para peserat yang terdiri dari para dosen akan semakin meningkat pengetahuannya dan ketrampilannya sehingga hasil penelitian yang dijalankan akan lebih  berbobot, sekaligus penuangannya dalam tulisa dalam jurnal.

Untuk penulisan jurnal kita sudha menjalankannya sebanyak beberapa kali dan masih akan dilanjutkan pada masa mendatang karena memang dipandang sangat ebrmanfaat bagi para peserata. Namun ke depan tentu akan kita berikan target tertentu agar keseriusannya lebih focus dan hasilnya dapat diharapkan lebih maksimal. Untuk pemberian apresiasi, sesungguhnya kita juga suah melakukannya, yakni memberikan reward bagi mereka yang ebrhasil melakukan publikasi di jurnal internasional bereputasi.

Kementerian agama sendiri juga sudah berusaha dengan maksimal untuk meningkatkan mutu penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai macam kegiatan, namun tentu itu tidak cukup untuk mengcover keseluruhan kebutuahn seluruh PTKI yang ada, sehingga masing masing perguruan tinggi juga dihimbau untuk menjalankannya sendiri atau dengan bekerjasama dnegan berbagai lembaga yang ada. Kita tentu akan sangat terbantu oleh pemerintah daerah jika kita mampu untuk menembus melalui kerjasama untuk meningkatkan mutu dan kualitas para tenaga dosen kita.

Selama ini kta sudah melaksanakan penelitian yang dibiayai oleh pemerintah daerah, namun belum pernah dicoba untuk melaksanakan training bersama  untuk meningkatkan kualitas para peneliti sehingga hasil penelitiannya dpat lebih bermutu dan dapat diandalkan untuk sebuah kebijakan misalnya. Kita yakin jika kita dapat meyakinkan pemeerintah daerah, pastinya mereka akan tertarik untuk menjalaninya bersama, karena itu pastinya juga akan emnguntungkan mereka, bukan hanya menguntungkan kita semata.

Karena itu kta harus pandai pandai untuk membuat perencanaan dan proposal yang meyakinkan pihak lain, sehingga siapapun yang akan kita ajak kerjasama  akan tertarik untuk menjalankannya. Ini juga merupakan sebuah kerja tersendiri yang harus dikemudian  upayakan sehingga ke depannya kita akan semakin kaya dengan sumber daya insani yang tentu akan menguntungkan institusi kita dna juga  para peneliti itu sendiri.

Pada akhirnya kita memang harus melakukan terobosan yang memungkinkan kita dapat ebrgerak secara leoluasa dan tidak hanya mengandalkan  anggaran yang  dari dipa kta sendiri, semoga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.